Olahraga

ESports Indonesia Pengprov Sulut Resmi Terima AD/ART

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 01 December 2020 15:00   715 kali
MANADO (BK) : Olahraga Elektronik atau eSports semakin berkembang pesat di Sulawesi Utara (Sulut). Cabang olahraga baru ini semakin digandrungi semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.
 
Prestasi pun mulai dicetak terutama para atlet-atlet yang berasal dari provinsi yang berjuluk Nyiur Melambai ini. Guna mewadahi olahraga ini, telah dibentuk Pengurus Besar eSports Indonesia (PB ESI).
 
PB ESI sendiri telah diresmikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 18 Januari 2020 di Jakarta dan menunjuk Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan sebagai Ketua Umum.
 
Selain itu, PB ESI juga telah diterima sebagai anggota KONI sebagai satu-satunya organisasi resmi induk cabang olahraga eSports di Indonesia pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2020 tanggal 27 Agustus 2020.
 
 
 
 
Dengan demikian secara resmi Pemerintah Indonesia menyetujui dan menunjuk PB ESI sebagai satu-satunya badan resmi pemerintahan yang menaungi esports sebagai olahraga prestasi di bawah KONI. Olahraga Elektronik atau eSports ini juga sudah resmi menjadi cabang olahraga prestasi nasional dan bisa dipertandingkan di kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).
 
Di Sulut, Pengurus Provinsi PB ESI telah terbentuk sejak bulan Maret 2020, dimana Rio Dondokambey ditunjuk menjadi Ketua Harian. Untuk lebih intens, Senin 30 November 2020 pengurus yang telah terbentuk secara resmi menerima Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) guna menjadi panduan dalam menjalankan roda organisasi.
 
AD/ART tersebut diserahkan oleh Ketua Umum PB ESI Sulut, Kolonel Laut (P) Adriansyah, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Utara (Kabinda Sulut) di salah satu restoran yang ada di Kota Manado kepada Ketua Harian Rio Dondokambey. Rio pun mengungkapkan rasa syukurnya atas diterimanya AD/ART organisasi dari Pengurus Pusat PB ESI kepada Pengurus Provinsi PB ESI Sulut.
 
“Saya bersyukur AD/ART sudah kami terima, sehingga kami dapat fokus bekerja memajukan olahraga eSports di Sulut," ujar Rio yang juga merupakan Ketua KNPI Sulut.
 
 
 
 
PB ESI Sulut sebelumnya telah aktif melakukan konsolidasi ke Kota dan Kabupaten yang ada di Sulut. Selain itu PB ESI Sulut juga aktif menggelar beberapa turnamen eSports dengan berbagai macam permainan atau game seperti PUBG, Mobile Legend dan Free Fire.
 
“Kedepannya PB ESI akan fokus membina atlet eSports baik game Console, PC maupun Mobile serta ekosistem eSports lainnya di Sulut,” ungkap Rio.
 
Hadir dalam penyerahan AD/ART tersebut Sekretaris PB ESI Sulut Christian Yokung, Wakil Sekretaris Tony Kullit, Wakil Bendahara Jendra Kolompoy, Kabid Organisasi Rifky Roring, Kabid Wasit dan Pelatih Gorga Silalahi, Kabid Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Vian Rondonuwu, dan Kabid Atlet, Prestasi dan IT Ayu Endey.
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
26 Oct 2019 / dibaca 583 kali
SOLO (BK): Lagi, atlet tunadaksa NPCI Sulawesi Utara, Julio Buyung meraih medali perunggu pada lomba lari 200 meter dengan waktu 23:64 menit,...
Olahraga
25 Oct 2019 / dibaca 913 kali
SOLO (BK): Atlet tunanetra NPCI Provinsi Sulawesi Utara, Susan Ungu berhasil meraih medali emas lomba lari 100 meter kelas tunanetra, pada...
Olahraga
25 Oct 2019 / dibaca 750 kali
SOLO (BK): Sebanyak 708 atlet dari 24 provinsi berlaga pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas), National Paralympic Committee (NPC) Indonesia yang...
Olahraga
24 Oct 2019 / dibaca 752 kali
SOLO (BK): National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Sulawesi Utara mengutus delapan atlet berlaga di Kejuaraan Nasional...
Olahraga
15 Oct 2019 / dibaca 969 kali
M0DAYAG (BK): Penampilan femininnya membuat banyak orang tak menyangka bahwa Vaneza Cinta Muaya adalah atlet karate. Bernaung dalam binaan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.