Pendidikan

Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut Jadi Bahan Sosialisasi PKM PSPDG Unsrat

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 02 December 2018 10:29   146 kali
MANADO (BK): Kesehatan gigi dan mulut saat ini menjadi begitu penting, karena kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kadar gulanya. Melihat ini, para dosen dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melakukan penyuluhan di Kelurahan Bailang, Kecamatan Bunaken Kota Manado.
 
Penyuluhan tentang perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, dilakukan sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dalam hal ini adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).
 
Dipimpin oleh ketua tim dr. Damajanty Hellen Carol Pangemanan,MKes.AIFM .AIFO dan anggota tim drg. Christy Mintjelungan MKes serta didukung para Mahasiswa PSPDG FK Unsrat, penyuluhan ini diawali dengan sosialisasi mengenai kesehatan gigi dan mulut yang berdampak pada kualitas hidup individu. 
 
"Jika tidak sehat, maka kualitas hidup kita juga tidak sehat. Dan jika kita bersih dan sehat, ya percaya diri akan meningkat," kata dr. Damajanty Hellen Carol Pangemanan,MKes.AIFM .AIFO saat membuka kegiatan.
 
Dijelaskan dr Damajanty, menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap hari dengan benar merupakan tindakan pencegahan paling utama terhadap kerusakan permanen yang berkaitan dengan karies gigi dan penyakit periodontal. 
 
Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, tindakan yang paling
banyak dianjurkan dan dilaksanakan adalah menyikat gigi. Menyikat gigi secara teratur merupakan metode utama untuk menghilangkan plak serta mengontrol penyakit akibat plak, seperti karies dan periodontitis.
 
drg. Christy Mintjelungan MKes menjelaskan, pentingnya perawatan gigi dan mulut serta menjaga kebersihanya karena mulut bukan
sekedar pintu masuknya makanan dan minuman saja, tetapi mulut juga bisa menjadi pintu masuknya mikroorganisme yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. 
 
Penyakit gigi geligi merupakan proses biologis yang fase awalnya tidak daptat ditentukan secara klinis. Pada umumnya pasien tersebut baru sadar akan sakitnya (sakit gigi, gigi goyang) dalam stadium yang sangat lambat.
 
"Dan apabila mereka sudah menyadarinya, keadaan tersebut
sudah menjadi suatu proses yang kronis. Oleh karena itulah biasanya seseorang terlambat untuk melakukan perawatan terhadap kondisinya tersebut," kata drg Christy.
 
Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013 sebesar 93,8% penduduk Indonesia telah menyikat gigi setiap hari, namun indeks keparahan karies DMF-T masih tergolong tinggi (4,6). Sebanyak 95,3% penduduk Sulawesi Utara telah menyikat gigi setiap hari, namun indeks DMF-T masih juga tergolong tinggi bahkan lebih tinggi dari indeks DMF-T Nasional yaitu sebesar 5,4.
 
Dipilihnya Kelurahan Bailang sebagai lokasi sosialisasi tak terlepas dari data yang menyebutkan jika masyarakat bailang tinggal di area dimana perawatan kesehatan gigi dan mulut masih kurang memadai walaupun letak Puskesmas yang cukup dekat.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
09 Oct 2018 / dibaca 340 kali
MANADO (BK) : Pendidikan merupakan bagian penting dalam pencapaian kehidupan. Bentuk selebrasi pencapaian suatu Institut pendidikan terutama...
Pendidikan
05 Oct 2018 / dibaca 558 kali
MANADO (BK):  Indonesia bisa dibilang sangat strategis secara geografis karena berada diantara dua benua, Asia dan Australia serta dua...
Pendidikan
05 Oct 2018 / dibaca 358 kali
MANADO (BK): Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menggelar workshop kemitraan dengan Sekolah Dasar (SD) dengan tema konservasi...
Pendidikan
04 Oct 2018 / dibaca 451 kali
TONDANO (BK) Setelah melalui berbagai pertimbangan senat akhirnya Rektor Universitas Negeri Manado, Prof. Dr. Julyeta P.A. Runtuwene, M.S....
Pendidikan
03 Oct 2018 / dibaca 441 kali
TONDANO (BK) : Salah satu bentuk program konkrit yang dicanangkan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.