Nasional

Bursa Ketum AJI, Abdul Manan Nyatakan Siap Dipilih

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 07 November 2017 21:53   389 kali
Abdul Manan. (FOTO : aji.or.id)

MANADO (BK) : Redaktur Majalah Tempo, Abdul Manan menyatakan siap maju dalam suksesi pemilihan Ketua Umum (Ketum) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) pada Kongres X AJI di Solo, Jawa Tengah, 22 – 27 November mendatang.


Manan memutuskan untuk maju karena sebagai anggota AJI, dirinya menginginkan organisasi ini bertambah besar dan memberi lebih banyak manfaat bagi publik, terutama untuk anggota. Untuk itulah alasan sebagian besar kita aktif di AJI.


“Menjadi pengurus, seperti halnya juga anggota, sama-sama memiliki peluang untuk mewujudkan visi dan misi organisasi AJI. Bedanya, menjadi pengurus, memberi kesempatan lebih besar untuk merealisasikannya,” ujarnya melalui pesan yang dikirimkan melalui Grup WhatsApp (WA) AJI Manado, Selasa (7/11/2017).


Menurutnya, Di dekade kedua era reformasi ini, tantangan yang dihadapi AJI terus bertambah. Selain sikap negara yang masih mempertahankan sejumlah kebijakan yang tak ramah kebebasan, juga ada trend menguatnya intoleransi.


Selain itu, iklim bisnis yang berubah cepat akibat digitalisasi, berdampak serius terhadap kesejahteraan dan keamanan pekerjaan. Tantangan lainnya adalah bagaimana menjaga kepatuhan jurnalis dan media pada etika, terutama di tengah perhelatan politik lokal dan nasional.


“Berbekal pengetahuan dan pengalaman, tentu saja dengan segala kekurangan, kami ingin melakukan hal terbaik yang kami bisa untuk menjawab sejumlah tantangan itu serta mempertahankan tiga isu prioritas AJI, yaitu merawat kebebasan pers, memperbaiki kesejahteraan, dan meningkatkan profesionalisme,” pungkas Manan.


Berkarir 20 tahun di dunia jurnalistik, Manan, memilih menggandeng Revolusi Riza sebagai calon Sekretaris Jenderal (Sekjen). Revo yang telah 14 tahun berkarir di dunia jurnalistik dan kini menjabat Kepala Peliputan CNN Indonesia, dianggap sebagai pasangan serasinya yang bisa membesarkan AJI.


Kongres AJI memang sudah dalam hitungan pekan. Agenda kongres nanti akan membahas perubahan AD/ART, Kode Perilaku, Resolusi, dan Garis Besar Haluan Program. Agenda lainnya adalah Festival Media (Fesmed).

 


Berikut Pernyataan Kesediaan Abdul Manan untuk Ikut Pada Pemilihan Ketum dan Sekjen AJI melalui pesan WA :  


Untuk pengurus dan anggota AJI
di seantero Nusantara



Kongres AJI sudah dalam hitungan pekan. Agenda kongres membahas perubahan AD/ART, Kode Perilaku, Resolusi, dan Garis Besar Haluan Program. Agenda lainnya adalah pemilihan ketua umum dan sekjen.
Sebagai anggota AJI, kita semua ingin organisasi ini bertambah besar dan memberi lebih banyak manfaat bagi publik --terutama untuk anggota. Itulah alasan sebagian besar kita aktif di AJI.


Menjadi pengurus, seperti halnya juga anggota, sama-sama memiliki peluang untuk mewujudkan visi dan misi organisasi. Bedanya, menjadi pengurus memberi kita kesempatan lebih besar untuk merealisasikannya.
Itulah penjelasan ringkas mengapa saya, Abdul Manan, memutuskan untuk maju sebagai calon ketua umum dalam Kongres X AJI di Solo.


Saya berkarir 20 tahun di dunia jurnalistik, kini redaktur Majalah Tempo. Saya menggandeng Revolusi Riza sebagai calon sekjen. Revo berkarir 14 tahun di dunia jurnalistik, kini Kepala Peliputan CNN Indonesia.


Di dekade kedua era reformasi ini, tantangan yang dihadapi AJI terus bertambah. Selain sikap negara yang masih mempertahankan sejumlah kebijakan yang tak ramah kebebasan, juga ada trend menguatnya intoleransi. Iklim bisnis juga berubah cepat akibat digitalisasi, yang itu berdampak serius terhadap kesejahteraan dan keamanan pekerjaan. Tantangan lainnya adalah bagaimana menjaga kepatuhan jurnalis dan media pada etika, terutama di tengah perhelatan politik lokal dan nasional.


Berbekal pengetahuan dan pengalaman, tentu saja dengan segala kekurangannya, kami ingin melakukan hal terbaik yang kami bisa untuk menjawab sejumlah tantangan itu serta mempertahankan tiga isu prioritas AJI: merawat kebebasan pers, memperbaiki kesejahteraan, dan meningkatkan profesionalisme.


#AbdulManan-RevolusiRiza, Jakarta, 07 November 2017

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
10 Jul 2018 / dibaca 289 kali
BANDUNG (BK) : Meminimalisir dampak negatif konten digital, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan...
Nasional
07 Jul 2018 / dibaca 333 kali
MANADO (BK) : 2 Menteri perempuan, Puan Maharani dan Yohana Yembise, mempunyai pesan yang sama pada Peringatan Hari Keluarga Nasional...
Nasional
06 Jul 2018 / dibaca 376 kali
MANADO (BK) : Banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di daerah yang tidak mendapatkan penanganan dengan baik. Masyarakat juga...
Nasional
04 Jul 2018 / dibaca 300 kali
KUPANG (BK) : 2.000 anak di Nusa Tenggara Timur (NTT), mengikuti Jambore V PAR GMIT Tahun 2018 di Jemaat Alfa Omega Labat, Klasis Kota Kupang,...
Nasional
23 Jun 2018 / dibaca 373 kali
MANADO (BK) : Dalam rangka menyambut Peringatan ke-73 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2018, Mabes TNI menggelar "Lomba Karya...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.