Nusantara

Menuju DKI 1, Eksponen Muda Lintas Iman Usul 12 Tokoh Kristiani dampingi Adhyaksa

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 18 March 2016 13:27   1073 kali
Monumen Nasional Di Jakarta

JAKARTA (BK) : Eksponen Muda Lintas Iman (Emli) mengusulkan 12 tokoh Kristiani untuk menjadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DR H Adhyaksa Dault, SH, M.Si.

Bertempat di Tartine Cafe FX Plaza Sudirman (17/3/2016). Sebelumnya (11/1/2016) Emli telah mendaulat Adhyaksa Dault untuk maju sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

Dalam konferensi pers yang juga dihadiri Adhyaksa, juru bicara Emli Victus Murin mengatakan alasan pengajuan tokoh ini berdasarkan pandangan untuk memperkuat visi pembangunan Jakarta yang Teguh Beriman, Adhyaksa Dault memerlukan pendamping yang sepadan dalam hal pemahaman dan praksis spirit Nasionalis-Religius, sekaligus menjadi simbol kohesivitas atas kemajemukan masyarakat Jakarta.

Pengusulan nama Tokoh Kristiani ini adalah aspiratif yang bersifat spontan. Ini murni hasil dari riset terbatas berbasis informasi dan data media masa," jelas Victus.

Dia menambahkan, nama-nama yang diusulkan sama sekali tidak pernah membangun komunikasi dengan Emli.

"Kami tidak pernah membangun komunikasi dengan para tokoh yang diusulkan. Karena itu kami berharap Pak Adhyaksa bisa menindak-lanjuti untuk berkomunikasi dengan mereka, kata Mantan Sekjen Presidium GMNI.

Tokoh Emli lainnya Ahmad Suhawi mengatakan dalam menghadapi Pilkada Jakarta semua kandidat diharapkan tetap bisa menjaga pola berdemokrasi secara beretika, jangan membuat statemen propokatif yang bisa masyarakat terbelah.

Sekarang berkembang seolah-olah yang Thiongoa, Kristen itu semuanya dukung Ahok, yang tidak dukung dianggap musuh.

Di sisi lain seolah kandidat Pak Adhyaksa anti Kristen dan umat Muslim yang tidak dukung beliau musuh. Padahal kondisi di bawah tidak seperti itu.

"Kandidat harus bisa menjaga kemajemukan yang ada di Jakarta. Jangan merusaknya. Bahkan lewat Pilkada ini bisa dijadikan ajang peningkatan kualitas demokrasi dan pendewasaan keberagaman,"tandas Suhawi yang juga Ketua Umum Persaudaraan Etnis Nusantara (PENA).

Hal menarik, dari dua belas tokoh yang diusulkan terdapat nama Benny Mamoto yang baru mengikuti Pilkada Gubernur di Sulawesi Utara. Selain itu terdapat nama Goris Mere Purnawiran Polri, Bakti Nendra Prawira Ketua Umum DPP Persekutuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI), Sri Adiningsih (Wantimpres), juga ada sineas Garin Nugroho.

Sementara Adhyaksa saat menerima aspirasi Emli mengatakan akan menindak-lanjutinya dengan melakukan komunikasi kepada dua belas tokoh yang diusulkan. Selain itu Ketua mantan Menpora ini mengatakan agar semua kandidat saling menghargai dan saling menghormati. Jangan melakukan cara-cara yang tidak beretika. Menariknya dia membantah berita yang berkembang seolah-olah siap menjadi Calon Wakil Gubernur.

" Saya tidak akan menjadi cawagub, karena saya bukan mengejar jabatan, karena saya tujuannya mengabdi lewat kebijakan. Saya sudah menyiapkan program sembilan manifesto Jakarta sejahtera. Karena itu saya berterima kasih atas aspirasi kawan-kawan Emli, saya akan menindak-lanjutinya dengan komunikasi langsung dengan para tokoh," ujar Adhyaksa.

Menarik figur yang komunikatif ini mengakui bahwa Gubernur Ahok sudah berbuat banyak untuk Jakarta.

"Pak Ahok sudah berbuat banyak, tapi masalah di Jakarta ini tidak bisa selesai dalam waktu tiga tahun.

Berikut nama-nama tokoh Kristiani yang di usulkan sebagai Bacawagub yaitu, Mechias Markus Mekeng, Benny Mamoto, Gorys Mere, Alex Retraubun, Natalis Pigai, Johnson Panjaitan, Garin Nugroho, Bakti Nendra Prawiro, Sri Adiningsih, Alida Guyer dan Eka Sari Lorena Surbakti.

(4lr/ferol/bk-2)

Komentar ()
Berita Nusantara
Nusantara
18 Aug 2015 / dibaca 1374 kali
JAYAPURA (BK): Puing pesawat Trigana Air IL 275 telah ditemukan dalam keadaan hancur. Pesawat tersebut diperkirakan menabrak pohon...
Nusantara
15 Aug 2015 / dibaca 1499 kali
MANADO (BK) : Korps Marinir Indonesia merayakan kegiatan Save Our Littoral Life dengan cara berbeda. Puncak acara dilaksanakan dengan upacara...
Nusantara
21 May 2015 / dibaca 1740 kali
JAKARTA (BK) : Perhelatan Temu Karya Nasional (TKN) Karang Taruna VII yang berlangsung pada Selasa sampai dengan Rabu 19 - 20 Mei 2015 di...
Nusantara
05 Apr 2015 / dibaca 1020 kali
PALU (BK): Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Idham Azis mengatakan polisi menemukan sejumlah bom rakitan dan senjata api di tubuh...
Nusantara
26 Dec 2014 / dibaca 1103 kali
GORONTALO (BK):   Banjir dan longsor terjadi di Kabupaten Gorontalo Utara pada Kamis dini hari pukul 00.30 WIB tadi (25/12/2014)....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.