Pendidikan

Ketua KPK Kuliahi Ratusan Mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 08 August 2018 21:22   240 kali
Ketua KPK, Agus Rahardjo bersama Wakil Rektor Unsrat Ronny Maramis dan Dekan Fakultas Hukum Unsrat, Dr Flora P Kalalo SH MH. (foto : acha)
MANADO (BK) : Ketua KPK, Agus Rahardjo menyambangi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Rabu (8/8/2018) pagi. Kedatangan pucuk pimpinan Lembaga antirasuah ini dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum ke-60.
 
 
Dihadapan ratusan mahasiswa dan dosen fakultas tertua di Sulut ini, Ketua KPK menyebut ada lima tugas utama lembaga yang dipimpinnya dalam bekerja. Lima tugas itu adalah Koordinasi, Supervisi, Pencegahan, Penindakan dan Monitoring.
 
 
“Tugas kami ini untuk menjadikan sistem pemerintahan dan politik yang lebih baik di negeri ini,” ujar Agus yang menjadi pembicara utama seminar dengan tema, Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Perguruan Tinggi.
 
 
Agus menjelaskan, koordinasi dan supervisi biasa dilakukan kepada rekan-rekan penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan. Sedangkan pencegahan dilakukan dengan bekerjasama antara lembaga-lembaga anti korupsi, pemberian modul anti korupsi melalui perguruan tinggi, serta kerjasama dengan NGO yang bisa melaporkan adanya tindak pidana korupsi.
 
 
“Untuk penindakan, biasanya banyak yang sering diberitakan oleh media seperti Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan sebagainya,” paparnya.
 
 
Agus kemudian menyebut, hampir rata-rata OTT yang dilakukan KPK adalah berdasarkan laporan masyarakat dan dari orang-orang terdekat. Bahkan KPK pernah menemui laporan berasal dari istri yang melaporkan suaminya.
 
 
“Seorang istri melaporkan suaminya yang menjadi walikota, sampai akhirnya suaminya itu terjaring OTT KPK,” tandasnya.
 
 
Lanjut dia, pencegahan tindak korupsi memang harus dilakukan sejak dini, dan bisa dilakukan dalam lingkungan kampus. “Dari sinilah (kampus) kita mulai dan perkembangan saat ini sudah semakin baik dengan kesadaran yang ada maka tidak lama lagi bangsa Indonesia akan menjadi kuat dan sejahtera,” tambah Agus.
 
 
Wakil Rektor Unsrat, Ronny Maramis, merespon positif kunjungan Ketua KPK di kampus Unsrat. Ketua lembaga antirasuah itu disebut telah memberikan ilmu dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi yang memang harus menjadi prioritas di perguruan tinggi.
 
 
“Karena dari sinilah calon pemimpin bangsa digembleng dengan ilmu pengetahuan dan pembinaan karakter yang tidak bermental korup,” tutur Maramis.
 
 
“Kehadiran Ketua KPK kiranya dapat menjadi tonggak sejarah untuk mensupport pencegahan korupsi di negeri ini terlebih di Unsrat untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama,” harap Maramis.
 
 
Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unsrat, Dr Flora P Kalalo SH MH, secara terpisah berharap Unsrat kedepan akan semakin baik.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
09 Oct 2018 / dibaca 338 kali
MANADO (BK) : Pendidikan merupakan bagian penting dalam pencapaian kehidupan. Bentuk selebrasi pencapaian suatu Institut pendidikan terutama...
Pendidikan
05 Oct 2018 / dibaca 556 kali
MANADO (BK):  Indonesia bisa dibilang sangat strategis secara geografis karena berada diantara dua benua, Asia dan Australia serta dua...
Pendidikan
05 Oct 2018 / dibaca 357 kali
MANADO (BK): Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menggelar workshop kemitraan dengan Sekolah Dasar (SD) dengan tema konservasi...
Pendidikan
04 Oct 2018 / dibaca 450 kali
TONDANO (BK) Setelah melalui berbagai pertimbangan senat akhirnya Rektor Universitas Negeri Manado, Prof. Dr. Julyeta P.A. Runtuwene, M.S....
Pendidikan
03 Oct 2018 / dibaca 441 kali
TONDANO (BK) : Salah satu bentuk program konkrit yang dicanangkan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.