Pendidikan

Tangkal HOAX; UNIMA Melalui BEM dan POLDA Sulut Gelar Diskusi Milenial

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 12 November 2019 12:32   519 kali

TONDANO (BK): Universitas Negeri Manado (Unima) melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unima bekerja sama dengan Direktorat Reskrimsus Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Diskusi Panel Milenial Merajut Kebersamaan dalam Kebhinekaan dengan tema Stop Hoax dan Ujaran Kebencian, di Gedung Kuliah Bersama (GKB) Unima, Kamis (7/11/2019).

 

Rektor Unima Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS, melalui Pembantu Rektor III Drs Jim Rony Tuna MAP, membuka diskusi yang diikuti oleh kurang lebih 1.000 peserta, baik dari mahasiswa Unima, maupun Perguruan Tinggi yang ada di sekitar Minahasa dan Tomohon, para pelajar SMA dan LSM.

 

Tuna berharap mahasiswa bisa menjadi pelopor merajut kebersamaan, dalam kebhinekaan dengan menjadi agen dalam menghentikan hoax dan ujaran kebencian.

 

“Terus terang saya memberikan penghargaan yang tinggi buat BEM. Mudah-mudahan tujuan diskusi panel ini boleh tercapai,” ujarnya.

 

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Reskrimsus Kombes Pol Yandri Irsan yang menjadi narasumber bersama 4 dosen Unima lainnya.

 

Sementara itu, Direktur Reskrimsus Polda yang menjadi narasumber membagikan beberapa tips sederhana agar tidak ikut menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian.

 

“Yang paling utama itu agar hati-hati dengan judul yang provokatif. Berita hoax sering membuat judul yang provokatif, sebaiknya kita mencari referensi dari sumber lain,” ujarnya.

 

Lanjutnya, perlu mencermati alamat situs, memeriksa fakta darimana berita itu, apakah dari sumber resmi atau tidak, dan wajib mengecek keaslian foto.

 

“Kalau kita bisa melakukan itu, maka dengan sendirinya hoax akan terhindar,” katanya.

 

Dalam kegiatan ini, selain Direskrimsus, tampil sebagai pembicara 4 dosen Unima yang juga membawakan materi tentang pentingnya menghindari ujaran kebencian di lingkungan kampus dan sehari-hari agar menciptakan Indonesia yang nyaman.

 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut para pejabat, dosen, dan pegawai di lingkungan Unima serta pengurus BEM dan para mahasiswa.

 

(mfw/bk-11)

 

 

Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
21 Oct 2019 / dibaca 1181 kali
  TONDANO (BK) Rektor UNIMA Prof. Dr. Julyeta P.A. Runtuwene, M.S. membuka sekaligus melantik Drs. Jim Ronny Tuna, MAP. Sebagai...
Pendidikan
04 Oct 2019 / dibaca 307 kali
TONDANO (BK): Universitas Negeri Manado (Unima) terus mengasah sumberdayanya. Terbukti pada Kamis, 3 Oktober 2019 di Rektorat lantai 3 Unima...
Pendidikan
25 Sep 2019 / dibaca 494 kali
TONDANO (BK) : Sejumlah mahasiswa Papua yang sedang menempuh studi di berbagai daerah di luar Papua, telah kembali ke kampung halamannya....
Pendidikan
24 Sep 2019 / dibaca 404 kali
Kuliah Tamu Gedung LP2AI UNIMA. Jumat, 20 September 2019.   Dekan FBS UNIMA Dr. Donal Ratu, M.Hum. sebelum membuka kegiatan,...
Pendidikan
24 Sep 2019 / dibaca 423 kali
TOMOHON BK: Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Manado (Unima) Prof. Dr Treesje K Londa MSi, membuka kuliah tamu sekaligus memberikan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.