Olahraga

Bola Basket Sulawesi Utara Kena Sanksi, 2 Tahun tak Bisa Tanding

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 24 January 2019 10:35   289 kali
Bola Basket
MANADO (BK): Kabar kurang mengenakan harus diterima para pecinta dunia bola basket di Sulawesi Utara. Diinformasikan jika tim Basket Sulawesi Utara mendapatkan sanksi selama 2 tahun tidak bisa tampil dalam kejuaraan apapun.
 
Alhasil, beberapa kejuaraan penting diantaranya Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) juga ikut terkena imbas. Tim Basket Sulawesi Utara tidak bisa ikut ambil bagian dan dipastikan tak akan tampil dalam PON.
 
Informasi yang diperoleh wartawan, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), memberikan sanksi dikarenakan Sulawesi Utara membatalkan keikutsertaan pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pada 10 Januari 2019 lalu.
 
Derita bola basket Sulut juga tak hanya pada pembatasan keikutsertaan dalam kejuaraan, tetapi juga harus membayar denda sebesar Rp10 juta.
 
Penelusuran yang dilakukan wartawan terkait sanski ini, berawal pada penunjukan tim MIS sebagai wakil dari Sulawesi Utara dalam Kejurnas. Tanpa melakukan seleksi seperti halnya prosedur dalam penunjukan tim perwakilan Provinsi, MIS diserahkan penuh untuk membiayai semua hal terkait Kejurnas tersebut.
 
"Tapi ternyata MIS terbentur anggaran. Kan, memang seperti jalan sendiri, jadi kesusahan dan akhirnya tidak mampu dan mundur," kata sumber yang meminta namanya tidak dipublish.
 
Karena tak cukup anggaran ini, MIS kemudian batal menjadi perwakilan Sulut di Kejurnas. Akibatnya, PP Perbasi pun naik pitam. Sanksi berat pun diberikan kepada Sulut.
 
Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbasi Sulut, Harley Mangindaan saat dikonfirmasi mengaku jika pihaknya belum menerima salinan keputusan sanksi tersebut.
 
"Belum ada surat resmi dari pusat," kata Mangindaan.
 
Terkait dengan persoalan batalnya MIS ikut dalam Kejuaraan sebagai pemicu sanksi, Mangindaan tidak menjawab secara gamblang. Namun dirinya membenarkan jika MIS membatalkan keikutsertaan, padahal mereka yang justru menawarkan diri awalnya.
 
"Tiba-tiba nda ikut, alasan dana tidak cukup. Dan tidak konfirmasi ke saya kalau ada kekurangan," tutur Mangindaan.
 
Mangindaan sendiri mengaku jika pihak Perbasi Sulut tengah mencari kebenaran isu yang ada.
 
"Kami Perbasi juga push ke MIS untuk selesaikan sesuai yang mereka mohonkan kepada pengurus Sulut," kata Mangindaan kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
13 Aug 2018 / dibaca 350 kali
MANADO (BK) : Tim Lantamal VIII Manado menjadi yang terbaik dalam Lomba Gerak Jalan 45 Km, memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 yang digeber...
Olahraga
08 Aug 2018 / dibaca 453 kali
MANADO (BK) : AIA Sepakbola untuk Negeri menyambangi Stadion Klabat Manado, Sulawesi Utara. Ajang pencarian talenta bakat sepakbola, menggelar...
Olahraga
06 Aug 2018 / dibaca 399 kali
MANADO (BK): Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Klass IIA Manado berpartisipasi dalam The Largest Poco-Poco-Poco Dance...
Olahraga
26 Jul 2018 / dibaca 576 kali
MANADO (BK): Cabang Olahraga (Cabor) Bola Basket mulai mempertandingkan nomor 3x3 pada perhelatan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Manado, Kamis...
Olahraga
21 Jul 2018 / dibaca 473 kali
MANADO (BK) : Pantai Kawasan Megamas Manado terpilih untuk Pemecahan Rekor Menyelam Massal Wanita dan Bendera Terpanjang Dalam Laut Indonesia....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.