Olahraga

Peringati HUT TNI ke-72, Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Siap Digelar

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 02 October 2017 21:29   585 kali
Konferensi Pers Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi di Sintesa Peninsula Hotel. (foto : acha)
MANADO (BK) : Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi dalam rangka HUT TNI ke-72, akan digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Paniki Manado. Lomba yang akan memperebutkan Piala Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo ini akan digelar, 7 Oktober 2017.
 
 
Ketua Panitia, Kolonel Inf Theo Kawatu mengatakan, dilaksanakannya lomba ini untuk menunjukkan hubungan kemanunggalan TNI dengan rakyat.
 
 
“Ini adalah olahraga tradisional, dan olahraga ini adalah pesta rakyat. TNI tidak ada apa-apanya tanpa rakyat, makanya kita mengambil olahraga yang bersentuhan langsung dengan rakyat,” ujar Kawatu pada Jumpa Pers di Sintesa Peninsula Hotel, Senin (2/10/2017).
 
 
Dia menjelaskan, lomba ini juga untuk memajukan olahraga Sulut. Katanya, Sulut mempunyai banyak atlet pacu kuda (joki) yang hampir tersebar di seluruh Sulut.
 
 
“Dengan sering diadakan kompetisi seperti ini, nantinya akan memunculkan peternak kuda dan joki yang handal di daerah ini,” kata Asisten Teritorial Kodam XIII/Merdeka ini.
 
 
“Ini akan menciptakan kemanunggalan TNI dan rakyat serta mengangkat olahraga di Sulut,” tegasnya lagi.
 
 
Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sulut, Ferry Wowor menampik kegiatan ini dilaksanakan secara tiba-tiba, namun sudah diprogramkan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey sejak dua bulan lalu. “Saya mendapat tugas dari bapak Gubernur untuk merayakan HUT TNI ke-72 dengan lomba ini,” terangnya.
 
 
Maksud dan tujuan lomba ini katanya, terselenggaranya iven dengan rakyat terlibat langsung. Dimana pacuan kuda di Sulut punya unsur budaya yang tidak ada di provinsi lain.
 
 
“Di Jawa dan Sumatra hanyalah pacuan kuda, tapi di sini sejak zaman Belanda disebut pesta rakyat karena melibatkan unsur kesenian dan budaya,” ungkap Wowor.
 
 
Diharapkan, nantinya TNI dapat bersinergi dengan rakyat, juga dapat mengoptimalkan petani rakyat dengan olahraga melalui lomba pacuan tradisional ini. “Kita harapkan akan terjalin kemanunggalan antara TNI dan rakyat, rakyat bersama TNI, TNI bersama rakyat dalam merayakan HUT TNI,” pungkas Wowor.
 
 
Sekedar diketahui, Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi ini akan memperebutkan Piala Panglima TNI, Piala Pangdam XIII/Merdeka, Piala Kapolda Sulut, Piala Danlantamal VIII, Piala Danlanudsri, Piala Gubernur Sulut dan Walikota Manado dan berhadiah ratusan juta rupiah.
 
 
Jumpa Pers ini juga dihadiri Sekretaris Panitia Mayor Inf Hendrik Dareno, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Sulut Ronny Siwi dan Perwakilan Sponsor, Ibu Noni dari Sintesa Peninsula Hotel.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
26 Dec 2017 / dibaca 473 kali
JAKARTA (BK): Sebagai tuan rumah Asian Para Games (APG) 2018, Indonesia bersiap untuk menerima kehadiran sekitar 3.000 atlet  penyandang...
Olahraga
12 Dec 2017 / dibaca 789 kali
MANADO (BK) : 76 kontingen dipastikan berpartisipasi pada Turnamen Pencak Silat untuk memperebutkan Piala Pangdam XIII/Merdeka tahun 2017....
Olahraga
12 Dec 2017 / dibaca 375 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 76 kontingen dari dalam dan luar Sulawesi Utara, ikut berpartisipasi pada Turnamen Pencak Silat untuk memperebutkan...
Olahraga
10 Dec 2017 / dibaca 344 kali
MANADO (BK): Universitas Manado (Unima) dan Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) menandatangani perjanjian terkait...
Olahraga
04 Dec 2017 / dibaca 451 kali
MANADO (BK): Pengurus Besar Jujitsu Indonesia (PBJI) Provinsi Sulawesi Utara masa bakti 2017-2022, resmi dilantik ketua umum PBJI Pusat,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.