Pendidikan

Unima Gelar Workshop Publikasi Internasional

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 04 October 2019 10:34   143 kali
TONDANO (BK): Universitas Negeri Manado (Unima) terus mengasah sumberdayanya. Terbukti pada Kamis, 3 Oktober 2019 di Rektorat lantai 3 Unima digelar Workshop dan review artikel untuk publikasi internasional.
 
Rektor Unima, Prof. Dr. Julyeta P.A. Runtuwene, M.S. melalui ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unima Prof. Dr. Revolson Mege, M.S. membuka workshop dengan menekankan pada peningkatan kualitas peneliti dan hasil dari penelitian.
 
"Ukuran kualitas perguruan tinggi dapat dilihat dari capaian akademiknya. Capaian akademik diukur dari kualitas peneliti dan hasil penelitian. Oleh karena itu, workshop ini dilaksanakan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan penelitian. Baik peneliti dan hasil penelitiannya" tegas Prof. Mege.
 
LPPM Unima dalam giat Workshop dan Review artikel untuk publikasi internasional menghadirkan narasumber dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. drh. Suprayogo, M.Sc. dan Dr. Iman Rusmana, M.Si.
 
Perguruan Tinggi unggul dan berdaya saing adalah Perguruan Tinggi yang mampu membumikan hasil penelitiannya di tengah masyarakat. Itulah inti dari paradigma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 
 
Prof. Dr. drh. Agik Suprayogo, M.Sc. dalam materinya "Paradigma Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menuju Perguruan Tinggi yang Unggul dan Berdaya Saing" membagikan kepada peserta terkait hal-hal penting dan substansi dalam penelitian dan pengabdian sekaligus memberi motivasi.
 
"Konsep penelitian dan pengabdian masyarakat (PPM) harus jelas pemahamannya, untuk apa dan untuk siapa? Kemudian basis data PPM sangat penting untuk pembuatan kebijakan skim PPM dan hasil PPM sebagai invonasi pembelajaran serta gambaran kinerja dosen. Intinya adalah masyarakat kita pintarkan melalui Unima dengan hati," tegas Prof. Suprayogo.
 
Sementara itu, narasumber kedua Dr. Ir. Iman Rusmana, M.Si. memaparkan materinya yang berjudul "Strategi menembus jurnal internasional dan teknik penulisan artikel ilmiah ke jurnal internasional berseputasi"
 
Kinerja LPPM Unima mendapat pujian dari perwakilan peserta karena selain dapat meningkatkan kualitas dosen, menambah kesejahteraan dosen, dan terlebih mengangkat nama baik serta meningkatkan kualitas.
 
"Luar biasa kerja LPPM Unima yang dipimpin Prof. Mege, kegiatan-kegiatan seperti ini akan meningkatkan kualitas. Dosen semangat melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat karena disertai dengan tambahan kesejahteraan," ujar peserta yang tidak mau menuliskan identitasnya.
 
Sambil tersenyum, menanggapi pujian peserta, Prof. Dr. Revolson Mege, M.S. dengan tenang dan santai menganggap bahwa kerja LPPM sesuai dengan regulasi yang ada dan sudah menjadi tugas, pokok, dan fungsinya.
 
"Sudah menjadi tugas pokok dan fungsi kami melaksanakan kerja-kerja yang sesuai aturan untuk menjadikan UNIMA sebagai perguruan tinggi yang unggul untuk mencapai visi Unima yakni berkarakter, inovatif, dan unggul kompetitif," tutup Prof. Mege yang dikenal dengan Prof. Murah senyum.
 
Terpantau dalam workshop hadir para pimpinan Universitas, pimpinan fakultas, pimpinan dan taff pegawai LPPM Unima serta dosen-dosen yang mewakili setiap jurusan atau program studi di lingkungan kampus.
 
(mfw/bk-12)
 
Komentar ()
Berita Pendidikan
Pendidikan
15 Aug 2019 / dibaca 302 kali
TONDANO (BK): Universitas Negeri Manado (UNIMA) terus meningkatkan produktivitas baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi...
Pendidikan
13 Aug 2019 / dibaca 222 kali
TONDANO (BK): Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan melalui Direktorat Riset...
Pendidikan
12 Aug 2019 / dibaca 109 kali
MANADO (BK) : Dekan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Dr Flora Kalalo SH MH mengatakan, pelepasan lulusan sarjana...
Pendidikan
12 Aug 2019 / dibaca 180 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 128 calon wisudawan dan wisudawati Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengikuti kegiatan...
Pendidikan
09 Aug 2019 / dibaca 88 kali
MANADO (BK) : Indonesia adalah negara dengan dua pertiga luas lautan lebih besar dari daratan. Untuk itu, jika ingin menjadi bangsa yang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.