Pendidikan

Tingkatkan Ekonomi Kelompok Usaha Kecil, Politeknik Manado Gelar PKM di Sukur

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 04 September 2021 20:43   154 kali
Minut (BK) : Politeknik Negeri Manado menggelar Pelatihan Teknik Pengelasan dan pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk meningkatkan ekonomi kelompok usaha kecil di Perum Citra Regency 1, Kelurahan Sukur Kecamatan Airmadidi-Minahasa Utara pada Juli 2021 lalu.
 
 
Kegiatan pelatihan ini sebagai bentuk implementasi dari salah satu unsur dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni "Pengabdian".
 
 
Pengabdian dengan skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di Kelurahan Sukur ini, dipimpin oleh ketua tim pengabdi Dr. Silvy D. Boedi, S.T., M.T dan anggota Dr. Cindy Lumingkewas, S.H., M.H., MAP. Dengan materi kegiatan berupa pemberian materi K3 dan materi pelatihan teknologi pengelasan.
 
 
 
 
Para peserta yang mengikuti pelatihan ini, sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan jurusan Teknik Mesin Politeknik Manado, dengan pemberi materi Sekretaris Jurusan Teknik Mesin, Franklin Bawano, S.T., M.T, dimana materi yang diberikan berupa pelatihan cara pengelasan yang sesuai kaidah K3. Dalam praktek teknologi pengelasan ini, peserta mengaplikasikan langsung dengan membuat produk berupa tenda.
 
 
Pengerjaan lanjutan pembuatan tenda dilakukan oleh mahasiswa Prodi D-III Teknik Mesin (Amd.TM) oleh Aldy Koloy. Agus Yeheskiel dan Marko Malingkonor. Dalam kegiatan PKM ini, warga perum Citra Regency 1 Kelurahan Sukur yang di wakili Ketua Rukun Amir Lisal menerima 1 unit Inverter Lakoni 900 Watt beserta kelengkapan dan Tenda ukuran 4 x 6.
 
 
Menurut Silvy selaku ketua tim pengabdi, kegiatan PKM ini sangat bermanfaat. Karena selain memperoleh ilmu tentang pengelasan, hal inipun dapat membantu masyarakat dalam percepatan pemulihan ekonomi.
 
 
"Manfaat dari kegiatan PKM ini adalah, warga memperoleh ilmu tentang teknologi pengelasan yang benar sehingga menjadi modal pengetahuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga pada saat pandemic," ungkap Silvy.
 
 
Silvy menambahkan, Kegiatan seperti ini juga merupakan simbiosis mutualisme, dimana seorang dosen dibutuhkan 3 unsur bagian dari Tri Dharma yaitu, Pengajaran, Penelitian, Pengabdian.
 
 
“Saat ini Saya melaksanakan bentuk Pengabdian kepada masyarakat. Setiap Dosen harus memenuhi ke 3 unsur tersebut,” pungkasnya.
 
 
(Stev/bk-09)
Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
17 Sep 2020 / dibaca 810 kali
MANADO (BK): UNIMA MAPALUS menjadi jargon dalam membangun Unima Sejak menjabat sebagai Rektor  Universitas Negeri Manado (Unima), ...
Pendidikan
18 Aug 2020 / dibaca 647 kali
Tomohon (BK) Pascasarjana Universitas Negeri Manado (Unima) akan menggelar seminar dalam jaringan (daring) bertaraf internasional bertajuk...
Pendidikan
20 Jun 2020 / dibaca 748 kali
TONDANO (BK):Universitas Negeri Manado (Unima) melalui sidang terbuka senat menggelar Wisuda Program Doktor, Magister, dan Sarjana. Tahun...
Pendidikan
28 May 2020 / dibaca 914 kali
MANADO (BK) : Universitas Negeri Manado (Unima), Rabu 27/5/2020 di Aula Unima melaksanakan Wisuda program Doktor, Magister, Sarjana, dan...
Pendidikan
14 Apr 2020 / dibaca 1153 kali
TONDANO (BK): Rektor Unima Julyeta PA Runtuwene memberikan apresiasi untuk ide dari Ketua Majelis Rektor PTNI untuk saling menyemangati...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.