Nasional

Hujan Seharian ‘Bikin’ Sulut Siaga Banjir dan Longsor

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 08 February 2018 08:34   202 kali
MANADO (BK) : Hujan sepanjang hari mengguyur seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (7/2/2018) kemarin. Hujan telah membuat beberapa daerah dikabarkan mengalami banjir dan tanah longsor.
 
 
Di Manado, sejumlah kawasan telah tergenang banjir setinggi lutut hingga perut orang dewasa. Penyebabnya, DAS Tondano dan Sawangan yang tak mampu menahan debit air hujan dan meluap ke rumah-rumah warga.
 
 
Kawasan yang terdampak banjir yang terdata di BPBD Sulut, yaitu, Kampung Merdeka Dendengan Dalam, Kampung Tubir Paal Dua, Ternate Tanjung, Karame, Dendengan Luar, Banjer, Komo Luar dan Kairagi Weru.
 
 
Pada Pos Pemantau Banjir di Dendengan Luar, telah menunjuk angka 2, 50 meter atau mendekati bahaya. Sedangkan longsor dikabarkan terjadi di Kelurahan Teling Atas.
 
 
Di Kabupaten Bolmong, tercatat beberapa desa juga telah terendam banjir. BPBD Bolmong pada data yang diterima beritakawanua, banjir terjadi di Desa Lolak, Diat, Tuyat dan Lalow  Kecamatan Lolak. Selain itu, Desa Nonapan I dan II, Poigar I dan III Kecamatan Poigar, serta Desa Langagon, Lolan dan Bantik Kecamatan Bolaang.
 
 
“Desa Nonapan diakibatkan jebolnya tanggul sungai, tingginya debit air serta bertepatan dengan pasang air laut,” ujar Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga.
 
 
“Untuk data cakupan bencana, rumah, KK dan jiwa terdampak masih dalam pendataan bersama aparat desa setempat,” tambahnya. 
 
 
Adapun data di Kabupaten Bolmut, terjadi longsor di tiga tempat yaitu Desa Tote dan Komus Kecamatan Kaidipang dan Bolaangitang. Longsor menutup jalan sehingga menghambat akses kendaraan yang menghubungkan Provinsi Sulut dan Gorontalo.
 
 
Sebelumnya BMKG telah merilis Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tinggi. Keadaan itu akan terus berlangsung hingga mengalami puncak di bulan Maret 2018.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
04 Nov 2018 / dibaca 188 kali
JAKARTA (BK): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proses pemeriksaan pesawat atau rampcheck yang dilakukan Direktorat Jenderal...
Nasional
04 Nov 2018 / dibaca 258 kali
JAKARTA (BK): Kendati nuansa duka kelihatan menyelimuti keluarganya, tetapi paras muka ayah dan ibunda almarhum Hizkia Jorry Saroinsong, 23...
Nasional
02 Nov 2018 / dibaca 249 kali
TANGERANG (BK) : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menunjuk Kota Tangerang sebagai Pilot Project Gerakan...
Nasional
01 Nov 2018 / dibaca 218 kali
JAKARTA (BK): Pemerintah berjanji tidak bakal mengabaikan kelanjutan reformasi ekonomi di tengah gebyar Pesta Demokrasi yang akan...
Nasional
31 Oct 2018 / dibaca 205 kali
KRI BIMA SUCI 945  adalah kapal layar tiang tinggi klas BARK(Barque) buatan galangan kapal Freire Shipyard, Kota Vigo, Spanyol. Kapal ini...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.