Nasional

Mabesad Kirim Bantuan Logistik Bagi Korban Tsunami Selat Sunda

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 27 December 2018 22:09   364 kali
Pemberangkatan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat terdampak tsunami Selat Sunda oleh Mabesad. (foto : ist)
JAKARTA (BK) : Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) mengirimkan 28 truk bantuan kemanusiaan kepada warga masyarakat terdampak tsunami Selat Sunda, yaitu wilayah Provinsi Banten dan Lampung.
 
 
“Bantuan tersebut diperkirakan bertotal Rp 4 milliar,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Candra Wijaya usai mengikuti acara pemberangkatan pemberian bantuan kemanusiaan di lapangan Mabesad, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2018) pagi.
 
 
Pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut diberangkatkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa yang didampingi para Pejabat teras di lingkungan Mabesad dan Mitra TNI AD.
 
 
Pengiriman bantuan kemanusiaan ini, kata Kadispenad, merupakan salah satu wujud kepedulian TNI AD dan Mitra TNI kepada warga masyarakat yang tertimpa bencana. Diketahui, tsunami menerjang Selat Sunda, Sabtu (22/12/2018) lalu, dan telah menewaskan 430 orang.
 
 
“Masing-masing truk membawa logistik berupa makanan siap saji serta kebutuhan wanita dan bayi. Nominal bantuan tersebut jika dikalkulasi setiap truk senilai 145 juta rupiah atau total keseluruhan 4 milyar rupiah,” jelasnya.
 
 
Logistik bantuan kemanusiaan tersebut terdiri dari air mineral sebanyak 200 dos, mie instan 200 dos, biskuit 100 dos, susu bayi 100 dos, susu kental manis 50 dos, gula/kopi/teh 200 dos, serta pembalut wanita 50 dos dan pampers 100 dos.
 
 
Bantuan kemanusiaan ini, lanjut Kadispenad, berasal dari Mabesad dan Persatuan Istri Prajurit (Persit). Juga datang dari para donatur mitra TNI, seperti PT Sritex, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Yayasan KEP, PT Arwana, PLN Persero, Toyota Motor, PT Ascon Indonesia Internasional, Rotary Club, Walubi, Yayasan Pelangi Indonesia Ministry, PT Mora Production dan PPI. Bantuan ini, akan langsung dibawa ke lokasi dan disalurkan kepada warga masyarakat pengungsi yang terdampak bencana.
 
 
“Kami sertakan juga 3 truk personel TNI AD berkekuatan sekitar 80 prajurit dari Yon Bekang Kostrad. Dalam perjalanannya, akan dikawal langsung aparat Polisi Militer TNI AD untuk selanjutnya bantuan logistik ini diserahkan kepada Posko Bencana yang sudah ada dan disalurkan kepada yang berhak,” tegasnya.
 
 
Adapun sasaran pengirimannya adalah 23 truk ke wilayah Banten (Cilegon dan Pandeglang) bagi lebih dari 21 ribu warga pengungsi yang tersebar di 11 titik, yaitu Anyer, Carita, Pulo Sari, Cinangka, Labuan, Angsana, Patia, Munjul, Tj. Lesung, Cigeulis dan Sumur. Sedangkan 5 truk lainnya ke wilayah Lampung.
 
 
”Harapan kami, bantuan kemanusiaan ini dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita, warga masyarakat yang terdampak bencana tsunami di tempat pengungsian,” tandas Candra.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
15 Feb 2019 / dibaca 72 kali
JAKARTA (BK) : Adanya pernyataan mengenai kebocoran anggaran sebesar 25 persen di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan...
Nasional
14 Feb 2019 / dibaca 137 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Dr Christiany Eugenia Paruntu SE berkunjung di Kementerian Desa Pembangunan Daerah...
Nasional
11 Feb 2019 / dibaca 609 kali
JAKARTA (BK) : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluncurkan peringatan dini tinggi gelombang untuk tiga hari ke depan,...
Nasional
09 Feb 2019 / dibaca 540 kali
SURABAYA (BK): Presiden Joko Widodo akhirnya mencabut remisi I Nyoman Susrama, pembunuh wartawan Radar Bali, AA Gde Bagus Narendra Prabangsa....
Nasional
06 Feb 2019 / dibaca 273 kali
JAKARTA (BK) : Petisi penolakan terhadap pemberian remisi untuk Nyoman Susrama, terpidana kasus pembunuhan jurnalis Radar Bali AA Prabangsa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.