Pemerintahan

Ini Klarifikasi Kemenag Sulut Terkait Calon PPNPN Lulus Tanpa Tes

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 13 January 2022 08:56   1052 kali
MANADO (BK) : Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membantah adanya calon Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yang lulus tanpa mengikuti tes. Ini diungkapkan Kakanwil Kemenag Sulut Hi Anwar Abubakar S.Ag, M.PD saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (19/1/2022).
 
“Berdasarkan laporan dari tim yang kita bentuk, ini semuanya tidak benar informasi itu,” ujar Kakanwil.
 
 
Kakanwil yang didampingi Ketua Panitia tes PPNPN, Hartono Bawenti menjelaskan kewenangan untuk pengangkatan, pemindahan maupun pemberhentian pegawai ada pada dirinya sebagai pejabat Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang juga sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).
 
Ia mengatakan mekanisme terkait rekrutmen PPNPN itu sendiri sebetulnya belum ada regulasi yang mengatur secara khusus. Tapi untuk kebutuhan kantor (instansi) di tahun anggaran 2022, ia memang menugaskan tim untuk melakukan rekrutmen, walaupun belum ada juknis tetap yang mengatur.
 
“Tapi berdasarkan laporan tim yang melakukan fit and proper test, semuanya sudah berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP),” kata Kakanwil.
 
Sementara Hartono Bawenti yang diberikan kesempatan untuk mengklarifikasi informasi seperti peserta yang datang telat 10 menit akan didiskualifikasi, membantahnya. Ia berkelit tidak ada peserta yang datang terlambat, tapi urutan nomor tes yang diganti.
 
“Kami ada datanya juga bahwa Bambang Katili sopirnya Kakanwil, saat urutan nomornya dipanggil diganti dengan orang lain,” jelasnya.
 
“Itu, saya tidak menyampaikan itu. Saya yang bicara saat itu. Tapi kalau mereka ada rekamannya, tidak apa-apa diputar lagi,” tukasnya.
 
Dia bahkan mengatakan telah menerima ancaman akan dipolisikan jika ada peserta yang tidak lulus sebelum tes dilakukan. “Dan itu sudah saya sampaikan pada saat pembukaan tes,” ujarnya.
 
Mengenai ponakan Kakanwil yang tidak datang tapi dinyatakan lulus, Hartono mengatakan panitia sudah mengantisipasi semuanya, termasuk satu peserta yang memang sedang ikut dengan Kakanwil berangkat ke luar kota. “Dan kami sudah sepakat untuk melakukan tes melalui video call,” ungkapnya.
 
Begitu juga dengan batas kualifikasi pendidikan calon PPNPN disebutkan untuk SMA/SMK sederajat, tapi satu peserta berpendidikan SMP dinyatakan lulus tes, dikarenakan Kanwil Kemenag Sulut ternyata masih membutuhkan seorang security (satpam). “Dan peserta itu dianggap layak karena telah mengantongi sertifikat pelatihan sebagai security dari Polda Sulut,” tandas Bawenti.
 
Kakanwil kemudian menambahkan bahwa dalam proses rekrutmen PPNPN ini memang belum ada mekanisme yang tetap dan regulasi yang mengatur terkait rekrutmennya. Untuk itu mungkin bisa terjadi beberapa kekurangan.
 
“Ini tentu akan menjadi masukan sebagai bahan evaluasi untuk kita disini (Kanwil Kemenag). Tapi yang paling penting diapresiasi dulu lah ini langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan tetap mempertimbangkan integritas dan profesionalitas,” kata Kakanwil.
 
Sedangkan terkait laporan di Polresta Manado, Kakanwil mengatakan memang menjadi hak setiap orang untuk melakukan upaya-upaya termasuk melakukan langkah. “Tapi sebenarnya ini ranah PTUN karena ini berkaitan dengan administrasi,” tandasnya.
 
Peliput/Editor: Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Pemerintahan
Pemerintahan
21 Aug 2021 / dibaca 535 kali
MINUT (BK) : Pimpinan beserta anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara Melaksanakan Kunjungan kerja (KunKer) di...
Pemerintahan
19 Aug 2021 / dibaca 615 kali
MANADO (BK)  :  Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Fakultas Seni...
Pemerintahan
18 Aug 2021 / dibaca 386 kali
MANADO (BK)  :   Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun dengan mengusung tema Indonesia tangguh dan...
Pemerintahan
17 Aug 2021 / dibaca 567 kali
MANADO (BK)  :  Gubernur Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara Kenaikan Bendera dalam rangka Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan...
Pemerintahan
14 Aug 2021 / dibaca 1163 kali
MANADO (BK) :  Menindaklanjuti banyaknya keluhan masyarakat yang menyoroti pelayanan Rumah Sakit di Sulawesi Utara (Sulut) dan sempat...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.