Pemerintahan

Wamendag Jerry Sambuaga Kunjungi Pasar Bersehati Dalam Rangka Digitalisasi Pasar Tradisional

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 04 October 2020 19:19   178 kali

 

 

 

MANADO (BK) : Wakil Mentri Perdagangan RI Dr.Jerry Sambuaga menghadiri peluncuran Digitalisasi Pasar Tradisional yang di selenggarakan oleh OVO bersama Kementerian Perdagangan RI, di Pasar Bersehati, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (02/10/2020).

 

 

Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan, melalui digitalisasi, pasar bisa menjadi potensi penambah pendapatan pedagang karena mereka bisa menjajakan dagangan secara daring, tanpa batas, dan dapat di akses masyarakat luas.

 

 

“Sementara, dari sisi pembeli tidak harus pergi ke pasar secara rutin untuk membeli kebutuhan sehari-hari karena bisa membeli lewat gawai mereka,” kata Jerry.

 

 

 

Lanjut Jerry, Digitalisasi menjadi salah satu inovasi dan prioritas Kemendag agar sektor perdagangan tetap bergairah. Konsep besar digitalisasi pasar ini juga sesuai dengan pola-pola perdagangan baru sebagai dampak pandemi Covid-19. Di antaranya, terjadi peningkatan perdagangan daring, penggunaan kurir daring, peningkatan penggunaan cara pembayaran nontunai, dan penurunan mobilitas dan aktivitas sosial di ruang publik. 

 

 

Untuk itu, keberlangsungan ekonomi, bisnis, produksi, distribusi, logistik, dan promosi tak lepas dari dukungan inovasi dan peran teknologi. “Kemendag akan menjadi pihak terdepan yang mewujudkan hal itu sehingga pasar semakin berfungsi sebagai penyokong perekonomian negara,” tegasnya.

 

 

Kemendag mendukung dan mengapresiasi langkah yang dilakukan OVO untuk mendigitalisasi pasar rakyat. “Dengan digitalisasi ini tentunya akan membangkitkan ekonomi kerakyatan. Untuk itu, diharapkan digitalisasi ini tidak berhenti di Pasar Bersehati saja, tapi bisa diterapkan di seluruh pasar di Indonesia," harapnya.

 

 

 

Wamendag juga menjelaskan, pasar rakyat merupakan unsur vital bagi perdagangan dan merupakan bagian aktivitas sehari-hari masyarakat. Untuk itu, pola-pola konvensional yang dilakukan di pasar sebelum pandemi harus segera disesuaikan dengan pola-pola kehidupan adaptasi kebiasaan baru.

 

 

Dalam kesempatan tersebut Karaniya Dharmasaputra yang juga selaku Presiden Direktur OVO, berkomitmen mendukung upaya Pemerintah, khususnya Kemendag, melalui inisiatif digitalisasi pasar rakyat. Melalui implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), pelaku UMKM, khususnya pedagang di pasar rakyat dapat melakukan transaksi minim kontak secara aman, nyaman dan praktis.

 

 

Menurut dia, pasar rakyat sebagai salah satu pusat pergerakan ekonomi masyarakat, diharapkan terus menjalankan kegiatan dengan menjalankan protokol kesehatan secara patuh, termasuk dalam melakukan transaksi.

 

 

"Hal ini yang mendorong OVO bersama Kemendag, melakukan digitalisasi di Pasar Bersehati, Manado, Sulawesi Utara sekaligus mengajak pengguna dan pedagang pasar lebih akrab dengan transaksi nirsentuh melalui QRIS," ungkap Karaniya.

 

 

 

Kedepanya OVO juga akan terus melakukan sosialisasi sekaligus mengedukasi para pedagang dalam mengoperasikan dan mengakses sistem pembayaran digital.

 

 

Di ketahui, OVO merupakan platform pembayaran digital, dan layanan finansial terdepan di Indonesia. Kini, OVO telah hadir di 115 juta perangkat dan bisa digunakan untuk mengakses pembayaran, transfer, isi ulang saldo (top up). OVO diterima di lebih dari 373 kota di Indonesia dan berkomitmen untuk membangun perusahaan pembayaran dan teknologi finansial terbesar di Indonesia.

 

 

Turut hadir dalam acara ini Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara, Arbonas Hutabarat, Kadis Perdagangan Sulut Edwin Kindangen, Kadis Perindag Manado Hendrik Warokka, Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoly, Dandim 1309 Kolonel Yohanes Reymond Raja Sulung Purba Dirut PD Pasar Manado Stenly Suwuh.

 

(Stev/Bk-8)

 

Komentar ()
Berita Pemerintahan
Pemerintahan
07 Jan 2019 / dibaca 713 kali
MANADO (BK) : Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, secara resmi menyerahkan 1.112 sertifikat bagi masyarakat Kelurahan Buha dan Bengkol,...
Pemerintahan
14 Nov 2018 / dibaca 894 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menjadi salah satu bupati yang menyampaikan langsung penyerapan anggaran...
Pemerintahan
26 Jul 2018 / dibaca 966 kali
BANDUNG (BK): 30 personil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di...
Pemerintahan
09 Jul 2018 / dibaca 1169 kali
JAKARTA (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE menghadiri  Apkasi Otonomi Expo tahun 2018, di Indonesia...
Pemerintahan
19 Apr 2018 / dibaca 1121 kali
MANADO (BK): Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2018 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali ditorehkan Pemerintah...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.