Politik

Benny Ramdhani : Hanura versi OSO - Herry Lontung, Sah

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 07 July 2018 04:39   316 kali
MANADO (BK) : Surat Keputusan (SK) oleh Kemenkumham RI bernomor M.HH.AH.11.01/56, menetapkan Oesman Sapta Odang (OSO) dan Sarifuddin Sudding sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal pada Kepengurusan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).
 
 
SK itu kemudian membuat kekisruhan di tubuh Partai Hanura dengan dualisme kepemimpinan. Kisruh yang berujung dianggap tidak sahnya kepengurusan DPD Hanura Sulut di bawah kepemimpinan Jackson Kumaat dan Baso Affandi, kemudian ditanggapi Ketua Bidang Organisasi DPP Partai Hanura, Benny Ramdhani.
 
 
Benny menyebut SK tertanggal 29 Juni 2018 itu tidak bisa menggantikan SK yang sebelumnya telah dikeluarkan Kemenkumham, yang menyatakan kepengurusan OSO dan Herry Lontung Siregar sebagai Ketum dan Sekjen Partai Hanura. SK itu dianggap hanyalah surat himbauan.
 
 
“SK Kepengurusan Hanura di bawah kepengurusan OSO dan Herry Lontung itu dikeluarkan dalam bentuk keputusan, tidak bisa keputusan kemudian diralat melalui surat yang bersifat ke dalam,” ujar Ramdhani, Kamis (7/7/2018).
 
 
Ramdhani mengatakan, meskipun ada surat berikutnya yang dikeluarkan KPU RI tanggal 2 Juli, SK Kemenkumham sebelumnyalah yang dinyatakan sah dan bersifat Final and Bending (mengikat), sehingga tahapan verifikasi oleh KPU, yang diterima adalah partai dibawah kepemimpinan OSO dan Herry Lontung.
 
 
Begitu juga di Sulut, lanjutnya, verifikasi faktual tidak dilakukan oleh pengurus DPD Hanura kepemimpinan Revani Parasan dan Selvi Pondaag, melainkan verifikasi dilakukan di bawah kepemimpinan Jacko dan Baso.
 
 
“Karena itulah kami dinyatakan lolos menjadi peserta Pemilu 2019 dengan nomor urut Partai nomor 13,” tegas Ramdhani.
 
 
Ramdhani juga menegaskan kalau surat KPU itu adalah surat biasa yang tidak bersifat imperatif yang tidak bersifat memaksa dan bahkan tidak memiliki alat paksa untuk melakukan perubahan apapun. Dia menyebut Kemenkumham hanya mengeluarkan surat yang bersifat himbauan agar rujuk kembali.
 
 
“Surat Kemenkumham hanya meminta atau menghimbau untuk rujuk kembali agar Hanura kembali ke pemimpinan OSO dan Syarifudin Suding,” tandas Ramdhani.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
23 Mar 2018 / dibaca 211 kali
TATELI (BK): Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh meminta pasangan calon kepala daerah yang diusung partainya, harus berkompetisi secara fair...
Politik
22 Mar 2018 / dibaca 237 kali
JAKARTA (BK) : Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menyatakan diri merapat ke Partai NasDem. Tokoh Golkar yang pernah...
Politik
14 Mar 2018 / dibaca 253 kali
MANADO (BK) : Ketua DPW PSI Sulawesi Utara Melky Pangemanan memutuskan untuk maju sebagai Calon anggota legislatif (Caleg). Keputusan tersebut...
Politik
26 Feb 2018 / dibaca 327 kali
MANADO (BK): Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus memiliki standarisasi Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini terungkap pada...
Politik
14 Feb 2018 / dibaca 198 kali
MANADO (BK) : Ketua KPU Sulut, Yessy Momongan mendukung Deklarasi Bawaslu Sulut yang menolak dan melawan politik uang dan politisasi SARA...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.