Pendidikan

Sekolah Keluhkan Pungutan untuk Festival Paduan Suara

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 30 January 2018 00:56   106 kali

MANADO (BK): Festival Paduan Suara dan Lomba Yel-yel yang akan dilaksanakan Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut, menuai kontroversi. Pasalnya, setiap sekolah diharuskan ikut, lalu dibebani biaya sebesar Rp 250 ribu.

 

Pungutan itu dianggap sejumlah sekolah di Sulut, memberatkan, karena tidak tertata dalam anggaran sekolah, termasuk Bantuan Operasi Sekolah (BOS). Untuk memungut biaya tambahan kepada orangtua juga berpotensi dikomplain.

 

"Kami tidak ingin membebankan siswa dan orangtua dengan kegiatan seperti ini," ungkap salah satu Kepala Sekolah dari Kabupaten Minahasa, pada pertemuan seluruh Kepala SMA/SMK di aula Dinas Dikda Sulut, Senin (29/01/2018).

 

Dia menyebut, kalau memang event tersebut dilaksanakan dalam tajuk Legislative Expo, harusnya dibiayai oleh kas daerah atau dari pihak DPRD Sulut. “Jangan dibebankan ke sekolah,” tandasnya yang tak mau menyebut nama.

 

Salah seorang Kepala Sekolah yang berasal dari Kabupaten Bolmong mengatakan, anggaran yang dikeluarkan untuk membiayai event festival tersebut, tidaklah kecil. Karena untuk memboyong puluhan siswa ke Manado, tentu ada konsekuensi biaya transportasi dan konsumsi.

 

"Apakah panitia mau menanggung biaya itu? Tentu dibebankan ke sekolah, dan itu sangat memberatkan,” ujar dia yang juga enggan disebut namanya.

 

Ketua Panitia Penyelenggara Festival, Janny Kopalit saat dikonfirmasi menyebut biaya sebesar Rp 250 ribu tersebut, bukanlah pungutan. "Biaya itu untuk pendaftaran setiap sekolahyang ikut," tandas mantan anggota DPRD Sulut ini.

 

Ironisnya, Kepala Bidang SMA Dinas Dikda Sulut, Arthur Tumipa mendukung adanya biaya yang dibebankan ke sekolah. Dia juga menebar ancaman kepada para kepala sekolah, jika tidak ikut ambil bagian dalam festival itu.

 

"Ada sanksi moral bagi kepala sekolah yang sekolahnya tidak berpartisipasi," tegas Tumipa.

 

(bk-8)

Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
13 Sep 2017 / dibaca 255 kali
BANDUNG (BK): Sedikitnya 30 peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XI Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2017 melaksanakan benchmarking di...
Pendidikan
31 Aug 2017 / dibaca 394 kali
MANADO (BK): Eksistensi Kak Daniel di dunia anak-anak patut untuk diacungi jempol. Bekerjasama dengan sejumlah pusat perbelanjaan ternama di...
Pendidikan
27 Aug 2017 / dibaca 330 kali
MANADO (BK): Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Manado dengan tegas menolak Permendikbud nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah...
Pendidikan
11 Aug 2017 / dibaca 366 kali
TOMOHON (BK): Ketua Alumni Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) James Sumendap diundang khusus hadir dalam pertemuan yang digelar...
Pendidikan
26 Jul 2017 / dibaca 314 kali
TONDANO (BK): Usai terpilih sebagai Senat utusan Fakultas Bahasa dan Seni ke tingkat Universitas Negeri Manado (UNIMA), Dr Mister Gidion Maru...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.