Pemerintahan

Jerry Sambuaga, IKM/UMKM Sulut Go Internasional

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 04 October 2020 19:01   158 kali

 

 

 

MANADO (BK) : Wakil Mentri Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga menghadiri acara Kick Off Duta IKM/UMKM Go Export", di God Bless Park, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (03/10/2020).

 

 

Kegiatan yang digelar mengikuti protab kesehatan tersebut, Wamendag mengatakan Indonesia masih punya kesempatan untuk ekspor produk-produk ke luar negeri.

 

 

"Ini merupakan aksi atau wujud konkrit dari yang sudah kita laksanakan di webinar pada bulan juni yang lalu, Pak Walikota hadir waktu itu, dan kami banyak bicara soal produk, hasil dan menyangkut ekspor, untuk kita lakukan di Kota Manado nanti karna itu saya berharap dengan hadirnya IKM dan UMKM di kawasan ini, pertanda baik bagi perekonomian kota Manado bahkan Sulawesi Utara, sudah saatnya kita bicara soal eksport dan ekspansi ke luar negeri, dan karna itu mari kita gunakan kesempatan ini untuk go Internasional, kita ekspor produk kita ke manca negara," ungkap Jerry dalam sambutannya.

 

 

Lanjut Wamendag, neraca perdagangan Indonesia saat ini surplus, 11,05 Milyar US dollar. "Neraca perdagangan Indonesia masih baik, ini harus kita pertahankan, situsi ini dan kalau perlu kita tingkatkan," tandas putra daerah ini.

 

 

 

Di tengah situasi pandemi , Manado bahkan Sulut bisa bertahan dan keluar dari krisis pandemi Covid-19. "Situasi yang demikian saya lihat di Kota Manado, warga masih tetap beraktivitas meski ada wabah pandemi, sistem protokol kesehatan sangat baik, ketika berkunjung di pasar kemarin, juga dijalan dan tempat-tempat umum, banyak orang yang menjaga protap kesehatan dengan begitu baik," jelas Sambuaga.

 

 

Di tempat yang sama Walikota GSVL memberi apresiasi atas kehadiran Wamendag yang datang langsung di Kota Manado. "Saya katakan, warga Manado punya itikad baik, untuk bisa beraktivitas meski di tengah pandemi Covid 19, seraya juga berharap Kegiatan UMKM dapat terus di tingkatkan para pelaku usaha di daerah kota Manado ini, dengan kegiatan di kawasan ini pelaku bisnis bisa bangkit dan hasil-hasilnya bisa go Internasional," ucap Lumentut.

 

 

Mewakili Gubernur Sulut Kadis Koperasi dan UMKM, Ir,Ronald Sorongan,Msi memberi apresiasi untuk kegiatan UMKM, di kawasan God bless park ini. 

 

 

 

"Kiprah UMKM di Sulut dinilai baik, dan kegiatan ini hasilnya berdampak pada perekonomian Sulut ke depan, yang lebih aman dan sejaterah dan akan di rasakan warga di Sulut, karna itu kegiatan UMKM ini perlu mendapat dukungan dari berbagai aspek, guna pertumbuhan ekspor dan ekonomi yang lebih baik." Cetusnya.

 

 

Yang cukup menarik di penghujung acara ini, digelar pula kegiatan tambahan berupa demo memasak abon cakalang dan juga kue basah khas Manado, seperti cucur dan panada yang dilakukan para pelaku IKM/UMKM. Wamendag Jerry pun diajak melakukan aksi demo masak serupa, dan disambut tepuk tagan meriah oleh para peserta dan tamu undangan.

 

 

 

Perlu di ketahui juga, dalam laporan dinas koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Utara tercatat, pada 2020 dari sekitar 190.270 orang, tercipta sebanyak 1.200 wirausaha baru. Sementara, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Manado juga tercatat memiliki 150 wirausahawan binaan. Para wirausahawa binaan ini pernah mengikuti beberapa pameran seperti di Jakarta dan Semarang

untuk mempromosikan berbagai hasil produk IKM/UMKM Kota Manado.

 

 

turut hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Manado, Vicky Lumentut; Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoly; Dandim 1309 Manado Kolonel Inf Y R Raja Sulung Purba; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Utara, Ronald Sorongan; Wakil Ketua Umum Kadin Provinsi Sulawesi Utara, Ivanry Matu; dan Kepala BPOM Provinsi Sulawesi Utara, Sandra MP Linthin.

 

(Stev/Bk-8)

Komentar ()
Berita Pemerintahan
Pemerintahan
07 Jan 2019 / dibaca 709 kali
MANADO (BK) : Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, secara resmi menyerahkan 1.112 sertifikat bagi masyarakat Kelurahan Buha dan Bengkol,...
Pemerintahan
14 Nov 2018 / dibaca 894 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menjadi salah satu bupati yang menyampaikan langsung penyerapan anggaran...
Pemerintahan
26 Jul 2018 / dibaca 966 kali
BANDUNG (BK): 30 personil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di...
Pemerintahan
09 Jul 2018 / dibaca 1169 kali
JAKARTA (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE menghadiri  Apkasi Otonomi Expo tahun 2018, di Indonesia...
Pemerintahan
19 Apr 2018 / dibaca 1121 kali
MANADO (BK): Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2018 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali ditorehkan Pemerintah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.