Pendidikan

Terlibat Kuliah Jarak Jauh, Pelantikan Rektor Unima Dibatalkan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 15 October 2016 00:30   1535 kali
Jumpa pers Menristekdikti M Nasir terkait batalnya pemilihan rektor di 4 kampus negeri, Jumat (14/10/2016).

JAKARTA (BK): Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir membeberkan latar belakang pembatalan pemilihan rektor di empat universitas negeri. Persoalan terjadi karena adanya pelanggaran sistem pemilihan.


"Pemilihan rektor di berbagai perguruan tinggi negeri yang zaman dulu tidak pernah terjadi permasalahan sekarang mulai muncul. Karena ada beberapa masalah yang saya lihat, ada yang perlu dilakukan perbaikan," kata Nasir dalam jumpa pers di Kantor Kemenristekdikti di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (14/10/2016).
 

Empat kampus negeri yang pemilihan rektornya tertunda adalah Universitas Negeri Manado (UNIMA), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Halu Oleo (UHO) dan Universitas Musamus Merauke (UNMUS).
 

Di kampus UNIMA, pembatalan pelantikan rektor terpilih yakni Julyeta Paula P Runtuwene terjadi yang bersangkutan terlibat pembelajaran kelas jauh. Aktivitas mengajar jarak jauh ini, menurut Nasir, melanggar UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
 

"Kalau terjadi seperti itu kami batalkan. Dengan cara kami berikan sanksi kepada rektor terpilih," kata Nasir.
 

Sementara itu di USU, pemilihan rektor diulang gara-gara sistem pemilihan yang timpang. Seharusnya satu anggota senat memiliki satu suara, namun yang terjadi satu orang punya lebih dari satu suara. Dengan itu, pemilihan rektor kembali diulang.
 

"Seharusnya itu kan one man one vote (satu orang satu suara). Tapi justru malah one man eight atau nine vote. Ini kan jadi masalah. Akhirnya suara mengumpul pada seseorang sehingga terjadi problem," imbuh Nasir.
 

Di Universitas Halu Oleo, pemilihan rektornya dibtalkan karena anggota senat bukan berasal dari pimpinan universitas. Nasir menegaskan anggota senat haruslah pimpinan universitas yakni rektor, wakil rektor, dekan, ketua lembaga, dan wakil guru besar.
 

"Hasil investigasi terakhir ditemukan bukan hanya 7 orang yang tidak sah tetapi terdapat 20 orang anggota senat yang tidak sah. Pemilihan rektor UHO baru sampai tahap penjaringan namun kemudian dibatalkan," beber Nasir.
 

Terakhir, pembatalan pemilihan rektor Universitas Musamus Merauke (UNMUS) karena persoalan legalitas anggota senat. Namun proses pemilihan rektoe di UNMUS masih dalam tahap penyaringan calon rektor.
 

Nasir menjelaskan, pemilihan rektor punya empat tahapan yakni penjaringan, penyaringan dengan memilih 3 calon rektor pemilik suara terbanyak, pemilihan dan terakhir tahap pelantikan.


"Jadi yang selama ini kita lakukan itu perbaikan, betul taat pada peraturan yang ditentukan, dan menghasilkan rektor yang berkualitasa. Kita sangat perhatian supaya mutu pendidikan kita makin baik," ujar Nasir.
 

(dtc/bk-1)

Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
05 Feb 2018 / dibaca 375 kali
MANADO (BK): Gebrakan terus dilakukan Kak Daniel Manado, Pegiat Aktivitas Anak usia dini di awal tahun 2018 ini. Bersama dengan DD...
Pendidikan
02 Feb 2018 / dibaca 313 kali
TONDANO (BK): Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado (Unima) menyelenggarakan  Ujian Terbuka Promosi Doktor (S3)  dalam rangka...
Pendidikan
01 Feb 2018 / dibaca 283 kali
MANADO (BK): Pegiat aktivitas anak usia dini, Kak Daniel Manado kembali menggebrak di awal tahun 2018 ini. Sejumlah rangkaian kegiatan...
Pendidikan
30 Jan 2018 / dibaca 172 kali
MANADO (BK): Festival Paduan Suara dan Lomba Yel-yel yang akan dilaksanakan Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut, menuai...
Pendidikan
19 Jan 2018 / dibaca 201 kali
MINUT (BK): Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima), menggelar study tour pada Selasa 16 Januari 2018. Adapun lokasi kunjungan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.