Olahraga

Atlet Karate Sulut yang Borong 3 Medali di Kejuaraan Dunia

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 15 October 2019 21:01   279 kali

M0DAYAG (BK): Penampilan femininnya membuat banyak orang tak menyangka bahwa Vaneza Cinta Muaya adalah atlet karate. Bernaung dalam binaan Gojukai, perempuan tangguh ini telah mengukir prestasi gemilang di level internasional. Baru-baru ini, siswa kelas III SMP Negeri 2 Modayag tersebut, berhasil memboyong tiga medali dalam kejuaraan karate internasional di Filipina pada 26 September 2019.


Vaneza, kesehariannya dikenal sebagai perempuan yang santun dan lemah lembut. Bagi yang belum mengenalnya, tak akan menyangka bahwa Vaneza adalah seorang atlet karate.


"Semua aktifitas dilakukan dengan kalem, jadi banyak tidak tahu kalau dia itu atlet karate," ujar ayah Vaneza, Steven Muaya, Senin (14/10).


Steven bilang, ia memahami bakat anaknya sejak masih di sekolah dasar. Steven merupakan mantan atlet karate yang kini aktif sebagai pelatih.


"Mungkin sudah mendarah daging jadi anak ikut bapaknya," bebernya.


Kesibukan sebagai olahragawan, tidak membuat Vaneza lalai dengan tanggung jawabnya sebagai pelajar. Buktinya, gadis kelahiran 20 Oktober 2005 ini selalu masuk ranking 10 besar di kelasnya. Inilah yang membuat orang tua ingin meneruskan pendidikan anaknya ke salah satu SMA favorit di Manado.


Sekretaris KOMDA Gojukai Sulut, Rooije Rumende, mengatakan Sulawesi Utara beruntung memiliki atlet muda seperti Vaneza. Menurut Rumende, di usia muda, Vaneza bisa mengharumkan nama daerah setiap mengikuti kejuaraan.


Di Filipina, Vaneza memboyong emas, perak, dan perunggu masing-masing satu medali.


"Medali ini direbut dari kelas Kata Pemula, Bungkai Kadet dan Beregu Kata Kadet," kata Rumende.


Sebelum berangkat ke Filipina, lanjut Roiije, Vaneza lebih dulu diseleksi lewat Kejurnas Gojukai di Bekasi pada 1-3 Agustus. Dalam penjaringan ini, anak kedua dari empat bersaudara itu memboyong dua emas.


"Nah di Filipina kemarin adalah kejuaraan paling bergengsi. Semua yang tampil adalah atlet perwakilan dunia yang mendapatkan medali emas. Dan lagi-lagi Vaneza bisa tampil gemilang," ujarnya.

(kump/bk-10)

Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 1785 kali
MANADO (BK) : 2 atlet binaragawan Sulawesi Utara (Sulut), Danias Manangkalangi dan Benny Kaunang, berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional...
Olahraga
09 Aug 2019 / dibaca 421 kali
MANADO (BK): SMA Negeri 7 yang berada di bilangan Teling Manado selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet berpretasi dengan reputasi...
Olahraga
02 Aug 2019 / dibaca 229 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam Karate-Do Gojukai Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
Olahraga
30 May 2019 / dibaca 529 kali
JAKARTA (BK) : Posisi Ketua Umum (Ketum) PSSI yang kosong, banyak menuai pro dan kontra. Iwan Budianto yang mengisi kekosongan sebagai...
Olahraga
08 Apr 2019 / dibaca 599 kali
TOMOHON (BK) : Kejuaraan Karate Open Tournament Kajati Sulut Cup 2019, resmi ditutup. Indonesia Karate-Do Minahasa Utara (Inkado Minut) A,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.