Politik

Aspirasi Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan Dominasi Reses DPRD Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 06 December 2018 22:41   386 kali
Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone melaksanakan reses ketiga di Winangun. (foto : lucy)
 
LIPUTAN KHUSUS
 
 
MANADO (BK) : Memasuki masa reses ketiga, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado kembali menemui masyarakat. Reses bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat yang berada di wilayah daerah pemilihannya masing-masing.
 
 
Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone memilih Kelurahan Winangun Dua, Lingkungan II, Kecamatan Malalayang untuk menemui konstituennya, Rabu (5/12/2018). Van Bone menghadirkan perwakilan Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan.
 
 
Sejumlah aspirasi yang berhasil diserap berhubungan dengan infrastruktur seperti selokan, drainase, penerangan jalan. Kemudian bantuan sosial bagi warga lanjut usia (lansia) serta di bidang pendidikan seperti pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan siswa kurang mampu.
 
 
“Beberapa aspirasi masyarakat pada reses sebelumnya telah masuk dalam pembahasan dan akan direalisasikan dalam anggaran APBD 2019,” ungkap Van Bone.
 
 
 
Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone. (foto : lucy)
 
 
Di hari yang sama, Sekretaris Komisi II DPRD Manado, Lily Walandha memilih Kelurahan Karombasan Utara, Lingkungan I, Kecamatan Wanea sebagai tempat reses ketiganya. Beberapa catatan penting dari aspirasi warga yang berhasil diserap saat turun bersama rekan sejawatnya Deasy Roring.
 
 
Mewakili warga, Kepala Lingkungan I Kelurahan Karombasan Utara, Listihani Lamani meminta adanya perbaikan infrastruktur seperti pembuatan talud di lokasi perumahan warga yang tanahnya berada di kemiringan. Juga perbaikan got dan saluran air untuk menghindari genangan air dan banjir saat musim penghujan.
 
 
“Kami ingin aspirasi warga kali ini dapat diperhatikan, karena sudah beberapa kali disuarakan tapi belum mendapat kejelasan untuk pekerjaannya,” pinta Listihani.
 
 
Srikandi partai berlambang Bintang Mercy ini pun berjanji akan memperjuangkan aspirasi konstituennya di rapat paripurna nanti. “Sudah masuk dalam catatan, saya coba perjuangkan agar dianggarkan dalam APBD nanti,” ungkap Lily Walandha.
 
 
Lily Walandha. (foto : anes)
 
 
Hengky Kawalo menemui warga nelayan di Pondol, Kelurahan Wenang Selatan, Kecamatan Wenang. Ada beberapa aspirasiyang berhasil diserap dari reses legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.
 
 
Salah satunya aspirasi yang disampaikan Richard Pontororing. Richard yang berprofesi nelayan meminta adanya perluasan tambatan perahu nelayan, serta meninggikannya.
 
 
“Jika musim gelombang besar, perahu kami sering hancur diterpa sehingga kami tidak bisa menangkap ikan lagi. Ini jelas sangat merugikan kami keluarga nelayan,” ungkapnya.
 
 
Aspirasi lainnya yang disampaikan warga adalah perbaikan selokan yang selalu tersumbat sehingga menyebabkan banjir di musim penghujan dan juga beasiswa bagi anak-anak nelayan yang kurang mampu.
 
 
Hengky Kawalo. (foto : lucy)
 
 
Pinkan Theresia Nuah juga menggelar reses, Rabu (5/12/2018). Pinkan memilih Kelurahan Bumi Nyiur, Lingkungan II, Kecamatan Wanea, tepatnya kompleks SMKN 6 Manado sebagai lokasi reses ketiganya. Reses Srikandi PDIP itu dibanjiri ratusan warga yang berdatangan dari dapilnya, Wenang-Wanea.
 
 
Aspirasi yang berhasil diserapnya adalah perbaikan jalan di belakang SMKN 6 Manado. Jalan itu oleh warga, adalah jalan vital yang menghubungkan Kelurahan Bumi Nyiur dan Karombasan. Ada beberapa sarana penting di jalan tersebut seperti sekolah dan pasar.
 
 
“Padahal jalan itu sering dilintasi Walikota. Memang dulu pernah dilakukan pengukuran dan ditempatkan material untuk perbaikan jalan. Tapi sayangnya, pemgerjaannya tidak jadi dilaksanakan,” tukas Frangky, warga setempat.
 
 
Tidak adanya lampu jalan juga disampaikan warga pada reses itu. Warga mengeluhkan mereka seperti tinggal di dalam hutan. “Sudah gelap, kondisinya jadi menakutkan. Kami sudah menyampaikan ke pemerintah setempat tapi belum ditanggapi sampai sekarang,” ucap salah satu warga Lingkungan III.
 
 
Menanggapi keluhan konstituennya, Wakil Ketua Komisi II ini sangat menyayangkannya. Dia berjanji akan meneruskan aspirasi warga kepada pemerintah. “Sebagai wakil rakyat, akan saya perjuangkan agar bisa masuk dalam pembahasan dan diperhatikan pemerintah untuk ditindaklanjuti,” pungkas wanitayang getol memperjuangkan hak rakyat.
 
 
 
Reses Pinkan Theresia Nuah. (foto : ist)
 
 
Kelurahan Malalayang Satu, Kecamatan Malalayang kedatangan Ketua Komisi IV DPRD Manado, Apriano Saerang, Rabu (5/12/2018). Ade, panggilan legislator Partai Gerindra ini, ikut mendatangkan beberapa instansi Pemerintah Kota Manado, yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PUPR serta Lurah Malalayang Satu.
 
 
“Saya harus menghadirkan mereka agar aspirasi masyarakat bisa ditindaklanjuti pemerintah,” ujar Ade Saerang mengawali reses ketiganya.
 
 
Adapun keluhan masyarakat yang disampaikan pada reses ketiga ini adalah retribusi sampah yang memberatkan warga hingga pelayanan BPJS dan banyaknya anak putus sekolah. Ade Saerang mengatakan semua aspirasi masyarakat telah didengar langsung perwakilan pemerintah, dan akan diperjuangkannya melalui lembaganya DPRD.
 
 
“Semuanya akan disampaikan pada rapat paripurna. Untuk permasalahan BPJS, saya sudah pernah mengusulkan untuk dianggarkan pada APBD Induk 2019. Masyarakat Kota Manado harus layak mendapatkan BPJS,” kata jebolan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi ini. (***)
 
 
Reses Apriano Ade Saerang. (foto : ewa)
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
21 Apr 2019 / dibaca 204 kali
PEMUNGUTAN suara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden serentak pada 17 April 2019 telah selesai diselenggarakan. Indonesia menandai babak...
Politik
18 Apr 2019 / dibaca 687 kali
MANADO (BK): Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang juga calon anggota DPR RI, Jerry Sambuaga menemui Gubernur Sulawesi Utara, Olly...
Politik
17 Apr 2019 / dibaca 215 kali
MANADO (BK): 109 warga yang bermukim di Desa Tikela Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa, memilih golput di Pemilu 17 April 2019. Alasannya,...
Politik
17 Apr 2019 / dibaca 158 kali
MANADO (BK): Puluhan warga Kelurahan Singkil Satu Kecamatan Singkil Kota Manado, terpaksa mengurungkan niatnya untuk menyalurkan hak pilihnya...
Politik
17 Apr 2019 / dibaca 165 kali
MANADO (BK) : Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut), M Roskanedi memberi dukungan penuh kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU)...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.