Olahraga

Erine Juara Satu Karate O2SN SD

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 21 September 2018 07:35   1469 kali

YOGYAKARTA (BK): Siswi Kelas VI Sekolah Dasar (SD) GMIST Zoar Bungalawang, Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, Erine Brythania Aurora Potoroli, berhasil merebut juara satu Karate O2SN SD yang dilaksanakan tanggal 11 hingga 22 September 2018, di Yogyakarta.

 

Binaan Forki Kodim 1301/Sangihe, itu meraih juara satu pada Kategori Kumite dan Kata Perorangan. Prestasi yang didapat tidak lepas dari latihan dan tempaan dari orang tua ayah kandung Serda  Ernes Potoroli yang murapakan pelatih dari Dojo Forki Kodim 1301/Sangihe.

 

Sejak masih kanak-kanak hingga pada tahun 2016 dia berhasil meraih juara I 02SN Tingkat Kabupaten. Prestasi terus diukir dengan melewati pertandingan dari tingkat Kabupaten sampai Provinsi sehingga mewakili Provinsi Sulawesi Utara untuk mengikuti Kejuaraan Karate Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat pusat yang diselenggarakan di Yogyakarta.

 

Informasi yang diperoleh, Erine sedang mempersiapkan mengikuti Kejuaraan Dunia Karate Tingkat Sekolah Dasar yang akan dilaksanakan di Belgia tanggal 14 November 2018. Mulai tanggal, 1-13 November 2018 ini ia akan masuk TC Pusat di daerah Mampang Jakarta Pusat.

 

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1301/Sangihe Letkol Inf Saiful Parenrengi MPsi berharap agar pemerintah daerah (Pemda) harus melakukan pembinaan karateka tingkat SD, SMP maupun SMA agar mereka terus mengukir prestasi.  "Prestasi yang membanggakan ini akan terus menjadikan pendidikan Indonesia di dunia internasional semakin diakui, selain itu juga membuktikan bahwa anak-anak Indonesia tidak hanya pintar tetapi juga sehat. Karena dengan tubuh yang sehat akan memudahkan mereka dalam meraih prestasi," kata dia.  

 

Dandim juga menambahkan, karateka cilik ini adalah aset bangsa,  mereka dijaring dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dari tingkat kabupaten hingga provinsi sehingga dia meminta daerah harus terus membina mereka. Dana pembinaan bisa diambil dari APBD, Sebagai bentuk apresiasi, siswa berprestasi bisa diberi uang pembinaan dan uang prestasi selama mengukir juara di berbagai jenjang.  
 

"Jangan dilepas begitu saja, prestasi olahraga kan gengsinya daerah juga. Daerah harus terus membina anak-anak yang berprestasi ini karena mereka bisa mewakili daerah ke PON," tandasnya.

 

Dandim berharap agar Dinas dikpora akan memantau perkembangan para karateka ini, sebab tidak ingin setelah dibina malah tidak diberdayakan daerah, prestasi bidang olahraga dan seni merupakan aset bangsa. Juga prihatin tahun lalu, banyak anak berprestasi tapi tidak disambut daerah. "Oleh karena itu kali ini Kemendikbud akan mengingatkan kembali agar pembinaan di daerah harus berlanjut," tutup Dandim.

Prestasi Erine Brythania Aurora Potoroli :
–  Juara l O2SN Tingkat Kab thn 2016
–  Juara 3 O2SN tingkat Prov 2016
–  Juara 1 O2SN Tingkat Kab 2017
–  Juara 1 Bupati mitra Open 2017
–  Juara 1 O2SN Tingkat Kab 2018
–  Juara 1 O2SN Tingkat Prov 2018
–  Juara 1 O2SN Tingkat Nasional 2018.

 

(fad/bk-1) 

Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
01 Sep 2019 / dibaca 319 kali
MANADO (BK): Tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menjuarai pertandingan tenis lapangan yang diselenggarakan Kodam XIII Merdeka dalam...
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 362 kali
MANADO (BK) : HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, pada tanggal 17 Agustus 2019, turut diperingati oleh Masjid Baitul Ilmi Desa Sea,...
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 1930 kali
MANADO (BK) : 2 atlet binaragawan Sulawesi Utara (Sulut), Danias Manangkalangi dan Benny Kaunang, berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional...
Olahraga
09 Aug 2019 / dibaca 562 kali
MANADO (BK): SMA Negeri 7 yang berada di bilangan Teling Manado selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet berpretasi dengan reputasi...
Olahraga
02 Aug 2019 / dibaca 296 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam Karate-Do Gojukai Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.