Pendidikan

Sekolah Keluhkan Pungutan untuk Festival Paduan Suara

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 30 January 2018 00:56   224 kali

MANADO (BK): Festival Paduan Suara dan Lomba Yel-yel yang akan dilaksanakan Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut, menuai kontroversi. Pasalnya, setiap sekolah diharuskan ikut, lalu dibebani biaya sebesar Rp 250 ribu.

 

Pungutan itu dianggap sejumlah sekolah di Sulut, memberatkan, karena tidak tertata dalam anggaran sekolah, termasuk Bantuan Operasi Sekolah (BOS). Untuk memungut biaya tambahan kepada orangtua juga berpotensi dikomplain.

 

"Kami tidak ingin membebankan siswa dan orangtua dengan kegiatan seperti ini," ungkap salah satu Kepala Sekolah dari Kabupaten Minahasa, pada pertemuan seluruh Kepala SMA/SMK di aula Dinas Dikda Sulut, Senin (29/01/2018).

 

Dia menyebut, kalau memang event tersebut dilaksanakan dalam tajuk Legislative Expo, harusnya dibiayai oleh kas daerah atau dari pihak DPRD Sulut. “Jangan dibebankan ke sekolah,” tandasnya yang tak mau menyebut nama.

 

Salah seorang Kepala Sekolah yang berasal dari Kabupaten Bolmong mengatakan, anggaran yang dikeluarkan untuk membiayai event festival tersebut, tidaklah kecil. Karena untuk memboyong puluhan siswa ke Manado, tentu ada konsekuensi biaya transportasi dan konsumsi.

 

"Apakah panitia mau menanggung biaya itu? Tentu dibebankan ke sekolah, dan itu sangat memberatkan,” ujar dia yang juga enggan disebut namanya.

 

Ketua Panitia Penyelenggara Festival, Janny Kopalit saat dikonfirmasi menyebut biaya sebesar Rp 250 ribu tersebut, bukanlah pungutan. "Biaya itu untuk pendaftaran setiap sekolahyang ikut," tandas mantan anggota DPRD Sulut ini.

 

Ironisnya, Kepala Bidang SMA Dinas Dikda Sulut, Arthur Tumipa mendukung adanya biaya yang dibebankan ke sekolah. Dia juga menebar ancaman kepada para kepala sekolah, jika tidak ikut ambil bagian dalam festival itu.

 

"Ada sanksi moral bagi kepala sekolah yang sekolahnya tidak berpartisipasi," tegas Tumipa.

 

(bk-8)

Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
21 Sep 2018 / dibaca 132 kali
MANADO (BK): Tim dosen Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi yang terdiri dari Dr. Hanny H Pontororing S.Si, Msi dan Dr Hanny J Lengkong,...
Pendidikan
21 Sep 2018 / dibaca 142 kali
MANADO (BK): Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar oleh Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) sebagai salah satu...
Pendidikan
20 Sep 2018 / dibaca 140 kali
MANADO (BK): Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas MIPA Unsrat, menyasar para petani yang ada di Kelurahan Kamasi Kecamatan...
Pendidikan
19 Sep 2018 / dibaca 592 kali
TONDANO (BK): Bukan hanya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) handal, tetapi Universitas Negeri Manado (Unima) dibawah kepemimpinan Rektor Prof...
Pendidikan
14 Sep 2018 / dibaca 293 kali
MANADO (BK): Kebanyakan petani selalu menggunakan pestisida untuk mengatasi atau membasmi hama pada hasil tanaman mereka. Padahal, penggunaan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.