Nasional

Timsel Bawaslu Kalimantan Timur Buka Pendataran, Gelar Sosialisasi dan Jadwal Seleksi Tahun 2022

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 22 June 2022 20:04   607 kali


SAMARINDA (BK) : Tahapan Pemilu telah dimulai dan secara bersamaan untuk pengawas pemilu mulai seleksi terutama untuk tingkat Provinsi termasuk Kalimantan Timur. Tim seleksi Anggota Bawaslu Provinsi Kaltim, Ida Farida melakukan sosialisasi pendaftaran calon Anggota Bawaslu provinsi pada tahun 2022 yang diikuti oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kaltim, Kepala Sekretariat Bawaslu Kaltim, seluruh Kepala Sekretariat dan Kordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kota se- Kaltim dan perwakilan Anggota Bawaslu Kabupaten Kota Samarinda bertempat di Ruang Sidang Kantor Bawaslu Kaltim (15/06/22).

Sampai hari ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut terkait dengan jumlah yang akan diterima pada seleksi kali ini, maka Ida menghimbau kepada pelamar yang hadir disini bisa menyampaikan kepada publik.

Dengan masa sosialisasi yang sempit ini, Timsel memaksimalkan sosialisasi kepada semua lini salah satunya di Kantor Bawaslu Kaltim yang merupakan bagian dari fasilitasi Timsel. Bawaslu Kaltim juga Bawaslu Kabupaten/Kota se- Kaltim diharapkan dapat membantu untuk dapat mempublikasikannya kepada masyarakat yang ada di Kabupaten/Kota. " Kami telah membuat spanduk, mohon dapat dipasang di depan Kantor Kabupaten/Kota itu merupakan bagian dari sosialisasi kita kepada publik" ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Ida menyampaikan tahapan pada pemilihan anggota Bawaslu provinsi Kalimantan Timur. Penerimaan bakal calon Anggota Bawaslu Provinsi dibuka pada 22 s.d 30 juni 2022 berkas penerimaan diterima di Sekretariat yang berlokasi di Hotel Bumi Senyiur Room 308.

" Apabila memiliki jabatan ASN atau Dosen pendaftar harus memiliki ijin, apabila membutuhkan proses dalam menggurus ijin tersebut akan diberikan waktu sampai saat perbaikan, selain itu, apabila pendaftar yang mengajukannya berhenti dari jabatan publik atau dari BUMD dan sebagainya maka harus menyertakan surat mengundurkan diri dari jabatannya, " paparnya.

Lanjut, apabila pada pendaftaran pertama tidak memenuhi kuota maka pendaftaran akan dibuka kembali dalam waktu yang tidak panjang, masa ini juga dapat digunakan sebagai masa perbaikan bagi pendaftar sebelumnya. Untuk verifikasi berkas ini waktunya 5 hari kerja.

" Pengumuman hasil seleksi administrasi calon Anggota Bawaslu Kaltim, akan diumumkan pada Rabu, 13 Juli 2022, " kata Ida.

Kemudian dilanjutkan dengan seleksi tes tertulis dan tes psikologi dan tes CAT menggunakan sistem komputer yang dikembangkan dengan tes psikolog 18 s.d 20 Juli. Setelah pengumuman lulus dilanjutkan dengan masukan dan tanggapan dari masyarakat sebelum keluar pengumuman tanggapan masyarakat pada lima hari kerja 25 s.d 29 Juli Timsel akan mempublikasikan untuk mendapatkan track record dari calon yang masuk kemudian pada masa tersebut dilakukan juga tes kesehatan pada 26 s.d 27 juli 2022 lanjut pada tes wawancara oleh Timsel Bawaslu kaltim yang digelar pada akhir Juli 2022.

Hasil tes kesehatan akan diumumkan pada 2 Agustus 2022 Dilanjutkan susunan laporan oleh timsel penyampaian laporan calon anggota Bawaslu provinsi dan laporan akhir.

Ida menghimbau kepada calon Anggota Bawaslu Kaltim pada proses yang sudah berlangsung sebaiknya keberadaan tidak terlalu jauh, walau tanggal tahapan sudah jelas namun harus terus di update.

"Kemudian uji kepatutan pada 22 s.d 26 Agustus pada lima hari kerja yang belum tentukan harinya tapi dalam kurun waktu hari tersebut. Anggota Bawaslu Kaltim terpilih diumumkan pada Senin 12 September 2022, kemudian pelantikannya pada Rabu sampai dengan Jumat," tutupnya.

(BWL/mfw/bk-11)

 

Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
16 Oct 2022 / dibaca 260 kali
JAYAPURA (BK) : Pengukuhan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai kepala suku besar Papua oleh Dewan Adat Papua (DAP) pimpinan Dominikus...
Nasional
15 Oct 2022 / dibaca 257 kali
JAYAPURA (BK) : Semenjak Gubernur Papua Lukas Enembe tersandung masalah gratifikasi dan dua kali dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi...
Nasional
15 Oct 2022 / dibaca 253 kali
JAYAPURA (BK) : Tokoh Intelektual Muda Keerom Michael Sineri mengatakan sudah waktunya pemerintah pusat menonaktifkan gubernur Papua Lukas...
Nasional
14 Oct 2022 / dibaca 263 kali
JAYAPURA (BK) : Sikap keluarga dan kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe yang terkesan berbelit-belit atas pemanggilan Komisi Pemberantasan...
Nasional
14 Oct 2022 / dibaca 249 kali
JAYAPURA (BK) : Ketua Dewan Adat Suku Yewena Yosu Johanes Jonas Mentanaway mengatakan pihaknya tidak mengakui Lukas Enembe sebagai Kepala...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.