Nasional

Lantamal VIII Selamatkan Warga Malaysia Kebangsaan Filipina yang Hanyut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 21 February 2018 23:53   160 kali
Abdul Shalen Bin Usman (51), warga Negara Filipina yang hanyut di Perairan Sulawesi Utara (foto : ist)
MANADO (BK) : Lantamal VIII Manado berhasil menyelamatkan seorang pria yang hanyut di perairan Sulawesi Utara (Sulut). Pria bernama Abdul Shalen Bin Usman (51) itu ternyata tinggal di Bagou bagou, Semporna Sabah Malaysia.
 
 
Awalnya, Shalen dan perahunya ditemukan oleh nelayan binaan Lantamal VIII Manado, sedang terombang-ambing di tengah lautan, Rabu (21/2/2018). Balai Perikanan Tumumpa Manado lalu meneruskan informasi itu kepada Tim EFQR Lantamal VIII.
 
 
“Awalnya ditemukan nelayan binaan kami yang menggunakan kapal berlambung KM Rajawali pada posisi 02 37 170 U - 122 14 554 T,” ujar Kadispen Lantamal VIII, Kapten Yusuf Ali melalui rilis yang diterima beritakawanua, Rabu (21/2/2018) malam.
 
 
Selanjutnya, pria tersebut dibawa naik, sedangkan perahunya dengan mesin tempel merk meriner 15 Pk yang dalam keadaan rusak serta berisikan lima liter BBM, satu tas pakaian dan 10 bungkus mie instan lalu digandeng menuju Pelabuhan TPI Tumumpa untuk diserahkan ke Kantor Balai Perikanan Tumumpa.
 
 
“Tim EFQR Lantamal VIII lalu menjemputnya dan mengamankan barang bawaan menuju Mako Lantamal VIII untuk melaksanakan pemeriksaan Kesehatan di BK Dinas Kesehatan Lantamal VIII Manado. Hasil pemeriksaan korban masih dalam keadaan sehat,” jelas Yusuf Ali.
 
 
Dalam pemeriksaan dan pendalaman bersama aparat keamanan terkait dan Imigrasi Manado, Abdul Shalen Bin Usman berstatus warga negara Filipina yang tinggal di Malaysia. Ini dibuktikan berdasarkan surat dari pemerintah Malaysia Sijil Banci Pendatangan Luar Negeri No. 186821.
 
 
“Usai pemeriksaan, tim EFQR Lantamal VIII kemudian menyerahkan pria itu beserta peralatan bawaannya kepada pihak Imigrasi Kelas I Manado guna proses lebih lanjut,” lanjut Yusuf Ali.
 
 
Sementara itu, Danlantamal VIII Laksma Ahmadi Heri Purwono menyampaikan bahwa Lantamal VIII akan selalu memberikan perhatian terhadap kejadian-kejadian yang terjadi di wilayah perairan Sulawesi Utara serta memberikan bantuan secara maksimal.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
04 Nov 2018 / dibaca 189 kali
JAKARTA (BK): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proses pemeriksaan pesawat atau rampcheck yang dilakukan Direktorat Jenderal...
Nasional
04 Nov 2018 / dibaca 259 kali
JAKARTA (BK): Kendati nuansa duka kelihatan menyelimuti keluarganya, tetapi paras muka ayah dan ibunda almarhum Hizkia Jorry Saroinsong, 23...
Nasional
02 Nov 2018 / dibaca 249 kali
TANGERANG (BK) : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menunjuk Kota Tangerang sebagai Pilot Project Gerakan...
Nasional
01 Nov 2018 / dibaca 219 kali
JAKARTA (BK): Pemerintah berjanji tidak bakal mengabaikan kelanjutan reformasi ekonomi di tengah gebyar Pesta Demokrasi yang akan...
Nasional
31 Oct 2018 / dibaca 208 kali
KRI BIMA SUCI 945  adalah kapal layar tiang tinggi klas BARK(Barque) buatan galangan kapal Freire Shipyard, Kota Vigo, Spanyol. Kapal ini...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.