Minut

Minta PT MMP Beroperasi, Warga Pulau Bangka Temui Gubernur

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 09 July 2018 20:25   929 kali
Kepala Dinas ESDM Pemprov Sulut, Tinungki saat terima warga Pulau Bangka di Kantor Gubernur, Senin siang tadi.

MANADO (BK): Perwakilan warga Pulau Bangka, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut terkait pengaktifan kembali izin usaha produksi (IUP) PT. Mikgro Metal Perdana (MMP), di halaman kantor gubernur, Senin (9/7/2018) siang tadi.

 

Perwakilan warga yang terdiri 18 orang itu diterima Kepala Dinas ESDM, Tinungki didampingi Kepala Biro Adminsitrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Franky Manumpil, Kepala BLH.

 

Di hadapan peserta aksi, Tinungki mengatakan, Gubernur tidak berada di kantor karena sedang tugas luar. Sehingga beberapa pejabat ini ditugaskan menerima masyarakat. “Pak gubernur tugaskan kami terima aspirasi warga Pulau Bangka. Nanti kami akan teruskan kepada Pak gubernur untuk ditindaklanjuti,” ungkap Tinungki.

 

“Kami warga menyampaikan beberapa petisi dalam rangka untuk mengaktifkan kembali izin PT MMP. Sebagai berikut,” jelas koordinator aksi, Maryati Antoni di hadapan pejabat Pemprov yang menerima peserta unjuk rasa.

 

1. Masyarakat Pulau Bangka selalu mendukung tambang PT MMP.

Kehadiran PT MMP di Pulau Bangka telah membawa manfaat dan perbaikan taraf hidup yang sangat besar bagi masyarakat. Masyarakat mendapat pekerjaan dan penghasilan yang jauh lebih baik. Telah terjadi perbaikan infrastruktur desa, anak-anak dapat bersekolah, dan banyak manfaat positif lainnya, yang tidak pernah kami dapatkan sebelum PT MMP masuk ke Pulau Bangka. Sehingga kami hingga saat ini sepenuhnya dan senantiasa mendukung tambang bijih besi PT MMP di Pulau Bangka.

 

2.Hidupkan kembali aktivitas perekonomian di Pulau Bangka.

Sejak dihentikannya kegiatan PT MMP di Palau Bangka oleh pemerintah pusat hingga saat ini, kegiatan perekonomian di Pulau Bangka menjadi terhenti. Masyarakat menjadi susah, sehingga kami berharap PT MMP dapat beroperasi kembali.

 

3. Tegakkan kebenaran, jauhi penipuan, mohon keadilan dan kepastian hukum.

Banyak aktivitas pertambangan di pulau kecil di Indonesia tapi tidak ada satupun yang diminta untuk mengurus izin pulau kecil dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). KKP juga tidak pernah sekalipun menerbitkan izin pulau kecil kepada siapapun. Sehingga kami memohon keadilan agar tidak ada pemaksaan atau penipuan untuk mengurus izin pulau kecil dari KKP atau kementerian lainnya. Mohon tidak membingungkan masyarakat dan memberikan kepastian hokum. Kegiatan pertambangan berada di tangan Menteri ESDM RI. Jangan dengarkan LSM atau oknum yang mementingkan diri sendiri. Kami mohon ketegasan dan kejelasan dari pemerintah agar tambang PT MMP dapat diaktifkan kembali. Karena izin sudah pernah diberikan, dan masyarakat sudah menjual tanahnya kepada PT MMP. Berikan masyarakat kepastian hokum dan keadilan.

 

4. Aktifkan kembali tambang bijih besi PT Mikgro Metal Perdana.

Kami sangat gembira menyambut penyelesaian gugatan terhadap izin PT MMP di masa yang lalu yang dilakukan oleh sembilan orang dengan perdamaian dan pencabutan perkara. Hal tersebut dapat dijadikan dasar untuk mengoperasikan kembali tambang PT MMP.

 

5. Mohon dukungan dan bantuan Gubernur Sulut.

Kami masyarakat Pulau Bangka memohon bantuan Gubernur Sulut dapat memberikan dukungan serta berkenan untuk menyampaikan harapan masyarakat Pulau Bangka kepada pemerintah pusat. Yaitu, kepada Presiden RI dan Menteri ESDM RI agar dapat segera mengaktifkan kembali izin usaha produksi Operasi Produksi PT MMP.

 

(bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Minut
Minut
04 Jul 2016 / dibaca 878 kali
AIRMADIDI (BK): Sebanyak 1.533 guru yang bersertifikasi belum bisa menikmati sertifikasi triwulan kedua sebelum Idul Fitri. Pembayarannya akan...
Minut
26 Mar 2016 / dibaca 1654 kali
KOLONGAN (BK): Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey (OD) dan istri Rita Tamuntuan mengikuti Perjamuan Kudus bersama dengan jemaat GMIM...
Minut
10 Mar 2016 / dibaca 1834 kali
MAUMBI (BK): Lagi, pemadaman listrik terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara, selama enam jam. Pemadaman...
Minut
09 Mar 2016 / dibaca 1583 kali
KEMA (BK): Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) dari Kawasan Pantai Firdaus, Desa...
Minut
17 Jan 2016 / dibaca 1957 kali
MANADO (BK): Sekitar 24 jam mulai dari pukul 10.00 Wita, Sabtu (16/1/2016) hingga 10.43 Wita, Minggu (17/1/2016) listrik padam di wilayah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.