Olahraga

Ingin Sehat, Lakukan Pola Ini

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 14 November 2019 06:44   149 kali

SIAPA yang tidak ingin tetap sehat dan aktif di usia lanjut? Meskipun usia sudah tidak lagi muda, semua orang jelas ingin hidup 'bebas'. Bebas beraktivitas tanpa masalah, bebas dari gangguan kesehatan, dan bebas bahagia di usia lanjut. Mau tahu rahasianya? Simak tips-tips berikut ini!

 

Perubahan Seiring Bertambahnya Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi-fungsi tubuh akan semakin menurun. Hal ini kemudian berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan seperti mudah lelah, osteoporosis dan mudah jatuh, konstipasi, serta berbagai penyakit kronis (seperti diabetes dan penyakit jantung).

 

World Health Organization menyatakan bahwa beberapa gangguan kesehatan yang umum dialami di usia lanjut antara lain gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, nyeri pada leher dan punggung, gangguan dan nyeri sendi, gangguan sistem pernapasan, diabetes, serta demensia.

 

Pentingnya Pola Makan Sehat di Usia Lanjut

Penting dicatat, menjalankan pola makan sehat di usia lanjut akan sangat bermanfaat. Pola makan yang sehat dan seimbang akan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, mencapai dan mempertahankan berat badan dalam kisaran normal, menurunkan risiko terkena berbagai penyakit kronis (seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi), serta membantu agar tetap berenergi saat beraktivitas.
 

Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa pola makan sehat merupakan salah satu pilar utama untuk dapat tetap sehat dan bahagia di usia lanjut.
 

Berikut ini terdapat pola makan sehat seperti yang perlu dijalankan?

Perbanyak Serat

Buah, sayur, dan bijian utuh (seperti oat, gandum utuh, dan beras merah) merupakan sumber serat yang bermanfaat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Variasikan dan kombinasikan berbagai macam buah dan sayur dengan jenis dan warna yang berbeda, seperti sayuran hijau, pepaya, pisang, jeruk, apel, anggur, atau pir.
 

Cukupi Protein

Protein bermanfaat untuk menjaga massa otot yang penting untuk mencegah jatuh. Pilihlah sumber protein yang sehat seperti telur, susu rendah lemak, ikan, atau kacang-kacangan.
 

Penuhi Kebutuhan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D seperti terkandung pada susu, produk olahan susu, sayuran hijau, dan beberapa jenis ikan penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Batasi Asupan Gula, Garam, dan Lemak

Konsumsi gula, garam, dan lemak yang tinggi berkaitan dengan masalah berat badan dan berbagai penyakit kronis. Selain itu, sering mengonsumsi makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak juga dapat mengurangi asupan makanan kaya nutrisi yang penting untuk kesehatan.

 

Lalu, untuk membantu melengkapi kebutuhan harian Anda di usia lanjut, kini tersedia Tropicana Slim GoldenMil Milk yang merupakan susu dengan manuka honey dan mengandung nutrisi lengkap untuk lansia. Tropicana Slim GoldenMil Milk dilengkapi dengan 12 vitamin termasuk vitamin D dan 8 mineral, omega-3, serat, protein, dan glucosamine yang telah diformulasikan khusus sesuai kebutuhan lansia guna melengkapi asupan nutrisi harian.

Rutin Olahraga untuk Selalu Aktif

Usia lanjut bukan halangan untuk tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga. Bahkan, rutin berolahraga di usia lanjut justru dapat memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk membantu pengaturan berat badan, menurunkan risiko penyakit kronis, mempertahankan massa otot, menjaga kesehatan tulang dan sendi, menjaga kebugaran jantung dan sistem pernapasan, serta mengurangi risiko jatuh.

 

Jika Anda baru mulai berolahraga, lakukan secara perlahan dan bertahap. Pastikan juga untuk melakukan pemanasan dan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga. Olahraga apa yang bisa dicoba dan seberapa sering? Lakukan latihan aerobik seperti jalan sehat, jalan cepat, senam aerobik, bersepeda, berenang, atau berdansa minimal 30 menit setiap harinya. Kombinasikan dengan latihan beban 2-3 kali setiap minggu untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan otot yang penting untuk aktivitas sehari-hari.

 

Untuk selalu sehat di usia muda, Anda bisa mengkonsumsi Tropicana Slim GoldenMil Milk dan dapatkan promo menarik hanya di sini

References:

1. Senior Health: Successful Aging.
https://www.medicinenet.com/senior_health/article.htm#what_are_some_common_facts_about_health_in_seniors

2. Ageing and Health. 2018. World Health Organization.

3. Choose Health: Be Active: A physical activity guide for older Australians. 2005. Commonwealth of Australia and the Repatriation Commission.

4. Older Adults. 2018. USDA: Choosemyplate.gov.

5. Healthy Eating After 50. 2017. National Institute on Aging.

6. How Nutrition Can Help Prevent Falls. Iowa Department on Aging.

 

(cnn/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 1782 kali
MANADO (BK) : 2 atlet binaragawan Sulawesi Utara (Sulut), Danias Manangkalangi dan Benny Kaunang, berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional...
Olahraga
09 Aug 2019 / dibaca 418 kali
MANADO (BK): SMA Negeri 7 yang berada di bilangan Teling Manado selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet berpretasi dengan reputasi...
Olahraga
02 Aug 2019 / dibaca 228 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam Karate-Do Gojukai Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
Olahraga
30 May 2019 / dibaca 528 kali
JAKARTA (BK) : Posisi Ketua Umum (Ketum) PSSI yang kosong, banyak menuai pro dan kontra. Iwan Budianto yang mengisi kekosongan sebagai...
Olahraga
08 Apr 2019 / dibaca 597 kali
TOMOHON (BK) : Kejuaraan Karate Open Tournament Kajati Sulut Cup 2019, resmi ditutup. Indonesia Karate-Do Minahasa Utara (Inkado Minut) A,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.