Nasional

Tol Manado-Bitung Diuji Coba, Gubernur : Ini Kado Natal untuk Masyarakat Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 26 December 2018 19:29   349 kali
Gubernur Olly Dondokambey saat membuka Tol Manado-Bitung untuk uji coba. (foto : ist)
AIRMADIDI (BK) : Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A yang terbentang dari Airmadidi Minahasa Utara (Minut), hingga Danowudu Bitung mulai dioperasikan. Jalan sepanjang 14,2 kilometer dibuka secara fungsional oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Senin (24/12/2018).
 
 
Gubernur mengatakan, dibukanya jalan tol ini sebagai Kado Natal dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk masyarakat Sulut untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik.
 
 
“Tol ini akan mengurai kemacetan yang ada di jalur Manado-Bitung, dan kami gratiskan selama masa uji coba ini,” kata Olly, sapaan Gubernur.
 
 
Gubernur Olly menuturkan, Jalan Tol Manado-Bitung merupakan jalan tol pertama di Sulut. Proyek ini dikelola oleh kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).
 
 
 
 
Uji coba jalan Tol Manado-Bitung dengan menggunakan mobil. (foto : ist)
 
 
Olly pun optimistis jalan tol ini akan rampung sesuai rencana awal, yaitu pada triwulan pertama tahun 2019. Untuk itu, pembangunan fisiknya terus digenjot agar bisa selesai sesuai target.
 
 
“Presiden RI, Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung pada akhir Maret 2019. Ada sepanjang 25 kilometer dari titik nol yang akan diresmikan Presiden,” tandas Gubernur.
 
 
Secara terpisah, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Triono Junoasmono menjelaskan teknis fungsional jalan tol yang dioperasikan.
 
 
Dia menyebut hanya untuk kendaraan sedan, jip, pick up, multi purpose vehicle (MPV) dan sejenisnya (kecuali bus, truk dan motor) dapat melaju pada kecepatan maksimal 60 km per jam di ruas satu arah yang disiapkan.
 
 
“Ya, mulai berlaku hari ini 24 Desember 2018 sampai 5 Januari 2019,” kata Triono.
 
 
 
 
 
Dijelaskannya, ada 2 bagian pengoperasian yaitu 24 Desember hingga 1 Januari 2019 dengan rute Airmadidi - Manembo-nembo. Kemudian pada 2 hingga 5 Januari 2019. “Karena sifatnya fungsional, masih satu arah dan jam operasional dibuka pukul 07.00 pagi sampai pukul 17.00 sore,” terang Triono.
 
 
“Kami berharap pengoperasian ruas tol sepanjang 14,2 kilometer ini bisa memberi manfaat dan membantu masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru,” pungkas Triono.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
15 Feb 2019 / dibaca 72 kali
JAKARTA (BK) : Adanya pernyataan mengenai kebocoran anggaran sebesar 25 persen di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan...
Nasional
14 Feb 2019 / dibaca 137 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Dr Christiany Eugenia Paruntu SE berkunjung di Kementerian Desa Pembangunan Daerah...
Nasional
11 Feb 2019 / dibaca 609 kali
JAKARTA (BK) : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluncurkan peringatan dini tinggi gelombang untuk tiga hari ke depan,...
Nasional
09 Feb 2019 / dibaca 540 kali
SURABAYA (BK): Presiden Joko Widodo akhirnya mencabut remisi I Nyoman Susrama, pembunuh wartawan Radar Bali, AA Gde Bagus Narendra Prabangsa....
Nasional
06 Feb 2019 / dibaca 273 kali
JAKARTA (BK) : Petisi penolakan terhadap pemberian remisi untuk Nyoman Susrama, terpidana kasus pembunuhan jurnalis Radar Bali AA Prabangsa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.