Pemerintahan

Menakar Potensi Lonjakan Gelombang Ketiga COVID-19 di Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 23 November 2021 13:04   637 kali
Direktur Eksekutif Lembaga Studi Sosial dan Politik Tumbelaka Academic Centre, Taufik Tumbelaka. (foto: istimewa)

MANADO (BK) : Muncul prediksi akan terjadi lonjakan gelombang ketiga COVID-19 di seluruh dunia, sekitar 3 bulan lalu. Prediksi itu nampaknya seperti berpotensi menjadi kenyataan.

 

Dari diskusi terbatas Lembaga Studi Sosial dan Politik Tumbelaka Academic Centre (TAC), prediksi ini tidak terlepas dari fenomena sekitar 102 -103 tahun lalu, dimana Flu Spanyol melanda seluruh dunia melalui tiga kali lonjakan.

 

"Fenomena lonjakan ketiga COVID-19 mulai terlihat di beberapa negara Eropa Barat seperti Jerman, Belanda dan lainnya," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Studi Sosial dan Politik Tumbelaka Academic Centre, Taufik Tumbelaka di Manado, Senin (22/11/2021).

 

Tapi bagaimana pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menghadapi fenomena lonjakan ketiga COVID-19 ini?

 

Taufik mengatakan ada beberapa langkah proaktif dan antisipasi yang bisa dilakukan pemerintah dalam upaya tersebut. Ia menyebut tujuh langkah yang bisa dipertimbangkan.

 

"Pertama dengan memperkuat komunikasi dan koordinasi antar Pemerintah Daerah di Sulut dan instansi/institusi terkait," katanya.

 

Kemudian lanjutnya, harus ada penguatan sosialisasi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan melibatkan semua unsur masyarakat. "Dan yang terutama adalah menjadikan ASN dan Aparatur Negara lainnya sebagai motor dari Gerakan Prokes itu sendiri," katanya.

 

Putra mantan Gubernur Sulut pertama, Frits Johannes Tumbelaka ini kemudian menyebut langkah ketiga yang harus dilakukan adalah penguatan disiplin prokes.

 

"Ini dikarenakan ada potensi perilaku abai prokes dikarenakan terlena melandainya transmisi penyebaran COVID-19," terang Taufik.

 

Pada poin empat, dia menyebut pemerintah harus mempercepat dan memperkuat langkah-langkah terkait vaksinasi COVID-19. "Tapi jangan lupa dengan gerakan maskernisasi karena dengan tetap menggunakan adalah salaj satu cara pencegahan efektif dari penularan virus corona," tandasnya.

 

Kemudian langkah kelima adalah memperkuat sosialisasi prokes, termasuk pemasangan rambu-rambu terkait prokes seperti stiker jaga jarak tempat duduk, peringatan pemakaian masker dan lainnya.

 

Untuk langkah keenam, Taufik mengatakan Pemerintah Daerah di Sulawesi Utara diharapkan memperkuat koordinasi dan komunikasi dengan pimpinan dan manajemen Rumah Sakit yang berada di Sulut sebagai bagian upaya persiapan jika terjadi lonjakan ketiga COVID-19 di Sulawesi Utara.

 

"Langkah ketujuh adalah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mempersiapkan skenario langkah proaktif dan antisipatif jika terjadi lonjakan COVID-19 diluar Sulut, dengan komunikasi dan koordinasi dengan beberapa Pemerintah Provinsi tetangga seperti Gorontalo dan Maluku Utara," terangnya lagi.

 

"Bahkan jika diperlukan, mempersiapkan langkah strategis dan taktis dengan memperketat semua pintu masuk ke Sulawesi Utara dengan menutup pintu masuk guna mencegah dan mengurangi potensi transmisi penyebaran COVID-19 yang bermuara kepada lonjakan ketiga," pungkas Taufik.

 

Editor: Asrar Yusuf

Komentar ()
Berita Pemerintahan
Pemerintahan
25 Aug 2021 / dibaca 1016 kali
MANADO (BK) : Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dinilai pilih...
Pemerintahan
21 Aug 2021 / dibaca 681 kali
MINUT (BK) : Pimpinan beserta anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara Melaksanakan Kunjungan kerja (KunKer) di...
Pemerintahan
19 Aug 2021 / dibaca 744 kali
MANADO (BK)  :  Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Fakultas Seni...
Pemerintahan
18 Aug 2021 / dibaca 500 kali
MANADO (BK)  :   Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun dengan mengusung tema Indonesia tangguh dan...
Pemerintahan
17 Aug 2021 / dibaca 797 kali
MANADO (BK)  :  Gubernur Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara Kenaikan Bendera dalam rangka Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.