Pendidikan

Ketua Ombudsman Sempat Kewalahan Dicecar Pertanyaan Layanan Publik

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 04 September 2018 23:21   255 kali
MANADO (BK) : Apresiasi diberikan Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai kepada Dekan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Flora Prisilia Kalalo. Rifai menilai Flora telah memberikan yang terbaik kepada mahasiswanya dengan menghadirkan sejumlah pejabat teras negara ini pada peringatan Dies Natalis ke-60.
 
 
Tercatat, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ketua Komisi Yudisial (KY), Ketua Lembaga Penjamin Saksi dan Korban (LPSK), Gubernur Lemhanas, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sejumlah pejabat lainnya, pernah menjadi narasumber dan pembicara pada rangkaian Dies Natalis fakultas tertua di Sulawesi Utara ini.
 
 
“Ini kesempatan supaya mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat bisa sejajar dengan fakultas-fakultas hukum lainnya yang ada di pulau Jawa mungkin,” ujar Rifai saat menjadi narasumber Seminar Nasional bertema Peran Ombudsman dalam Penguatan Birokrasi Pemerintah, Selasa (4/9/2018).
 
 
Dia mengatakan, banyak hal penting yang harus diperhatikan dalam penguatan birokrasi pemerintah terutama tentang perbaikan layanan publik. Salah satunya adalah kesadaran yang tidak hanya muncul pada aparatnya, melainkan juga kepada masyarakat.
 
 
“Kebanyakan dari kita itu biasanya cuek atau tidak begitu peduli, yang penting bukan urusan kita. Padahal di negara-negara maju itu, justru pelayanan publik bisa maju karena publik juga care, ada perhatian,” kata Rifai.
 
 
Rifai mencontohkan, kedatangannya ke Manado dan melihat ada kesemrawutan lalulintasnya, seperti parkir seenaknya dan tidak benar. Dia bahkan sempat mendapati mobil milik pemerintah (Pol PP) yang juga ikutan parkir sembarangan.
 
 
“Saya lihat tadi di Manado, tapi pernah tidak masyarakat kita komplain? ada gak? Loh kalau kita terima semua, kayak tidak terjadi apa-apa,” tukasnya.
 
 
Lanjutnya, begitu juga dengan mahasiswa yang harus punya kesadaran bahwa pelayanan publik itu juga menjadi bagian dari urusan bersama dan bukan hanya belajar saja. Pernah sebagai aktivis mahasiswa, aktivis OSIS, dirinya tetap mengutamakan kepedulian di tengah masyarakat.
 
 
“Saya katakan kalau mengunjungi suatu tempat yang dianggap tidak baik, saya cari siapa yang punya. Kalau itu punya pemerintah, siapa yang bertanggungjawab, berkirim surat kita, bertemu kita. Kalau semua kita peduli seperti itu, layanan publik akan semakin baik,” jelas mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Palembang 2 periode itu.
 
 
Kepada dosen di fakultas ini lanjut Rifai, juga punya peranan penting untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswanya bukan hanya dengan teori-teori hukum. “Jadi apa yang dilakukan Ibu Dekan pada hari ini tentu supaya mahasiswa kita mempunyai wawasan yang lebih. Saya sangat mengapresiasi,” imbuhnya.
 
 
Sempat Kewalahan
 
 
Antusias peserta Seminar Nasional yang berlangsung di Aula Fakultas Hukum Unsrat Lantai 4, ternyata sempat membuat Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai sempat kewalahan. Sesi pertanyaan bahkan harus dibatasi karena waktu.
 
 
“Saya melihat bukan basa-basi, antusias yang hadir. Yang bertanya tadi kalau gak saya yang berhentikan sama Ibu Dekan tadi sudah kewalahan sekali, bisa belasan orang yang bertanya,” tukas Rifai.
 
 
Dirinya menilai Dies Natalis Fakultas Hukum Unsratyang ke-60 ini menjadi momen penting. Bahkan karena dianggapnya penting, meski dengan waktu yang begitu sempit, dirinya tetap memaksakan datang untuk menjadi pembicara.
 
 
“Saya dari awal membuka kegiatan ini, bahwa mahasiswa Fakultas Hukum ini adalah generasi kita mendatang, yang kita harapkan lebih baik dari kita semua,” ungkapnya.
 
 
Rifai kemudian berpesan ilmu tidak diperoleh berdasarkan perhitungan seperti satu hari sekian buku. Terkadang meski duduk dari pagi hingga sore mendengarkan seminar, tapi ilmu yang diperoleh hanya satu paragraf saja.
 
 
“Itu menunjukkan kita perlu terus belajar, rajin berseminar, berdiskusi,” pungkasnya.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
21 Sep 2018 / dibaca 137 kali
MANADO (BK): Tim dosen Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi yang terdiri dari Dr. Hanny H Pontororing S.Si, Msi dan Dr Hanny J Lengkong,...
Pendidikan
21 Sep 2018 / dibaca 147 kali
MANADO (BK): Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar oleh Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) sebagai salah satu...
Pendidikan
20 Sep 2018 / dibaca 148 kali
MANADO (BK): Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas MIPA Unsrat, menyasar para petani yang ada di Kelurahan Kamasi Kecamatan...
Pendidikan
19 Sep 2018 / dibaca 598 kali
TONDANO (BK): Bukan hanya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) handal, tetapi Universitas Negeri Manado (Unima) dibawah kepemimpinan Rektor Prof...
Pendidikan
14 Sep 2018 / dibaca 303 kali
MANADO (BK): Kebanyakan petani selalu menggunakan pestisida untuk mengatasi atau membasmi hama pada hasil tanaman mereka. Padahal, penggunaan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.