Pariwisata

Eksotika Taman Laut Bunaken Pukau Pengunjung di Samarinda

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 07 April 2018 23:14   470 kali
(foto : istimewa)
SAMARINDA (BK) : Taman Nasional (TN) Bunaken dengan Eksotika underwater (bawah laut), mewakili Provinsi Sulawesi Utara pada Indogreen Environment and Forestry Expo ke-10 di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, 5 – 8 April 2018. Pameran ini mengangkat tema ‘Kontribusi Ekonomi Sektor Kehutanan Dalam Mendukung Pembangunan Nasional’.
 
 
Stan TN Bunaken menjadi daya tarik dan selalu dibanjiri pengunjung, sejak pameran pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan terbesar di Indonesia yang digelar di Samarinda Convention Hall – GOR Sempaja ini, dibuka Kamis (5/4/2018).
 
 
TN Bunaken sebagai kawasan konservasi yang menangani perairan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Berada pada gerbang bibir pasifik, membuatTN Bunaken memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut dengan berbagai spesies dan biota.
 
 
TN Bunaken memiliki terumbu karang luas 11.709,88 ha dengan 69 genera dan 390 spesies. Terdapat mangrove seluas 2.434,96 ha dengan 28 spesies dan padang lamun dengan luas 5.108,768 ha dari 9 spesies. Juga lebih dari 2.000 spesies ikan karang, 200 spesies moluska, reptilia penyu dan berbagai mamalia laut seperti duyung dan lumba-lumba.
 
 
Taman Nasional Bunaken menampilkan eksotikan underwater, dimana pengunjung akan dibawa ke fantasi bawah air yang ada di gerbang pasifik. Pengunjung dapat mengekspresikan diri dengan berfoto pada  background visitor yang tersedia.
 
 
Selain itu pengunjung juga akan mendapatkan informasi pengelolaan kawasan Taman Nasional dan akses wisata ke Bunaken. Berbagai produk-produk kreatif ekonomi masyarakat dari kelompok Cahaya Trans dan Cahaya Tatapaan pendampingan Balai Taman Nasional Bunaken seperti keripik pisang, sirup buah pala, stik ikan tuna, abon ikan cakalang, dan ikan asin kemasan, ikut ditampilkan.
 
 
Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Bunaken, Nikolas Loli dalam rilis yang diterima beritakawanua.com mengatakan, konsep yang diusung pada pameran ini adalah mensosialisasikan program pemerintah di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.
 
 
“Nantinya ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam dunia usaha pelestarian lingkungan, serta pola kemitraan dan mengajak berkunjung ke Taman Nasional Bunaken dalam program Ayo ke Taman Nasional, Mari Jo ka Manado dan Visit North Sulawesi,” ujar Nikolas.
 
 
Dia mengatakan, TN Bunaken juga menampilkan Putra dan Putri Dirgantara pada stand Taman Nasional Bunaken, sebagai bagian dari promosi wisata alam pada pintu utama yaitu bandara Sam Ratulangi di Manado khususnya dan Sulawesi Utara umumnya.
 
 
“Kami juga menyertakan seni musik tradisional Minahasa pada pameran kali ini,” tambah Niko, sapaan akrabnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Pariwisata
Pariwisata
21 May 2017 / dibaca 781 kali
JAKARTA (BK): Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggandeng Kementerian Pariwisata melaksanakan perkenalan (launching) Tomohon Internasional...
Pariwisata
19 May 2017 / dibaca 620 kali
JAKARTA (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE menghadiri Forum Kerjasama Pemerintah Indonesia, Tiongkok dan...
Pariwisata
08 May 2017 / dibaca 691 kali
GOYANG (BK): Pemerintah Kota Tomohon mewakili Indonesia dalam pembentukan Council of Asian Flower Exhibition (CAFE) di Goyang City, Seoul,...
Pariwisata
03 May 2017 / dibaca 628 kali
TOMOHON (BK): Kota Tomohon menjadi utusan Negara Indonesia dalam pembentukan Council of Asia Flower Exhibition (CAFE) di Goyang City Korea...
Pariwisata
13 Apr 2017 / dibaca 1030 kali
TOMOHON (BK):   Pemerintah Kota Tomohon melalui Asisten Perekonomian, Ronny Lumowa, S. Sos, M. Si mengatakan, pelaksanaan Tomohon...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.