Nasional

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan di Sulawesi Utara

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 21 September 2019 19:20   210 kali
Peta Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis (Gambar : BMKG)
 
 
 
MANADO (BK) : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Minahasa Utara mengeluarkan peringatan dini kekeringan di Sulawesi Utara (Sulut).
 
 
Rilis yang diterima beritakawanua.com, Sabtu (21/9/2019), berdasarkan analisis data curah hujan yang memonitoring, data Hari Tanpa Hujan (HTH) hingga 21 September 2019 menunjukan beberapa wilayah di Sulut mengalami deret hari tanpa hujan berturut – turut lebih dari 31 hari.
 
 
Secara umum, hampir seluruh wilayah Kabupaten dan Kota di Sulut, mengalami hari tanpa hujan dengan kriteria panjang yaitu 21 – 30 hari dengan status Waspada. Kemudian sebagian wilayah dengan kriteria sangat panjang yaitu 31 – 60 hari dengan status siaga.
 
 
Sementara 3 kecamatan, yaitu Bolaang Kabupaten Bolmong, Likupang Barat Kabupaten Minut dan Tagulandang Kabupaten Sitaro, mengalami kekeringan ekstrim dengan hari tanpa hujan di atas 60 hari serta berstatus awas.
 
 
“Curah hujan kumulatif di seluruh wilayah Sulawesi Utara pada Dasarian II bulan September 2019 berada pada kriteria rendah,” tulis Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG, Muhammad Candra Buana.
 
 
Menurutnya, prakiraan hujan probabilistik untuk Dasarian III September 2019, peluang hujan dengan kriteria Rendah (≤50 mm/das) terjadi di wilayah Sulawesi Utara dengan peluang kejadian >90%. Sedangkan peluang hujan dengan kriteria Menengah (51 - 150 mm/das) terjadi di wilayah Sulawesi Utara dengan peluang kejadian berada pada kisaran <10%.
 
 
“Untuk peluang hujan dengan kriteria Tinggi (151 - 300 mm/das) terjadi di wilayah Sulawesi Utara dengan peluang kejadian berada pada kisaran <10%, serta peluang hujan dengan kriteria Sangat Tinggi (>300 mm/das) terjadi di wilayah Sulawesi Utara dengan peluang kejadian berada pada kisaran <10%,” terang Candra Buana.
 
 
Untuk prakiraan hujan deterministik menunjukkan secara umum mulai dari Dasarian III September 2019 hingga Dasarian III Oktober 2019, secara umum Provinsi Sulawesi Utara berpeluang terjadi hujan dengan kriteria Rendah (5 – 75 mm/dasarian).
 
 
“Dengan kondisi di atas, telah memenuhi syarat untuk dikeluarkan peringatan dini kekeringan,” tutup Candra Buana seperti tertulis dalam rilis.
 
 
Berikut Tabel Rincian Data HTH dan Peluang Hujan Sangat Rendah:
 
 
WASPADA
 
 
 
 
SIAGA
 
 
 
 
AWAS
 
 
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
11 Sep 2019 / dibaca 173 kali
JAKARTA (BK): Presiden RI ke-3, BJ Habibie, tutup usia. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun.   Kabar soal...
Nasional
10 Sep 2019 / dibaca 277 kali
TAHUNA (BK): Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (FK PKB PGI) melaksanakan Konsultasi Nasional (Konas) ke...
Nasional
01 Sep 2019 / dibaca 138 kali
JAKARTA (BK): Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan...
Nasional
26 Aug 2019 / dibaca 177 kali
POSO (BK): Bupati Kabipaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu menghadiri pembukaan Festival Danau Poso, di Tentena, Senin...
Nasional
22 Aug 2019 / dibaca 99 kali
DENPASAR (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel) yang juga menjabat sebagai Bendahara umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.