Mitra

Sumendap Minta Lestarikan Budaya Mitra

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 11 April 2017 08:32   413 kali

RATAHAN (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap meminta seluruh masyarakat bersama pemerintah lestarikan adat dan budaya daerah.

 

Hal itu dikatakan Sumendap saat menghadiri Seminar Budaya, yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa Tenggara, Senin (10/4/2017).

 

Menurut Sumendap, momentum seminar seperti itu jangan hanya seremonial saja. Akan tetapi menjadi pemurnian pemahaman tentang budaya, sekaligus menggali potensi budaya di daerah ini.

 

"Seminar diharapkan dapat menjadi tonggak awal dalam pelestarian adat budaya Minahasa Tenggara, agar tidak hilang dan terkikis oleh jaman modernisasi," tuturnya.

 

Lebih Lanjut diutarakan, pertemuan seperti ini juga tak hanya memperkenalkan potensi budaya. Melainkan dapat menggali kendala-kendala dalam melestarikan adat istiadat daerah yang sesungguhnya.

 

"Penting bagi kita untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda untuk tetap melestarikan adat budaya sebagai jati diri daerah yang majemuk atau beragam adat istiadat," terang Sumendap.

 

Bupati berpesan, jangan mengabaikan budaya hanya karena kepentingan tertentu. "Tapi pelestarian budaya lebih kedalam. Mengerti, menggali, mempertahankan serta meneruskan kepada generasi muda. Olehnya saya mengusulkan membentuk lokakarya adat," serunya.

 

Sementara, Kadis Disbudpar Desten Katiandago, SH dalam laporannya mengatakan kegiatan seminar budaya sangat penting dan strategis. Dimana lebih mengenal budaya daerah. "Kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan. Maksud untuk menggali kekayaan buadaya agar dilestarikan dan tidak mudah terkikis jaman," sambungnya.

 

Ia menambahkan, tokoh pembangunan bapak bupati, perlu dituakan dan patut dikukuhkan atas prestasinya dalam mensejahterakan dan membangun tanah Minahasa Tenggara. Kegiatan seminar budaya dihadiri Asisten III Piether Owu, Camat Ratahan dan tokoh masyarakat serta tokoh adat Tonsawang, pasan dan ponosakan mengambil tema Menapaki adat dan budaya Minahasa Tenggara (Tonsawang,Pasan dan Ponosakan).

 

(nol/ bk-1)

Komentar ()
Berita Mitra
Mitra
28 Apr 2017 / dibaca 397 kali
MOLOMPAR  (BK): Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Dinas Sosial (Dinsos) melatih masyarakat, terkait penanganan bencana....
Mitra
27 Apr 2017 / dibaca 389 kali
RATAHAN (BK): Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar apel bersama dalam rangkan Hari Otonomi Daerah...
Mitra
27 Apr 2017 / dibaca 426 kali
RATAHAN (BK): Pemerintah Kabupaten Mianahasa Tenggara melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) siaga kedaruratan penangulangan wabah penyakit. Yakni,...
Mitra
24 Apr 2017 / dibaca 419 kali
RATAHAN (BK): Jemaat GMIM Dame Tosuraya, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengadakan ibadah di Pantai Lumintang, Bentenan, Kecamatan...
Mitra
24 Apr 2017 / dibaca 590 kali
RATAHAN (BK): Sebanyak 117 tenaga kontrak di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menerima Surat Keputusan (SK) Bupati...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.