Pendidikan

Fakultas Kedokteran Gelar PKM di Kecamatan Tikala, Gelar Penyuluran Pencegahan DBD

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 14 November 2018 02:22   239 kali
MANADO (BK): Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado, September 2018 lalu, mengaplikasikan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi dengan menggelar program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini, Kecamatan Tikala menjadi lokasi pelaksanaan PKM.
 
Menggandeng Puskesmas Tikala, PKM Fakultas Kedokteran yang dilaksanakan DR dr Martha Marie Kaseke M. Kes dan dr Maya Fane Memah, mengunjungi Kelurahan Taas, untuk memberikan penyuluhan pencegahan penyakit Deman Berdarah Dengeu (DBD).
 
Pelaksanaan yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan posyandu dan imunisasi serta pelayanan pengobatan Puskesmas Tikala baru ini mendapatkan antusias dari masyarakat sekitar.
 
dr. Aliza Runtuwene, Kepala Puskesmas Tikala dalam sosialisasi menyebutkan penyakit DBD disebabkan oleh nyamuk aedes aegypty yang dapat berkembang di rumah di tempat-tempat seperti tatakan dispenser, belakang kulkas, kamar mandi, tatakan pot, botol bekas, dan wadah penampungan air lainnya.
 
Dijelaskannya, untuk gejala umum DBD yaitu panas, 2-7 hari panas tinggi dan seterusnya. Dikatakan Aliza, jika panas sudah 2 hari maka itu menjadi tanda awas dan harus secepatnya dibawa ke dokter.
 
"Pada anak-anak, badan menjadi lesu, malas makan, timbul bintik merah, mual, muntah, nyeri ulu hati, bahkan sampai feses berdarah jika sudah parah. Ini jika tidak secepatnya ditangani bisa menyebabkan shock dan kematian," tutur dr Aliza.
 
Sementara, DR dr. Martha Marie Kaseke M.Kes selaku ketua dalam kegiatan PKM menjelaskan tentang pencegahan berkembang biaknya nyamuk tersebut. Dikatakan dr Martha, untuk mencegah perlu dilakukan 3M yaitu menguras bak mandi, menutup tampungan air dan mengubur barang-baran yang bisa menampung air. 
 
"Harus giat melakukan 3M. Juga gunakan jala nyamuk pada ventilasi, jangan menumpuk atau menampung pakaian, menggunakan kelambu. Selain itu ada langkah alamiah seperti menggunakan bunga lavender dan ikan kepala timah," tutur dr Martha kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
23 Sep 2018 / dibaca 275 kali
MANADO (BK): Pemanfaatan eceng gondok saat ini, masih sebatas pada pembuatan kerajinan tangan saja. Padahal, selain hasil kerajinan, tanaman...
Pendidikan
21 Sep 2018 / dibaca 166 kali
MANADO (BK): Tim dosen Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi yang terdiri dari Dr. Hanny H Pontororing S.Si, Msi dan Dr Hanny J Lengkong,...
Pendidikan
21 Sep 2018 / dibaca 169 kali
MANADO (BK): Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar oleh Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) sebagai salah satu...
Pendidikan
20 Sep 2018 / dibaca 174 kali
MANADO (BK): Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas MIPA Unsrat, menyasar para petani yang ada di Kelurahan Kamasi Kecamatan...
Pendidikan
19 Sep 2018 / dibaca 626 kali
TONDANO (BK): Bukan hanya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) handal, tetapi Universitas Negeri Manado (Unima) dibawah kepemimpinan Rektor Prof...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.