Pendidikan

Asiz Samsudin Kuliah Umum di Unima

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 11 April 2017 20:28   314 kali

TONDANO (BK): Ketua Badan Anggaran DPR RI, Dr Asiz Samsuddin SH MH mengadakan kuliah umum kepada empat ribu lebih mahasiswa dari berbagai jurusan, seluruh dekan, ketua lembaga, pimpinan jurusan, para dosen di Universitas Manado (Unima), pada Senin (10/4/2017).

 

Kuliah umum tersebut mengambil tema ‘Pembangunan Manusia dan Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Ketidakstabilan Global’.

 

Samsuddin memaparkan tentang peran pemerintah mempengaruhi pembangunan manusia. Menurutnya, pemerintah dan parlemen telah menetapkan kebijakan anggaran pendidikan sebesar 20 persen.  “Itu termasuk fasilitas pendidikan untuk Unima,” katanya.

 

Dia juga mengupas tentang bagaimana mahasiswa harus menghadapi era persaingan global. Juga bagaimana negara menjamin pendidikan bagi rakyatnya.

 

“Termasuk penting meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam menghadapi persaingan dengan orang asing,” jelasnya.

 

Ia juga membeber kondisi ekonomi Indonesia saat ini.  Dia menekankan pentingnya transparansi akuntabilitas untuk menghadapi era global.

 

Kuliah umum mendapat respon positif mahasiswa dengan berbagai pertanyaan. Semua jawaban itu dijawab dengan lugaSamsuddin.

 

Mahasiswa Fekon Unima mengapresiasi materi kuliah umum dari Samsuddin. “Materi kuliah umumnya sangat berbobot dan mudah dicernah. Banyak masukan positif untuk saya pribadi,” ujar salah seorang mahasiswa.

 

Apresiasi disampaikan juga kepada Rektor Unima Juyleta PA Runtuwene yang mampu menghadirkan nara sumber sekaliber Samsuddin. 

 

“Pak Dr Aziz Samsuddin memang datang khusus hanya untuk menjadi narasumber di Unima,” papar dia.

 

Ketua Banggar DPR RI ini terlihat sangat senang dan nyaman di Unima. Sejak tiba dia berbaur dengan civitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa. Bahkan Samsuddin lebih memilih makan siang bersama di Unima daripada di luar.

 

Di tempat yang sama, Dr Allen Manongko MM, Dosen Fekon Unima mengatakan, kuliah umum ini merupakan komitmen rektor membangun Unima dari keterpurukan untuk bangkit lagi.

 

“Dan ini merupakan komitmen Ibu Rektor dalam menjalankan visi misinya menjadi Unima TOP (team work, organization effectiveness dan performance oriented). Bahkan target capaian Ibu Rektor adalah mempercepat akreditasi program-program studi, bahkan Unima menuju BLU (Badan Layanan Umum),” katanya.

 

Peserta diskusi lainnya mengapresiasi Rektor Unima. Menurut mereka rektor saat ini cerdas dalam menciptakan dan memanfaatkan peluang untuk kemajuan Unima. “Pemimpin seperti ini yang kita butuhkan. Agar Unima terus bangkit dan menjadi barometer akademik di Sulut, termasuk Indonesia,” jelasnya.

 

(frl/mp/bk-2)

 

 

Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
17 Oct 2016 / dibaca 332 kali
SOLO (BK): Wali Kota Tomohon diwakili Kadis Pendidikan Daerah menerima penghargaan Kawastara Pawitra dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan...
Pendidikan
15 Oct 2016 / dibaca 1234 kali
JAKARTA (BK): Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir membeberkan latar belakang pembatalan pemilihan...
Pendidikan
02 Oct 2016 / dibaca 475 kali
MANADO (BK): Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw mengajak kepada seluruh Alumni lulusan Universitas Indonesia (UI) yang berkarir...
Pendidikan
30 Sep 2016 / dibaca 509 kali
MANADO (BK): Setelah melalui berbagai persiapan seperti bertemu di City Extra Restauran, Kopi Billy, Warong Kobong, Kantor Bank Indonesia yang...
Pendidikan
22 Sep 2016 / dibaca 548 kali
TONDANO (BK): Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) Technology...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.