Pemerintahan

Gubernur Sulut Kumpulkan Kepala Daerah dan Tokoh Agama, Bahas Antisipasi Lonjakan Covid-19

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 24 June 2021 22:31   569 kali
Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw. (foto: istimewa)
MANADO (BK) : Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) rencananya akan mengumpulkan seluruh kepala daerah dan tokoh-tokoh agama, Senin pekan depan. Hal ini merujuk pada angka positif Covid-19 yang menunjukkan peningkatan belakangan ini.
 
“Petunjuk gubernur (Olly Dondokambey), kemungkinan Senin pekan depan pertemuan itu,” ujar Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw kepada sejumlah wartawan di lobi utama Kantor Gubernur, Kamis (24/6/2021).
 
Kata Wagub, sesuai arahan gubernur, di mindset pertamanya adalah bagaimana mengantisipasi lonjakan Covid-19 yang terus mengalami peningkatan. Dan ini harus diantisipasi semua stakeholder, termasuk tokoh-tokoh agama karena berhubungan dengan bentuk ibadah.
 
Menurutnya ada pertimbangan bentuk ibadah seperti apa nantinya, mengingat peribadatan adalah berkumpulnya orang yang rentan dengan penyebaran Covid-19. “Beribadah itukan wajib, tapi boleh juga kan beribadah di rumah, dan itu nanti dibahas Senin pekan depan,” tandas Kandouw.
 
Saat ini, tambahnya, pendekatannya lebih holistik lagi soal masalah covid ini dan sudah tidak bisa parsial-parsial lagi. Meskipun demikian, kondisi di masyarakat juga itu mutlak harus parallel.
 
“Kalau kita mau total lock down head to head, harus benang merahnya dengan kesejahteraan,” katanya.
 
Menurut Wagub, gubernur bahkan harus melakukan peninjauan langsung untuk memonitor pelaksanaan vaksinasi di berbagai daerah. Bahkan hari ini, gubernur sampai melakukan peninjauan ke pulau-pulau terluar yang berbatasan dengan negara tetangga Filipina.
 
“Inilah pendekatan holistik, tidak dibeda-bedakan, antara di kota dan di desa. Maunya pak Gubernur semuanya harus berjalan optimal dalam pelaksanaan vaksinasi ini, dan kepala daerah diperintahkan untuk lebih gencar lagi,” terang Kandouw.
 
Pemprov Sulut lanjutnya, juga sudah berupaya untuk mencapai heard imunity, dan sampai sejauh ini dari jumlah vaksin yang diberikan oleh pemerintah pusat dan untuk hasil vaksinasi yang telah dilakukan terbilang bagus. Meski begitu, kalau dilihat dari jumlah penduduk masih tetap dilihat masih kurang.
 
“Agar supaya kita bisa minta penambahan vaksin, maka kita harus dapat menunjukkan pada pemerintah pusat bahwa dalam proses vaksinasi kita di Sulut, itu dilakukan dengan cepat,” pungkas Kandouw.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Pemerintahan
Pemerintahan
25 Jul 2021 / dibaca 3792 kali
MANADO (BK) : Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto menyebut 45 kabupaten/kota dari 21...
Pemerintahan
23 Jul 2021 / dibaca 161 kali
TAHUNA (BK) : Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana meninjau langsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di...
Pemerintahan
23 Jul 2021 / dibaca 405 kali
MANADO (BK)  :  H Amir Liputo SH, Legislator DPRD Sulut mendukung kebijakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam memperpanjang PPKM...
Pemerintahan
18 Jul 2021 / dibaca 363 kali
Tangkapan layar surat edaran Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengenai perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)...
Pemerintahan
15 Jul 2021 / dibaca 256 kali
MANADO (BK) :  Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Utara kembali ditutup sementara. Penutupan berlangsung sejak rabu...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.