Pariwisata

DPRD Purbalingga Belajar Pengelolaan Destinasi Wisata Alam di Bunaken

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 24 April 2018 22:39   247 kali
MANADO (BK) : Taman Laut Bunaken ternyata masih menjadi daya tarik daerah lain dalam pengelolaan destinasi wisata alam. Buktinya, DPRD Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menjadikan destinasi wisata bawah air ini sebagai lokasi studi banding.
 
 
Sebanyak  22 legislator dari Komisi II dan IV bersama 2 orang pendamping dan 7 PNS Sekretariat DPRD Kabupaten Purbalingga, bertandang ke Taman Nasional Bunaken, Selasa (24/4/2018).
 
 
Wakil Ketua DPRD Purbalingga, Adiyuwono yang juga ikut dalam studi banding itu menyampaikan, kedatangan mereka untuk belajar pengelolaan industri pariwisata di Purbalingga agar dapat dioptimalkan. Pengelolaan Taman Laut Bunaken dinilainya berhasil dalam pengelolaan itu.
 
 
“Majunya industri pariwisata suatu daerah tergantung pada jumlah wisatawan yang datang. Taman Laut Bunaken telah membuktikan dengan jumlah wisatawan yang terus meningkat. Kami ingin industri pariwisata di Kabupaten Purbalingga juga bisa berkembang baik seperti pengelolaan Taman Laut Bunaken,” jelas Adiyuwono.
 
 
Dikatakannya, saat ini di Kabupaten Purbalingga terdapat 28 perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang bergerak di berbagai industri dengan bahan baku rambut palsu. Adanya industri itu mampu menyerap 60.000 tenaga kerja dari 957.017 jiwa penduduknya.
 
 
Sedangkan untuk potensi wisata alam, Kabupaten Purbalingga memiliki Gunung Slamet, Goa Lawa, Agrowisata Serang, Gunung Lompong, Wisata Air Congot, dan Wisata Budaya Monumen Tempat Lahir Sudirman.
 
 
“Daerah kami juga punya Monumen Usman Janatin, Wisata buatan Sanggaluri Park, Kolam Renang Tirta Asri dan sebagainya,” tambah Adiyuwono.
 
 
 
 
Kepala Taman Nasional Bunaken, Farianna Prabandari ketika menanggapi penyampaian Wakil Ketua DPRD Purbalingga, mengatakan pengelolaan Bunaken sebagai kawasan konservasi dengan pilar utamanya adalah perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan. Sedangkan Taman Nasional Bunaken sebagai pilar pemanfaatan dengan melalui promosi yang selama ini dilakukan oleh banyak pihak, baik dari Kementerian LHK dengan slogan Ayo Ke Taman Nasional.
 
 
“Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga mempromosikannya melalui program Visit North Sulawesi. Dan ini semua didukung para dive center serta usaha jasa wisata lainnnya,” terang Farianna.
 
 
Adapun untuk tetap menjaga kelestarian kawasan, Taman Nasional Bunaken lebih mengutamakan wisatawan yang berkualitas. Ini juga bagian dari upaya mendukung program Pemerintah Daerah dalam mengembangkan wisata dengan kualitas lingkungan yang juga harus terjaga, sehingga wisatawan terkesan dan akan kembali lagi di waktu mendatang.
 
 
“Wisatawan ke Bunaken harus benar-benar yang memiliki minat khusus, dan bersedia memelihara alam. Kita harus memperhatikan daya dukung dan daya tampung kawasan,” tutur Farianna.
 
 
Pada tatap muka dengan para anggota DPRD Purbalingga, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Taman Nasional Bunaken, Nikolas Loli melakukan presentasi mengenai bagaimana pengelolaan kawasan wisata Bunaken yang saling menguntungkan pemerintah dan masyarakat.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Pariwisata
Pariwisata
03 May 2017 / dibaca 520 kali
TOMOHON (BK): Kota Tomohon menjadi utusan Negara Indonesia dalam pembentukan Council of Asia Flower Exhibition (CAFE) di Goyang City Korea...
Pariwisata
13 Apr 2017 / dibaca 764 kali
TOMOHON (BK):   Pemerintah Kota Tomohon melalui Asisten Perekonomian, Ronny Lumowa, S. Sos, M. Si mengatakan, pelaksanaan Tomohon...
Pariwisata
24 Mar 2017 / dibaca 645 kali
DEN HAAG(BK): Rombongan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menghadiri acara pariwisata bertajuk Sulut Expo yang dilaksanakan pada Kantor...
Pariwisata
09 Mar 2017 / dibaca 601 kali
BANDUNG (BK): Rombongan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon di bawah kepemimpinan Wali Kota Jimmy F. Eman, SE. Ak melakukan kunjungan kerja...
Pariwisata
09 Mar 2017 / dibaca 597 kali
JAKARTA (BK): Rombongan Pemerintah Kota Tomohon di bawah pimpinan Wali Kota Jimmy F. Eman, SE. Ak melakukan pertemuan dengan Kementerian...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.