Politik

Bamsoet tetap Maju Calon Ketum Golkar di Munas

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 04 November 2019 14:32   134 kali
Airlangga dan Bamsoet

JAKARTA (BK): Loyalis Bambang Soesatyo (Bamsoet), Darul Siska, menegaskan Wakorbid Pratama Partai Golkar itu akan siap maju mencalonkan diri sebagai Ketua Umum (Ketum) Golkar. Ego pribadi maupun kesepakatan disebut Darul tidak akan menghalangi niat Bamsoet untuk memimpin partai.

 

"Beliau (Bamsoet) itu milik Golkar, ditugaskan sebagai Ketua MPR oleh Golkar. Kalau Golkar kemudian memintai beliau bertanggung jawab membesarkan partai, maka beliau tidak bisa menolak," kata Darul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019).

 

Pada kesempatan terpisah, Bamsoet membantah ada 'deal-deal' tertentu di balik jabatan yang kini diembannya dan pencalonannya sebagai Ketua Umum Golkar 2019-2024. Ia mengatakan jabatannya sebagai Ketua MPR merupakan tugas yang diberikan partai.

 

"Tidak ada deal-deal. MPR itu penugasan partai. Dan tugas itu saya jalankan bersama seluruh kader dan elemen Partai Golkar yang ada di Fraksi Partai Golkar DPR untuk mendapatkan kursi ketua MPR melalui berbagai lobi dan pendekatan politik kepada seluruh partai politik dan DPD RI," kata Bamsoet saat dihubungi, Minggu (13/10/2019).
 


Ia menjelaskan kursi Ketua MPR berhasil didapatkannya atas kerja sama bersama Fraksi Golkar di DPR. Dia menyebut Fraksi Golkar berhasil melobi-lobi fraksi lain serta kelompok DPD agar kursi MPR-1 diberikan untuk partai berlambang pohon beringin itu.

 

"Pada akhirnya semua sepakat jika Golkar punya calon yang tepat, semua mendukung. Mulai dari PDIP, Nasdem, PPP, PKB, dan bahkan partai non koalisi seperti PKS dan Demokrat ikut mendukung, kecuali pada detik terakhir sebelum aklamasi menerima musyawarah mufakat, Gerindra tetap bertahan maju," tuturnya.
 


"Alhamdulillah Ibu Megawati (Ketua Umum PDIP) dan Pak Prabowo (Ketua Umum Gerindra) telah menunjukan sikap kenegarawanannya bersama-sama para ketua umum partai politik yang ada plus DPD RI sepakat untuk musyawarah mufakat dan menghindari voting yang bukan budaya Indonesia," imbuh dia.

 

Sementara itu, terkait pencalonannya sebagai Ketua Umum Golkar, Bamsoet tak menjelaskan secara gamblang. Diketahui, Bamsoet sempat mendeklarasikan diri sebagai caketum Golkar 2019-2024. Ia menantang Airlangga Hartarto yang kembali maju untuk menduduki kursi Ketum Golkar.
 

Dia mengatakan saat ini dirinya dan Airlangga mengutamakan kepentingan bangsa. Menurut Bamsoet, banyak persoalan bangsa yang harus diperhatikan. Bamsoet mencontohkan karhutla di sejumlah wilayah Kalimantan dan Sumatera serta konflik di Papua.

 

"Soal Munas dan pertanyaan apakah saya maju atau tidak biarlah itu menjadi rahasia saya berdua dengan Airlangga. Yang pasti tugas saya dan Airlangga yang saat ini Ketua Umum Partai Golkar adalah mengenyampingkan kontestasi mengutamakan konsolidasi untuk kepentingan bangsa yang lebih besar di tengah-tengah tensi politik nasional yang sempat memanas dengan berbagai peristiwa unjuk rasa dan tindakan anarkis di Papua, bencana asap di hutan kita yang memerlukan penanganan yang serius," kata dia.

 

"Terakhir ditambah lagi adanya aksi penikaman terhadap Menkopolhukan Wiranto yang dilakukan oleh Abu Rara yang diduga terafiliasi dengan kelompok Islam radikal Jamaah Asharut Daulah (JAD)," imbuh Bamsoet.


(dtc/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Politik
Politik
27 Jun 2019 / dibaca 6315 kali
MANADO (BK) : Sidang putusan Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), hanya dalam hitungan jam saja. Namun Partai Gerindra Sulawesi...
Politik
18 Jun 2019 / dibaca 560 kali
JAKARTA (BK): Bawaslu RI menyatakan KPU Kota Manado terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran tata cara, prosedur, atau...
Politik
13 Jun 2019 / dibaca 3543 kali
JAKARTA (BK): Sidang yang dipimpin Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan didampingi Ratna Dewi Pettiolo, Moh Afifudin, Frits Edward...
Politik
21 May 2019 / dibaca 295 kali
JAKARTA (BK): Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Joko Widodo (Jokowi) –...
Politik
14 May 2019 / dibaca 320 kali
MANADO (BK) : KPU RI telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara Pilpres 2019 untuk Provinsi Sulawesi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.