Mitra

Pemkab Mitra Siaga Penyebaran Wabah Penyakit

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 27 April 2017 18:28   407 kali

RATAHAN (BK): Pemerintah Kabupaten Mianahasa Tenggara melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) siaga kedaruratan penangulangan wabah penyakit. Yakni, melakukan sosisalisasi Penyusunan Rencana Kontijensi Penanggulangan Kesehatan bagi semua dokter di  Ratahan, pada Selasa (25/4/2017).

 

Asisten 1 Setdakab Mitra, Gotlieb Mamahit menegaskan untuk mengantisipasi wabah penyakit tidak masuk ke Minahasa Tenggara, diperlukan pengawasan ketat. Sebab, tak tertutup kemungkinan dengan teknologi saat ini, suatu daerah gampang terkena wabah penyakit.

 

"Karena orang bisa saja berpindah daerah bahkan negara dengan mudah, sehingga berpotensi membawa penyakit. Makanya, koordinasi untuk mengantisipasi tempat-tempat strategis perlu pengawasan ketat," jelas Mamahit.

 

Dia menyebutkan, 164 negara yang tergabung dalam penanggulangan wabah penyakit, termasuk Indonesia, berkomitmen untuk memlindungi dari ancaman wabah penyakit. "Untuk para petugas medis di Minahasa Tenggara, laksanakan tanggungjwab dengan baik dan jangan lengah. Demikian juga adanya koordinasi, agar kesehatan masyarakat bisa terjamin," ujarnya.

 

Sementara, nara sumber Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Vivian Yanti MM, selaku staf Subdit Kekarantinaan kesehatan, memaparkan sejumlah ancaman penyakit, yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat.

 

"Paling dominan penyakit infeksi, seperti H5N1. Dari hewan bisa berjangkit kemanusia. Sementara virus Mers dan Ebola, belum ditemukan kasus, namun penting untuk diantisipasi," sebut Vivian.

 

Ia menyatakan, khusus petugas medis di Mianahasa Tenggara, meskipun belum ditemukannya kasus virus yang mewabah, namun dengan kegiatan tersebut, berbagai penyakit yang mengancam sejak dini sudah diantisipasi.

 

"Kesehatan punya Standar Operasi Prosedur (SOP). Jadi melalui kegiatan saat ini, tenaga kesehatan sudah mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan," tukasnya.

 

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan, dr Rinny Tamuntuan, semua petugas kesehatan di Minahasa Tenggara, harus siaga dan bertindak cepat dalam menangani masalah penyakit. Jangan sampai mewabah. "Karena kesehatan sangatlah penting untuk dijaga. Apalagi kabupaten Minahasa Tenggara, mencanangkan sebagai kabupaten sehat," tutup Tamuntuan.

 

(nol/ bk-1)

Komentar ()
Berita Mitra
Mitra
13 Apr 2017 / dibaca 337 kali
PUSOMAEN  (BK):   Dua penipu nyaris dihajar masaa di Desa Tumbak, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, minggu pekan lalu....
Mitra
13 Apr 2017 / dibaca 392 kali
RATAHAN (BK):  Assiten 2 Sekertariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minahasa Tenggara, Robby Ngongoloy bersama tim Koordinasi Penata Ruang...
Mitra
11 Apr 2017 / dibaca 401 kali
RATAHAN (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap meminta seluruh masyarakat bersama pemerintah lestarikan adat dan...
Mitra
11 Apr 2017 / dibaca 338 kali
RATAHAN (BK): Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE beribadah  di Jemaat GMIM Imanuel Wawali, Kabupaten Minahasa Tenggara...
Mitra
08 Apr 2017 / dibaca 380 kali
RATAHAN (BK): Luar biasa. Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap menyumbang Rp150 juta untuk pembangunan Gedung GMIM...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.