Nasional

Wamendag Jerry Sambuaga Launching Program Digitalisasi Pasar Rakyat Sonder

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 13 November 2022 12:15   229 kali
MANADO (BK) : Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, DR Jerry Sambuaga menghadiri Launching Program Digitalisasi Pasar Rakyat Sonder Minahasa, kolaborasi Kemendag dan Post Indonesia (Persero), Jumat (12/11/2022) 
 
Pada kesempatan tersebut, Wamendag didampingi Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perundingan Perdagangan Internasional Bara K. Hasibuan.
 
Dalam sambutannya, Jerry menyampaikan, hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo kepada Menteri Perdagangan untuk melakukan digitalisasi pasar rakyat.
 
“Hal ini dilakukan sejalan dengan target pemerintah pusat untuk meningkatkan layanan digitalisasi hingga ke pasar tradisional,” kata Jerry di Sonder, Kabupaten Minahasa.
 
Menurutnya, Kementerian Perdagangan melakukan digitalisasi pasar rakyat, sehingga pasar-pasar rakyat memiliki marketplace dan platform untuk menuju era digital.
 
“Kemendag berkomitmen untuk mendigitalisasi pasar rakyat di semua tempat di Indonesia. Lewat Pospay (Aplikasi dari PT Pos Indonesia) transaksi jual beli akan lebih efisien dan praktis serta mempermudah proses jual beli di Pasar Rakyat,” terangnya.
 
Namun, Jerry mengingatkan agar jangan sampai digitalisasi pasar ini berimbas pada tutupnya pasar konvensional. Artinya, ekosistem daring dibangun dan ekosistem luring pun dikembangkan. 
 
Lebih lanjut dikatakan Jerry, Kemendag bekerja sama dan berkolaborasi nyata dalam penerapan digitalisasi di pasar rakyat dan pelaku UMKM dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti Bank Indonesia melalui program transaksi nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
 
Sementara itu, Staf Khusus Mendag Bara Hasibuan mengatakan kali ini digitalisasi pasar rakyat di Sonder melalui layanan digital dari PT Pos Indonesia (Persero) yakni Pospay.
 
”Hampir semua aktifitas saat ini dilakukan dengan digital. Dengan Qris transaksi bisa dilakukan di mana saja, bahkan di luar negeri. Saya sangat berharap digitalisasi perdagangan yang dilakukan di pasar rakyat dan UMKM dapat menjadi salah satu upaya untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan inklusif,” kata Bara.
 
Turut hadir dalam kegiatan ini, Kadis Perindag Minahasa, Mawardi Deputi perwakilan BI Sulut, Asisten III Sekda Minahasa Vicky Tanor, Direktur PT Pos Indonesia Haris.
 
(Stev/Bk-09)
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
17 Oct 2022 / dibaca 295 kali
JAYAPURA (BK) : Kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe yang sudah empat kali mengalami stroke dan hingga saat ini masih dibatasi...
Nasional
16 Oct 2022 / dibaca 313 kali
MEDAN (BK) :   Pakar hukum dari Sumatera Utara Ali Yusran Gea mengatakan, apa yang disampaikan oleh pengacara Lukas Enembe itu justru tak...
Nasional
16 Oct 2022 / dibaca 272 kali
JAYAPURA (BK) : Pengukuhan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai kepala suku besar Papua oleh Dewan Adat Papua (DAP) pimpinan Dominikus...
Nasional
15 Oct 2022 / dibaca 270 kali
JAYAPURA (BK) : Semenjak Gubernur Papua Lukas Enembe tersandung masalah gratifikasi dan dua kali dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi...
Nasional
15 Oct 2022 / dibaca 269 kali
JAYAPURA (BK) : Tokoh Intelektual Muda Keerom Michael Sineri mengatakan sudah waktunya pemerintah pusat menonaktifkan gubernur Papua Lukas...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.