Nusantara

HJP Belajar Banyak dari Catatan dan Spirit DR Sam Ratulangi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 05 November 2015 18:08   1365 kali
Sam Ratulangi (Kiri) dan HJP (Kanan)
MANADO (BK) : Tokoh pendidikan yang merupakan pahlawan nasional asal Minahasa, Sulawesi Utara, DR. Gerungan Saul Samuel Jacob (GSSJ) Ratulangi atau populer Sam Ratulangi merupakan salah satu tokoh yang dikagumi dan disegani calon Walikota Manado Hanny Joost Pajouw (HJP).

HJP menuturkan, figur Sam Ratulangi sebagai Doktor Matematika pertama di Indonesia bahkan Asia Tenggara, membuktikan bahwa orang Manado sejak lama sangat mengakui bahwa pendidikan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan.

“Torang memang sudah cerdas sejak dulu, dan ini dibuktikan oleh Sam Ratulangi sebagai Doktor Matematika pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Saya sangat terinspirasi dan belajar banyak dari catatan dan spirit, semangat DR Sam Ratulangi,” kata HJP saat diwawancarai wartawan.

Cawali Manado usungan PDIP dan Partai NasDem ini mengatakan, ia tetap berkomitmen untuk memajukan dan mengangkat kembali pamor dunia pendidikan di daerah ini.

“Manado sejak dulu merupakan tujuan dari warga beberapa daerah bahkan beberapa provinsi, untuk bersekolah dan belakangan ini mulai memudar, bahkan banyak anak-anak warga kota Manado yang justru bersekolah ke luar daerah. Ini yang harus dikembalikan, sehingga Manado kembali menjadi kota Pendidikan yang disegani, dengan banyaknya lulusan terbaik yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga pendidikan, baik tingkat SD, SMP, SMA atau SMK serta perguruan tinggi,” tegas Putra Langowan yang juga pernah berkompetisi dalam lomba yang digelar International Mathematics Organization (IMO) di Jakarta.

Ayah tiga anak ini pun menuturkan bahwa program pendidikan menjadi satu dari beberapa misinya sebagai calon Walikota Manado berpasangan dengan Gregorius Tonny Rawung. Bukan hanya soal alokasi dana bantuan untuk sekolah-sekolah tetapi pengadaan beasiswa untuk anak berprestasi dan kurang mampu sampai perguruan tinggi, pendidikan khusus bagi guru, penyaluran sertifikasi guru tepat waktu, menghapuskan pungli hingga pembangunan (penambahan) sekolah SMA dan SMK baru di daerah Malalayang, Tuminting, Singkil dan lainnya.

“Saya juga akan mengembalikan citra Manado yang dulu dikenal sebagai daerah tujuan studi pelajar-pelajar di Indonesia Timur. Untuk itu saya akan mendukung penuh pembangunan akademi-akademi di berbagai bidang termasuk pariwisata, kesehatan, kelautan dan lainnya,” kata Master Ekonomi dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ini.

Adapun, mengetahui Kamis 5 November adalah tanggal lahir tokoh nasional Sam Ratulangi, HJP pun mengajak semua lapisan masyarakat terutama generasi muda agar menjadikannya sebagai momentum untuk lebih giat dalam belajar dan berkarya apapun profesi kita.

“Jadikan momentum ini untuk meneladani banyak hal baik dan prestasi DR Sam Ratulangi our Founding Father yang merupakan seorang pemikir, pemimpin yang rela berjuang dan berkorban bagi banyak orang,” pesan suami Dayvi Mailoor ini, kemarin.

(ads)
Komentar ()
Berita Nusantara
Nusantara
18 Aug 2015 / dibaca 1374 kali
JAYAPURA (BK): Puing pesawat Trigana Air IL 275 telah ditemukan dalam keadaan hancur. Pesawat tersebut diperkirakan menabrak pohon...
Nusantara
15 Aug 2015 / dibaca 1499 kali
MANADO (BK) : Korps Marinir Indonesia merayakan kegiatan Save Our Littoral Life dengan cara berbeda. Puncak acara dilaksanakan dengan upacara...
Nusantara
21 May 2015 / dibaca 1739 kali
JAKARTA (BK) : Perhelatan Temu Karya Nasional (TKN) Karang Taruna VII yang berlangsung pada Selasa sampai dengan Rabu 19 - 20 Mei 2015 di...
Nusantara
05 Apr 2015 / dibaca 1019 kali
PALU (BK): Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Idham Azis mengatakan polisi menemukan sejumlah bom rakitan dan senjata api di tubuh...
Nusantara
26 Dec 2014 / dibaca 1102 kali
GORONTALO (BK):   Banjir dan longsor terjadi di Kabupaten Gorontalo Utara pada Kamis dini hari pukul 00.30 WIB tadi (25/12/2014)....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.