Pariwisata

Awal Tahun 2022, Perekam Bruv dipasang Pertama Kali di Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 01 October 2021 15:09   232 kali
Monitoring penempatan BRUV di Desa Tarabitan oleh YAPEKA, Mudung Family, dan Pemuda Tarabitan (Foto : Efra Wanta)
MINUT (BK) : Desa Tarabitan, Likupang Barat, Minahasa Utara menjadi lokasi pertama di Sulawesi Utara (Sulut) dilakukan penempatan alat BRUV.
 
BRUV atau Baited Remote Underwater video adalah penggunaan video bawah air berumpan yang digunakan dalam penelitian biologi kelautan untuk merekam perilaku spesies, keragaman dan juga kelimpahan ikan atau organisme laut lainnya. 
 
Hal itu pun dibenarkan oleh Koordinator lapangan Sulawesi Utara perkumpulan pemberdayaan masyarakat dan pendidikan konservasi Alam (YAPEKA), Efra Wantah, Jumat (01/10/2021). Ia mengatakan, Bruv merupakan perlengkapan perekaman yang diletakan dalam air laut dengan waktu 72 jam. "Kamera pada BRUV akan merekam perilaku spesies, keragaman dan juga kelimpahan ikan baik pagi hari, siang maupun sore hari," katanya.
 
Hasil dari survei ini adalah direkomendasikan 2 lokasi  di Tarabitan dengan kedalaman 6 sampai 9 meter. "Sebelumnya menempatkan alat kita harus menemukan lokasi yang cocok dengan beberapa kriteria seperti substrat yang terendam sepanjang waktu, dekat dengan lamun, dan kondisinya mudah untuk diawasi," tuturnya.
 
Efra menambahkan penelitian menggunakan teknik BRUV belum begitu banyak dilakukan khususnya di Sulut karena proses merangkai peralatan yang tergolong sulit dan membutuhkan biaya yang besar. Ini Merupakan  teknologi yang tergolong baru yaitu pengamatan kehidupan bawah air dalam waktu yang lama," ujarnya.
 
Sedangkan penempatan BRUV akan direncanakan  pada  awal bulan tahun 2022 untuk beberapa lokasi khususnya di Tarabitan, Bahoi dan Bulutui setelah sebelumnya telah melewati beberapa kali proses pelatihan penggunaan alat ini" Bruv ini merupakan  bantuan dari beberapa Universitas dan lembaga penelitian di Inggris yang berpengalaman dalam penelitian kelautan dan nantinya peralatan ini akan diberikan ke YAPEKA untuk digunakan di desa dampingan," tambah Efra sembari berharap peralatan ini bisa menjadi pembelajaran bersama bagi masyarakat pesisir dan komunitas yang berkonsen pada kegiatan dalam laut.
 
Kedepannya BRUV akan diujicoba untuk beberapa kali, melihat apakah alatnya bekerja dengan baik, dan perlengkapannya bisa digunakan, dan jika itu bisa digunakan akan dicoba didalam waktu yang lama. "BRUV yang akan diujicoba di Sulut sebanyak 3 unit per desa," ucapnya.
 
Ia pun berharap kedepannya dengan adanya teknologi yang baru ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, komunitas hingga pemerintah.
 
"Kedepannya kiranya kita  bisa bersama-sama dengan masyarakat  untuk belajar pengunaan teknologi yang termasuk baru ini, begitu pun komunitas dan harapannya bisa bersinergi dengan pemerintah," katanya.
 
Efra juga menyebut, Kegiatan ini kedepannya akan terus dilakukan dengan bentuk kolaborasi yang didukung langsung oleh masyarakat, hingga lembaga dan komunitas yang tergabung dalam IKI Projects diantaranya,  Dugong MOU, CMS, Federal Ministy For The Enverionment, Nature Conservation and Nuclear Safety, Blue Ventures, United Nations Environment Programme, dan didukung oleh Masyarakat Tarabitan dan  komunitas lokal Sulut Mudung Family.
 
Diketahui kegiatan Survei lokasi di Desa Tarabitan guna penempatan BRUV dilakukan pada hari Rabu (29/09/2021) kemarin.
 
(gama/bk-8)
Komentar ()
Berita Pariwisata
Pariwisata
10 Apr 2019 / dibaca 1197 kali
MANADO (BK) : Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) mengeluarkan Surat Edaran bernomor : SE 195 /BTNB/TU/TEK/04/2019. Edaran tersebut terkait...
Pariwisata
03 Apr 2019 / dibaca 1043 kali
MANADO (BK) : Maskapai Sriwijaya Air meresmikan penerbangan dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado ke Bandara Internasional Wuxu...
Pariwisata
19 Feb 2019 / dibaca 934 kali
MANADO (BK) : Perhelatan Cap Go Meh di Kota Manado, Selasa (19/2/2019), berlangsung sukses. Prosesi yang berlangsung di kawasan Kampung Cina...
Pariwisata
22 Dec 2018 / dibaca 1114 kali
MANADO (BK): Bertempat di Auditorium Pemerintah Kota Manado, 15 Desember 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan Universitas Manado (Unima)...
Pariwisata
11 Dec 2018 / dibaca 1090 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kepulauaan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME memaparkan potensi pariwisata di hadapan pejabat Deputi Bidang Pengembangan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.