Nasional

Detik-detik Pelaku Serang Pastor, Jemaat di Gereja St. Lidwina

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 11 February 2018 18:12   254 kali

SLEMAN (BK): Inilah kronologis seorang pria membawa pedang menyerang peribadatan misa di Gereja St Lidwina Bedog, Yogyakarta, Minggu (11/2/2018) sekitar pukul 07.30 WIB pagi. Pria yang tampak bersepatu PDL putih, kaos hitam dan membawa ransel itu tampak menguasai area altar.

 

Kronologis:

1. Pada hari Minggu, 11 Februari 2018 sekira pukul 07.30 WIB telah terjadi seorang pria yang melakukan penganiayaan terhadap jemaat gereja Katolik Sant Lidwina Dukuh Jambon Trihanggo, Gamping Sleman, Jogyakarta yang sedang melaksanakan ibadat.

2. Pelaku diketahui bernama Suliyono, lahir 16 Maret 1995, mahasiswa dengan alamat Krajan RT 02 RW 01 Kandangan Pesanggrahan Banyuwangi, Jatim.

3. Adapun korban dari kejadian tersebut:

a. Budijono, laki- laki, 44 tahun, swasta, alamat Perum Nogotirto Gamping Sleman mengalami luka sobek pada bagian kepala belakang da leher bagian belakang akibat senjata tajam.

b.  Romo Karl-Edmund Prier SJ, alamat Asmi Bener Yogyakarta, mengalami sobek pada kepala belakang akibat senjata tajam.

c. Aiptu Munir alamat Aspol Polsek Gamping, mengalami luka pada tangan akibat senjata tajam.

d. Martinus Parmadi Subiantara, alamat Nusupan RT 02 RW 28 Trihanggo Gamping Sleman mengalami luka pada punggung.

 

Pelaku asal Banyuwangi Jatim ini masuk dari pintu gereja bagian barat langsung menyerang korban, Martinus Parmadi Subiantoro dan mengenai punggung sehingga jemaat yang berada di belakang/kanopi membubarkan diri, selanjutnya pelaku masuk ke gedung utama gereja sambil mengayun ayunkan senjata tajam sehingga para jemaat juga membubarkan diri.

 

Pelaku berlari ke arah koor dan langsung menyerang romo Prier yang sedang memimpin misa dan pelaku masih menyerang para jemaat yg masih berada di dalam gereja dan mengenai Budi Purnomo.

 

Pelaku mengayun ayunkan senjata tajamnya ke patung Yesus dan patung bunda Maria yang berada di mimbar gereja. Petugas Polsek Gamping yang dihubungi jemaat via telepon selanjutnya mendatangi TKP.

 

Aiptu Munir mencoba melakukan negosiasi kepada pelaku agar menyerahkan diri namun pelaku berusaha menyerang petugas sehingga petugas mengeluarkan tembakan peringatan.

 

Pelaku menyerang polisi dan mengenai luka sobekan sehingga terpaksa mengeluarkan tembakan ke arah pelaku dan mengenai perut pelaku sehingga dapat dilumpuhkan dan di bawa ke RS UGM.

 

(tr/bk-1) 

 

 

Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
13 Aug 2018 / dibaca 150 kali
JAKARTA (BK) : Jumlah korban gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali terus bertambah. Tercatat, hingga Senin...
Nasional
12 Aug 2018 / dibaca 186 kali
LOMBOK (BK) : Memasuki hari ketujuh, penanganan darurat dampak gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB) terus dilakukan. Data korban terus...
Nasional
11 Aug 2018 / dibaca 140 kali
BANTEN (BK) : Azkia Institute bekerjasama dengan Indonesia Social Justice Network (ISJN) melaksanakan kegiatan yang bertajuk "Social...
Nasional
10 Aug 2018 / dibaca 129 kali
JAKARTA (BK) : Semenjak Presiden Joko Widodo menetapkan Hari Santri melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015, Kementerian Agama (Kemenag) melalui...
Nasional
06 Aug 2018 / dibaca 182 kali
MANADO (BK) : Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulut, membuka Posko Aksi Gerakan Kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi Lombok,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.