Nusantara

Presiden Buka Penanaman Sejuta Terumbu Karang via Teleconference di Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 15 August 2015 15:32   1596 kali

MANADO (BK) : Korps Marinir Indonesia merayakan kegiatan Save Our Littoral Life dengan cara berbeda. Puncak acara dilaksanakan dengan upacara sebagai tanda deklarasi penanaman terumbu karang di dasar laut Teluk Manado, Sabtu (15/8/2015).

Kegiatan bakal dimulai tepat pukul 10.47 WITA dengan bunyi sirene tanda pasukan melakukan penyelaman ke lokasi penanaman terumbu karang untuk melaksanakan upacara yang dipimpin Inspektur Upacara, Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana.

Upacara kemudian dirangkai dengan tele conference Inspektur Upacara, dengan Presiden RI, Joko Widodo, pada pukul 10.58 WITA yang dilanjutkan dengan pembacaan pernyataan penanaman terumbu karang dan pelepasan bibit ikan kerapu oleh orang nomor 1 di Indonesia ini.

Penanaman terumbu karang kemudian dilakukan oleh penyelam dari Korps Marinir bersama beberapa kelompok pecinta alam, pemerintah Sulut, dan masyarakat umum. Usai upacara, penyelam akan melakukan aksi heroik di dasar laut, dan muncul ke permukaan air dengan melambaikan bendera merah-putih berukuran 20 cm x 10 cm, pada pukul 11.17 WITA.

Sementara untuk pelepasan bibit ikan kerapu, akan dilakukan oleh para undangan yang hadir, sekaligus menutup rangkaian acara Save Our Littoral Life di Manado.

Sebelumnya, Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana dalam keterangan persnya mengatakan Save Our Littoral Life (SOLL) merupakan wujud penjabaran pengabdian Korps Marinir TNI AL untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Saat ini kami (Korps Marinir) bersama komponen bangsa terus mengkampanyekan pentingnya langkah memelihara terumbu karang di Indonesia, dan mendidik masyarakat untuk kembali menganut pola pikir kembali melihat laut dan tidak membelakangi laut," terang Buyung.

Sedikitnya, Korps Marinir TNI AL akan melakukan penanaman sejuta bibit terumbu karang di daerah seluas 100 hektar yang tersebar di 51 lokasi di Indonesia dan 243 titik penanaman. Kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan Mei 2015.

Hingga Juli 2015, telah ditanam tidak kurang dari 400 ribu bibit terumbu karang dengan luas kawasan tanam lebih dari 30 hektar.

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Nusantara
Nusantara
23 Dec 2016 / dibaca 1093 kali
  TARERAN (BK): Djenri Keintjem sebagai Anggota komisi XI sekaligus anggota badan anggaran DPR RI terus aktif melakukan kegiatan...
Nusantara
13 Apr 2016 / dibaca 1504 kali
JAKARTA (BK): Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen. Pol. Budi Waseso bakal hadir pada acara deklarasi Anti Narkoba di Kota Tomohon,...
Nusantara
11 Apr 2016 / dibaca 1580 kali
JAKARTA (BK): Wali Kota Tomohon, Jimmy. F. Eman, SE. Ak dan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly. A. Sompotan bersama jajaran Pemerintah Provinsi...
Nusantara
24 Mar 2016 / dibaca 1158 kali
GORONTALO (BK) : Kabupaten Gorontalo Utara bakal ketambahan ikon wisata baru. PLTS Sumalata akan melengkapi keindahan ekowisata Pulau Saronde...
Nusantara
24 Mar 2016 / dibaca 1431 kali
GORONTALO (BK) : Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sumalata Gorontalo, resmi beroperasi. Pembangkit yang menggunakan energi matahari...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.