Minut

Simulasi: Tim SAR Gabungan Evakuasi 2 Korban Terjepit Mobil di Minut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 20 November 2020 21:56   289 kali
MINUT (BK) : Dua orang terjepit dalam mobil karena tertimpa pohon tumbang akibat gempa di ruas jalan Worang Bypass, Desa Kaasar, Minahasa Utara (Minut), Jumat (20/11/2020).
 
 
Dengan sigap, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi kedua korban dari dalam mobil, meski di tengah lalu-lalang kendaraan dan tontonan warga. Korban kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.
 
 
Seluruh tim SAR gabungan yang terlibat terdiri dari Basarnas, TNI, BPBD, Pemadam Kebakaran, PLN, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan potensi SAR. Mereka terlihat bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing sehingga terlihat dramatis.
 
 
Proses evakuasi ini bagian dari simulasi penanggulangan bencana yang digelar Polres Minahasa Utara (Minut) di halaman kantor Basarnas Manado. Latihan ini untuk mengantisipasi bencana atau musibah yang bisa datang kapan saja.
 
 
“Setiap manusia tidak bisa memprediksi bencana, jadi simulasi ini diperlukan untuk menanggulangi apabila terjadi bencana yang sebenarnya,” ujar Kapolres Minut AKBP Grace K.D Rahakbau.
 
 
 
 
 
Kapolres lalu mengapresiasi kepada seluruh anggota yang terlibat dalam simulasi, terutama Basarnas yang sudah menjadi tuan rumah untuk lokasi latihan simulasi dan menjadi tim inti di dalam latihan ini. Ia berharap semua anggota yang terlibat bisa memahami tahapan-tahapan dalam penanggulangan bencana dan proses evakuasi.
 
 
“Latihan ini akan kami adakan pertiga bulan sekali untuk memobilisasi anggota yang terlibat, sehinga apabila ada laporan kejadian sesungguhnya bisa saling berkoordinasi dan penanganan akan lebih cepat,” ujar AKBP Rahakbau.
 
 
Kepala Kantor Basarnas Manado Suhri N.N Sinaga juga memberikan apresiasi kepada Kapolres Minut yang telah memilih Kantor Basarnas sebagai tuan rumah simulasi. Begitu juga dengan seluruh tim yang terlibat dalam pelatihan simulasi ini, terutama rescuer Basarnas Manado telah bekerja dan menjalin kerjasama dengan Potensi SAR sehingga simulasi berjalan sukses.
 
 
Zuhri juga setuju dengan Kapolres Minut untuk mengadakan latihan bersama pertiga bulan, agar nanti dalam menghadapi bencana yang sesungguhnya bisa dengan cepat mengevakuasi dan membantu masrakat yang terdampak musibah atau bencana.
 
 
“Kami selaku instansi pemerintah membuka pintu lebar lebar bagi masyarakat atau instansi pemerintah yang ingin belajar dan mengetahui cara cara evakuasi korban atau latihan di medan ketinggian seperti di tower. Silahkan saja datang kami siap,” ungkapnya.
 
 
 
 
 
Selain simulasi evakuasi korban terjepit mobil, juga dilakukan simulasi orang terjatuh di tambang karena longsor. Dalam simulasi itu, lokasi diilustrasikan di tambang rakyat Tatelu yang berada di wilayah perbukitan.
 
 
Seluruh instansi terkait kemudian bekerja sama untuk satu misi menyelamatkan manusia yang membutuhkan pertolongan, terutama Basarnas sebagai tim yang dibekali untuk menyelamatkan manusia di medan ketinggian karena memerlukan penanganan khusus.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Minut
Minut
19 Oct 2020 / dibaca 399 kali
MINUT (BK): BIMBINGAN TEKNIS BAGI PANWASLU KELURAHAN/DESA PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SULAWESI UTARA SERTA BUPATI DAN WAKIL...
Minut
19 Oct 2020 / dibaca 363 kali
MINUT (BK): BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN ANGGARAN DAN MANAJEMEN RESIKO BAGI PENGAWAS PEMILU SE - KABUPATEN MINAHASA UTARA PADA LANJUTAN TAHAPAN...
Minut
19 Oct 2020 / dibaca 462 kali
MINUT (BK): Penyelenggara Pemilu dalam hal ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam kinerjanya tentu mengedepankan profesionalisme. Bawaslu...
Minut
19 Oct 2020 / dibaca 806 kali
MINUT (BK): Jelang pemilu serentak tahun 2020 pimpinan Bawaslu kabupaten Minahasa Utara terus melakukan berbagai kegiatan.  ...
Minut
18 Oct 2020 / dibaca 277 kali
MINUT (BK) : Pelaksanaan Pemilu serentak 2020 di Sulawesi Utara semakin dekat oleh karena itu jajaran penyelenggara pemilu semakin intens...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.