Olahraga

Sukses, GPPMP-Minahasa Fune Bike di Tondano

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 25 November 2018 17:17   851 kali

TONDANO (BK): Bupati Minahasa, Royke O. Roring melepas 900 biker (pesepeda) yang berasal dari komunitas sepeda di Minahasa, Manado dan sekitarnya mengikuti ajak bergengsi bertajuk GPPMP – Minahasa ‘Fun Bike’ 2018, di Tondano, Sabtu (24/11/2018).

 

Kegiatan tersebut sebagai sebagai momentum pencanangan “Hari Bersepeda Provinsi Sulawesi Utara” guna menggencarkan gelora “Sulut bersepeda”. Dengan tujuan membangun suasana hidup sehat secara bersama-sama dalam semangat mapalus atau gotong royong, sembari tetap menghayati semangat kepahlawanan para pejuang, juga sambil menjaga lingkungan asri.

 

Bukan hanya pesepeda dari Provinsi Sulawesi Utara yang ikut, akan tetapi komunitas sepeda Surabaya hingga Jakarta, dengan penuh antusias mengikuti gelaran “GPPMP – Minahasa ‘Fun Bike’ 2018”, yang dilepas dari garis start di kompleks Monumen/Lapangan Pahlawan Nasional Dr GSSJ Ratulangi (Oom Sam Ratulangi) di Tondano, ibukota Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Sabtu (24/11/18) pagi.

 

“Saya minta ini dijadikan iven tahunan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, dan terus dikembangkan bersama organisasi mitra sebagai penggagas, DPP Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih 14 Februari 1946 (GPPMP), sehingga bisa semakin banyak melibatkan banyak peserta dari dalam bahkan luar negeri, termasuk para wisatawan dimestik maupun asing,” demikian pidato Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey yang juga Dewan Penasihat (Wanhat) DPP GPPMP sekaligus Ketua Wanhat DPD GPPMP Sulut, yang disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Sulut, Marsel Sendoh (juga Wakil Koordinator Tim Satkersus DPD GPPMP Sulut).

 

Dalam sambutannya yang dikemukakan Bupati Minahasa, Roy O. Roring, pihaknya mengapresiasi pihak penyelenggara dan kagum atas besarnya antusiasme warga dari mana-mana.

 

Selain itu, sambung dia, kegiatan tersebut akan menjadi salah satu promosi bagi daerah-daerah, sehingga motto Sulawesi Utara “energy of indonesia” tidak hanya sekedar tagline tetapi terwujud nyata.

 

Keseruan di ‘iven trilogi’

Ketua Panitia “GPPMP – Minahasa ‘Fun Bike’ 2018”, Fabian Pascoal (Waketum DPP GPPMP) mengatakan, tercatat 700-an peserta resmi terdaftar, tetapi ternyata ada lebih seratusan orang penggemar sepeda dari instansi, komunitas maupun perorangan tiba-tiba juga hadir di tempat start.

 

“Ternyata animo publik sangat besar. Sehingga kami diminta bapak gubernur dan bupati untuk bisa mengemas iven ini lebih baik lagi di tahun mendatang,” katanya didampingi Sekjen DPP GPPMP, Teddy Matheos.

 

Iven itu untuk keduakalinya, sejak yang pertamakali digelar tahun 2017 lalu. “Kali ini dengan rute yang lebih panjang dan melewati sejumlah monumen dan situs bersejarah, beberapa destinasi wisata andalan, seperti Benteng Moraya, Danau Tondano, area pemandian ‘water spring’ (air panas) Paso-Kakas, kawasan pembuatan keramik Remboken, bekas lapangan terbang militer Jepang “Kalawiran” Langowan, gelanggang pacuan kuda Tompaso, Monumen Tokoh Peristiwa Heroik Merah Putih 14 Februari 1946 “Lapian & Taulu”-tugu ‘kota kacang’-Monumen Tokoh IPPHOS “Mendur Umbas”-goa Jepang (semuanya di Kawangkoan, teritori perkebunan cenhkih Kiawa-Sonder-Leilem, pabrim meubel & pedati di Leilem, sumber panas bumi & Danau Linow di Lahendong, hingga finish di Menara “Alfa Omega” di kompleks Cagar Budaya Gereja “Sion” Tomohin,” bebernya.

 

Padatnya panorama alam, monumen dan situs bersejarah, kawasan ekonomi rakyat hingga aneka kuliner yang tersuguhkan di rute ‘fun bike’, menurut Fabian, mendapat kredit positif dari banyak peserta.

 

“Rute ini sekaligus merefleksikan trilogi kepentingan yang bermuara di sebuah tujuan besar bersama, seperti sudah disebutjan oleh Gubernur Sulut, yakni membangun suasana hidup sehat secara bersama-sama dalam semangat mapalus atau gotong royong, sembari tetap menghayati semangat kepahlawanan para pejuang, juga sambil menjaga lingkungan asri. Yang saya maksud dengan trilogi itu, ialah, iven ini sekaligus merupakan ungkapan syukur HUT Minahasa dan Hari Jadi Oom Sam Ratulangi (sama-sama 5 November), serta HUT GPPMP,” ungkap Teddy Matheos bersama Wakil Ketua Dewan Penasihat DPP GPPMP, Irjenpol Dr Ronny F Sompie yang juga Dirjen Imigrasi RI.

 

Karena semangat inilah, Ronny Sompie dan Wakil Ketua Dewan Pembina DPP GPPMP, Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu tak cuma tampil di arena start, tetapi juga bersama Sekjen DPP GPPMP, Teddy Matheos berbaur dengan ratusan peserta.

 

Di antara para penggemar sepeda, ada juga dari kalangan pejabat pemerintahan Kabupaten dan Kota se-Sulut, di antaranya Bupati Sitaro bersama jajarannya, juga mantan Bupati Sitaro, Tony Supit.

 

“Bagus, ini ‘gowes’ sambil nikmati kuliner dan berwisata serta menikmati tempat-tempat bersejarah, sehingga kaum milenial bisa tetap memahami jatidirinya sebagai bangsa pejuang, yang dikaruniakan alam indah, sehingga patut disyukuri dan dirawat,” kata ibu bupati Ny Roring-Lumanauw.  “Tahun depan, kita berdoa, setahun saya sebagai bupati, bersama rakyat Minahasa, kita gelar lebih hebat lagi,” demikian Bupati Roring.

 

(solussinews/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Olahraga
Olahraga
01 Sep 2019 / dibaca 315 kali
MANADO (BK): Tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menjuarai pertandingan tenis lapangan yang diselenggarakan Kodam XIII Merdeka dalam...
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 356 kali
MANADO (BK) : HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, pada tanggal 17 Agustus 2019, turut diperingati oleh Masjid Baitul Ilmi Desa Sea,...
Olahraga
19 Aug 2019 / dibaca 1923 kali
MANADO (BK) : 2 atlet binaragawan Sulawesi Utara (Sulut), Danias Manangkalangi dan Benny Kaunang, berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional...
Olahraga
09 Aug 2019 / dibaca 555 kali
MANADO (BK): SMA Negeri 7 yang berada di bilangan Teling Manado selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet berpretasi dengan reputasi...
Olahraga
02 Aug 2019 / dibaca 295 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam Karate-Do Gojukai Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.