Nasional

Tol Manado-Bitung Diuji Coba, Gubernur : Ini Kado Natal untuk Masyarakat Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 26 December 2018 19:29   406 kali
Gubernur Olly Dondokambey saat membuka Tol Manado-Bitung untuk uji coba. (foto : ist)
AIRMADIDI (BK) : Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A yang terbentang dari Airmadidi Minahasa Utara (Minut), hingga Danowudu Bitung mulai dioperasikan. Jalan sepanjang 14,2 kilometer dibuka secara fungsional oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Senin (24/12/2018).
 
 
Gubernur mengatakan, dibukanya jalan tol ini sebagai Kado Natal dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk masyarakat Sulut untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik.
 
 
“Tol ini akan mengurai kemacetan yang ada di jalur Manado-Bitung, dan kami gratiskan selama masa uji coba ini,” kata Olly, sapaan Gubernur.
 
 
Gubernur Olly menuturkan, Jalan Tol Manado-Bitung merupakan jalan tol pertama di Sulut. Proyek ini dikelola oleh kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).
 
 
 
 
Uji coba jalan Tol Manado-Bitung dengan menggunakan mobil. (foto : ist)
 
 
Olly pun optimistis jalan tol ini akan rampung sesuai rencana awal, yaitu pada triwulan pertama tahun 2019. Untuk itu, pembangunan fisiknya terus digenjot agar bisa selesai sesuai target.
 
 
“Presiden RI, Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung pada akhir Maret 2019. Ada sepanjang 25 kilometer dari titik nol yang akan diresmikan Presiden,” tandas Gubernur.
 
 
Secara terpisah, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Triono Junoasmono menjelaskan teknis fungsional jalan tol yang dioperasikan.
 
 
Dia menyebut hanya untuk kendaraan sedan, jip, pick up, multi purpose vehicle (MPV) dan sejenisnya (kecuali bus, truk dan motor) dapat melaju pada kecepatan maksimal 60 km per jam di ruas satu arah yang disiapkan.
 
 
“Ya, mulai berlaku hari ini 24 Desember 2018 sampai 5 Januari 2019,” kata Triono.
 
 
 
 
 
Dijelaskannya, ada 2 bagian pengoperasian yaitu 24 Desember hingga 1 Januari 2019 dengan rute Airmadidi - Manembo-nembo. Kemudian pada 2 hingga 5 Januari 2019. “Karena sifatnya fungsional, masih satu arah dan jam operasional dibuka pukul 07.00 pagi sampai pukul 17.00 sore,” terang Triono.
 
 
“Kami berharap pengoperasian ruas tol sepanjang 14,2 kilometer ini bisa memberi manfaat dan membantu masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru,” pungkas Triono.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
28 Mar 2019 / dibaca 1167 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu SE, menghadiri undangan Menteri Pendayagunaan Aparatur...
Nasional
26 Mar 2019 / dibaca 234 kali
LUWUK (BK) : Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh mengimbau masyarakat agar aktif datang ke Tempat Pemungutan Suara...
Nasional
25 Mar 2019 / dibaca 174 kali
MAMUJU (BK) : Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh menekankan pentingnya kemenangan Joko Widodo pada Pilpres 2019....
Nasional
24 Mar 2019 / dibaca 223 kali
GORONTALO (BK) : Partai NasDem akan memaksimalkan alokasi kursi DPR RI dari dapil Provinsi Gorontalo pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019....
Nasional
24 Mar 2019 / dibaca 195 kali
GORONTALO (BK) : Partai Nasional Demokrat (NasDem) mendorong seluruh kader dan simpatisannya untuk menjaga semangat persatuan dan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.