Politik

Bawaslu Sulut Launching Pojok Pengawasan Partisipatif, Masyarakat Diajak Aktif

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 28 October 2017 12:46   683 kali
Pemukulan Tetengkoreng oleh Pimpinan Bawaslu RI dan Bawaslu Sulut saat melaunching pojok pengawasan partisipatiif
MANADO (BK): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara, Jumat 27 Oktober 2017 melaunching Pojok Pengawasan Partisipatif, yang merupakan pusat data untuk masyarakat umum untuk mendapatkan informasi maupun memberikan pelaporan hasil pengawasan mereka.
 
Bertempat di pintu masuk kantor Bawaslu Sulut, Pojok Pengawasan Partisipatif milik Bawaslu Sulut, diresmikan bersama dengan Pimpinan Bawaslu RI yang juga koordinator wilayah Sulawesi, Ratna Dewi Petalolo.
 
Pimpinan Bawaslu Sulut, Kenly Poluan menyebutkan jika pojok pengawasan partisipatif merupakan sarana paling cepat untuk masyarakat terlibat langsung dalam pengawasan Pemilihan Umum di Sulawesi Utara.
 
"Bawaslu Sulut menyiapkan bahan bacaan cetak maupun elektronik terkait pengawasan kepemiluan untuk masyarakat. Disini juga,  masyarakat bisa menyampaikan hasil pengawasan independennya untuk bisa ditindaklanjuti," tutur Poluan.
 
Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, mengajak kepada seluruh masyarakat memanfaatkan pojok pengawasan partisipatif, baik sebagai sarana pengetahuan maupun sarana untuk membantu Bawaslu dalam hal pengawasan di lapangan.
 
"Kita harus menyadari, personil Bawaslu hingga ke tingkatan paling bawah yakni Pengawas Pemilu Lapangan itu terbatas. Makanya, keterlibatan langsung dari masyarakat akan sangat diperlukan dalam membantu proses pemilu berlangsung demokratis," kata Malonda.
 
Sementara itu, Pimpinan Bawaslu RI Ratna Dewi Petalolo menyebutkan jika pojok pengawasan partisipatif, merupakan produk yang telah dirancang sejak Bawaslu periode sebelumnya yang kemudian dilanjutkan oleh Bawaslu RI saat ini.
 
Menurutnya, program ini begitu baik karena selain peserta pemilu yang diawasi, sangat diharapkan juga masyarakat memiliki pengetahuan untuk mengawasi para penyelenggara pemilu yang tidak sesuai dengan aturan yang ada.
 
"Saat ini Bawaslu merubah tagline menjadi Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Disini jelas kita perlu masyarakat terlibat langsung untuk menciptakan Pemilu yang benar-benar baik," kata Petalolo.
 
Kegiatan launching ini juga dirangkaikan dengan penyerahan buku pemilu oleh Bawaslu RI kepada Bawaslu Sulut, perwakilan tokoh masyarakat dan para pengawas pemilu se Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
26 Sep 2018 / dibaca 223 kali
MANADO (BK) : Pemilu adalah cara untuk menyeleksi kepemimpinan negara ini. Demikian dikatakan Syarifudin Saafa, Ketua DPW Partai Keadilan...
Politik
23 Sep 2018 / dibaca 277 kali
MANADO (BK) : Karnaval 16 partai politik (Parpol) peserta Pemilu menandai Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 di Kawasan Pohon Kasih Megamas...
Politik
18 Sep 2018 / dibaca 264 kali
KOTA KOTAMOBAGU (BK): Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Jerry Sambuaga diundang sebagai pembicara pada acara bertajuk Orientasi...
Politik
17 Sep 2018 / dibaca 313 kali
MANADO (BK) : Undang-undang No 10. Tahun 2016 dan Undang-undang Pemilu No. 07 Tahun 2017, mengatur tentang penggunaan KTP-Elektronik (E-KTP)...
Politik
17 Sep 2018 / dibaca 288 kali
MANADO (BK) : Sengketa Pilkada Bolmut berakhir. Mahkamah Konstitusional (MK) akhirnya menolak gugatan yang dilayangkan pasangan Hamdan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.