Nasional

Hujan Seharian ‘Bikin’ Sulut Siaga Banjir dan Longsor

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 08 February 2018 08:34   160 kali
MANADO (BK) : Hujan sepanjang hari mengguyur seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (7/2/2018) kemarin. Hujan telah membuat beberapa daerah dikabarkan mengalami banjir dan tanah longsor.
 
 
Di Manado, sejumlah kawasan telah tergenang banjir setinggi lutut hingga perut orang dewasa. Penyebabnya, DAS Tondano dan Sawangan yang tak mampu menahan debit air hujan dan meluap ke rumah-rumah warga.
 
 
Kawasan yang terdampak banjir yang terdata di BPBD Sulut, yaitu, Kampung Merdeka Dendengan Dalam, Kampung Tubir Paal Dua, Ternate Tanjung, Karame, Dendengan Luar, Banjer, Komo Luar dan Kairagi Weru.
 
 
Pada Pos Pemantau Banjir di Dendengan Luar, telah menunjuk angka 2, 50 meter atau mendekati bahaya. Sedangkan longsor dikabarkan terjadi di Kelurahan Teling Atas.
 
 
Di Kabupaten Bolmong, tercatat beberapa desa juga telah terendam banjir. BPBD Bolmong pada data yang diterima beritakawanua, banjir terjadi di Desa Lolak, Diat, Tuyat dan Lalow  Kecamatan Lolak. Selain itu, Desa Nonapan I dan II, Poigar I dan III Kecamatan Poigar, serta Desa Langagon, Lolan dan Bantik Kecamatan Bolaang.
 
 
“Desa Nonapan diakibatkan jebolnya tanggul sungai, tingginya debit air serta bertepatan dengan pasang air laut,” ujar Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga.
 
 
“Untuk data cakupan bencana, rumah, KK dan jiwa terdampak masih dalam pendataan bersama aparat desa setempat,” tambahnya. 
 
 
Adapun data di Kabupaten Bolmut, terjadi longsor di tiga tempat yaitu Desa Tote dan Komus Kecamatan Kaidipang dan Bolaangitang. Longsor menutup jalan sehingga menghambat akses kendaraan yang menghubungkan Provinsi Sulut dan Gorontalo.
 
 
Sebelumnya BMKG telah merilis Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tinggi. Keadaan itu akan terus berlangsung hingga mengalami puncak di bulan Maret 2018.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
13 May 2018 / dibaca 537 kali
JAKARTA (BK): Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkap pengebom tiga gereja di Surabaya diduga berasal dari satu keluarga. "Pelaku ini...
Nasional
13 May 2018 / dibaca 403 kali
GORONTALO (BK) : Sebanyak 200 ribu bibit pohon akan ditanam pada areal seluas 400 hektare di Desa Ayumolingo dan Desa Molamahu Kecamatan...
Nasional
09 May 2018 / dibaca 443 kali
BIAK NUMFOR (BK) : Desa Manswam Kabupaten Biak Numfor, menjadi salah satu daerah di Provinsi Papua yang perempuannya masih kurang aktif dan...
Nasional
08 May 2018 / dibaca 207 kali
TANGERANG (BK) : Rapat Koordinasi Teknik (Rakortek) Perlindungan Hak Perempuan di Tangerang Banten, berakhir. Sejumlah rekomendasi berhasil...
Nasional
07 May 2018 / dibaca 144 kali
TANGERANG (BK) : Satu dari tiga perempuan usia 15 - 64 tahun atau sekitar 28 juta orang, pernah mengalami kekerasan fisik atau kekerasan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.