Pendidikan

DPR RI Percayakan UNIMA Gelar Simulasi Parlemen Dan Seminar Nasional Menyangkut Pemilu 2019

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 23 February 2019 18:41   596 kali
TONDANO (BK): Sebanyak 500 mahasiswa dari berbagai perwakilan universitas di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan mengikuti seminar nasional (Semnas) Pemilu serentak 2019 (Parlemen Kampus 2019) bertajuk "Dinamika, Tantangan dan Harapan" sekaligus Pelatihan Simulasi Sidang DPR RI, kegiatan ini diselenggarakan DPR RI bekerja sama dengan Universitas Negeri Manado (Unima). Kegiatan akan diselenggarakan di Kantor DPRD Sulut, Rabu-Kamis
(27-28) pukul 09.00 Wita.
 
"Target peserta 500 orang perwakilan dari kampus- kampus se-Sulut," ungkap Ketua Panitia Semnas Parlemen Kampus 2019 Nadhifatul Lailiyah.
 
Dirinya mengajak, untuk mahasiswa yang ingin mendaftar langsung saja ke Unima, UKIT, Unsrat, IAIN Manado, Universitas Katolik De La Salle Manado, Politeknik Negeri Manado.
 
Tujuan dari kegiatan ini, kata Nadhifatul, memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi mahasiswa terkait dengan kedudukan, tugas dan fungsi lembaga legislatif.
 
Kemudian, memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi mahasiswa tentang wawasan sistem pemerintahan dan politik secara konstitusional.
 
Selanjutnya, membentuk mahasiswa yang memiliki keunggulan kognitif, afektif dan psikomotorik terkait dengan kelembagaan legislatif.
 
"Kegiatan ini sangat bagus untuk mahasiswa, sayang jika tidak ikut," tuturnya.
 
Untuk narasumber, kata dia, panitia menghadirkan diantaranya, Utut Adianto (Wakil Ketua DPR RI), DR Ahmad Basara (Anggota DPR RI/Wakil Ketua MPR), Andrei Angouw (Ketua DPRD SULUT), DR Ardiles Mewoh (Ketua KPU Sulut), DR Goinpeace Tumbel (Akademisi/Dosen FIS Unima), Iskandar (Sekjen DPR RI) kemudian Damayati (Deputi Bidang Persidangan Setjen DPR RI).
 
Sementara itu, Rektor Unima Prof DR Julyeta Runtuwene mengatakan, sangat mendukung kegiatan ini. Karena melalui seminar seperti ini akan menambah wawasan mahasiswa.
 
"Kegiatan ini bagus, saya pun mengharuskan mahasiswa Unima untuk ikut. Apalagi panitia menghadirkan para narasumber yang kompeten di bidangnya," tuturnya.
 
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unima Reflindo Loho mengatakan sangat mendukung kegiatan ini, karena berkaitan juga dengan masa depan mahasiswa.
 
"Mahasiswa hari ini bisa menjadi pemimpin di hari esok. Kemudian, bukan sedikit lulusan universitas yang akhirnya terjun di dunia politik. Jadi menurut saya kegiatan ini wajib diikuti mahasiswa Sulut. Secara pribadi saya mengajak kepada teman-teman BEM se-Sulut untuk mensosialisasikan kegiatan ini, sehingga banyak yang ikut. Masih ada kesempatan dan pendaftaran masih dibuka, dan sekali lagi kegiatan ini gratis," pungkasnya.
 
(mfw/bk-11)
Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
23 Feb 2019 / dibaca 597 kali
TONDANO (BK): Sebanyak 500 mahasiswa dari berbagai perwakilan universitas di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan mengikuti seminar nasional...
Pendidikan
15 Feb 2019 / dibaca 630 kali
MANADO (BK): Universitas Negeri Manado (Unima) mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan pertemuan Rektor  Asosiasi Lembaga Pendidikan...
Pendidikan
02 Feb 2019 / dibaca 306 kali
TONDANO (BK): Setelah melalui proses pembekalan, Sedikitnya , 436 mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima), resmi melaksanakan Kuliah...
Pendidikan
01 Feb 2019 / dibaca 404 kali
TOMOHON (BK) :  Sebanyak 500-an peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa-mahasiswi keperawatan, para perawat dari Rumah Sakit dan...
Pendidikan
30 Jan 2019 / dibaca 683 kali
MANADO (BK): Kak Daniel Manado, pegiat pendidikan anak usia dini, kembali menggebrak tahun 2019 dengan menggelar perlombaan Menggambar dan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.