Nasional

Kemendikbud Buka 1.891 Formasi CPNS

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 22 November 2019 17:23   80 kali

JAKARTA (BK): Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan formasi penerimaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Berdasarkan surat pengumuman resmi di laman resmi CPNS Kemendikbud, jumlah formasi CPNS di Kemendikbud kali ini adalah sebanyak 1.994 formasi. Berdasarkan pengumuman resmi tersebut, berikut informasi resmi terkait lainnya:

Kuota formasi

Jumlah alokasi formasi berdasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 869 Tahun 2019 tanggal 13 November 2019 tentang Tambahan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2019, sebanyak 1.994, terdiri atas:

1. Formasi Dosen sebanyak 1891.

2. Formasi Pranata Laboratorium Pendidikan sebanyak 88.

3. Formasi Analis Kepegawaian sebanyak 15.

Tahap seleksi

1. Seleksi administrasi: dilaksanakan bagi pelamar telah memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran.

2. Seleksi kompetensi dasar ( SKD): dilaksanakan bagi pelamar memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

3. Seleksi kompetensi bidang (SKB): dilaksanakan bagi pelamar yang MP seleksi kompetensi dasar (SKD). Jenis tes SKB dibagi menjadi 3 (tiga) kriteria sesuai jenis jabatan yaitu:

SKB bagi Jabatan Fungsional Dosen

SKB bagi Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan

SKB bagi Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian (Ahli dan Terampil)

Syarat Umum

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

3. Kriteria usia sebagaimana berikut (terhitung per tanggal pelamar melakukan pendaftaran
online di SSCASN).

Pelamar lulusan S-1/D-IV s.d. S-2/Spesialis: serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari dan setinggi-tingginya 35 tahun 0 bulan 0 hari.

Pelamar lulusan S-3/Subspesialis: serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari dan setinggi-tingginya 40 tahun 0 bulan 0 hari.

4. Sehat jasmani dan rohani/jiwa/mental (dibuktikan dengan surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum dan surat keterangan sehat rohani/jiwa/mental dari dokter spesialis jiwa Rumah Sakit Pemerintah. Surat ini wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi pengadaan CPNS.

5. Tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya. (Surat keterangan bebas narkoba/NAPZA ditandatangani oleh dokter Rumah Sakit Pemerintah atau pejabat yang berwenang dari badan/lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat dimaksud. Surat keterangan ini wajib diserahkan setelah pelamar tersebut dinyatakan lulus seleksi pengadaan CPNS).

6. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

7. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai calon PNS, PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

8. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

9. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

Jadwal CPNS Kemendikbud

1. Pendaftaran melalui CPNS Online di portal nasional (https://sscasn.bkn.go.id/): 21 November - 5 Desember 2019

2. Seleksi administrasi: 25 November - 13 Desember 2019

3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 18 Desember 2019

4. Masa Sanggah: 19-28 Desember 2019

5. Pengumuman daftar peserta.

(bkn/bk-10)

Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
03 Nov 2019 / dibaca 1019 kali
TUNJANGAN  kinerja (tukin) di tiap kementerian memiliki besaran yang beragam. Tentu saja itu menjadi salah satu daya tarik bagi yang...
Nasional
02 Nov 2019 / dibaca 152 kali
(foto kiri ke kanan):  Theo Sambuaga, Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Bupati Minahasa Selatan...
Nasional
01 Nov 2019 / dibaca 126 kali
MANADO (BK) :  Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2020 sebesar Rp...
Nasional
01 Nov 2019 / dibaca 163 kali
MANADO (BK) :  Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Dr Zainuddin Amali memilih Manado untuk mengawali agenda kerja Kementerian Pemuda dan...
Nasional
01 Nov 2019 / dibaca 85 kali
JAKARTA (BK): Jenderal Idham Azis resmi menjabat Kapolri setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantiknya di Istana Negara, Jakarta, Jumat...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.