Politik

Beredar Foto Oknum ASN Tunjuk Angka 5, Terlibat Politik Praktis?

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 25 February 2019 14:03   2202 kali
Walikota Manado, GS Vicky Lumentut berfoto bersama pada kunjungan kerja ke Kecamatan Bunaken Kepulauan. (foto : istimewa)

MANADO (BK): Beredar foto Walikota Manado, GS Vicky Lumentut yang berfoto dengan menunjuk angka “5”. Beberapa orang lainnya di dalam foto juga ikut menunjukkan angka yang sama.

 

Namun foto tersebut membuat merebaknya aroma adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat politik praktis jelang Pemilu, 17 April 2019. Karena salah satu yang berada di dalam foto itu diduga seorang oknum pejabat ASN.

 

Ada dua foto yang beredar, yaitu foto mengacungkan lima jari yang didekatkan ke dada. Sedangkan satu foto lainnya tetap mengacungkan lima jari yang diarahkan kedepan.

 

Hasil penelusuran beritakawanua.com, kedua foto tersebut diambil saat Kunjungan Kerja (Kunker) Walikota Manado dalam pemantauan home stay dan kerusakan tanggul di Kecamatan Bunaken Kepulauan, Jumat 22 Februari 2019. Camat Robert Dauhan ikut mendampingi mantan Ketua DPD Partai Demokrat Sulut ini.

 

Sekadar diketahui, beberapa bulan silam, Walikota Manado memilih hengkang dari Partai Demokrat dan berlabuh ke partai bernomor urut 5, Partai Nasdem. Sedangkan dalam foto tersebut, adalah kader dan calon legislatif (caleg) dari partai yang sama.

 

Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN menyatakan, pegawai negeri memiliki kewajiban menjaga netralitas, serta bersih dari keberpihakan terhadap kelompok politik tertentu.

 

Ketentuan netralitas ASN dalam Pemilu juga tercantum dalam Pasal (9) ayat 2 UU No 5 Tahun 2014. Isinya, menegaskan ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, saat dikonfirmasi mengenai foto tersebut mengatakan akan melakukan klarifikasi kepada oknum PNS tersebut. Namun untuk efektif dan cepatnya klarifikasi, akan diteruskan ke Bawaslu Kota Manado.

 

“Kalau PNS, pasti akan diklarifikasi oleh Bawaslu terkait maksud dari tindakan yang bersangkutan,” imbuhnya.

 

Jika nantinya, lanjut Herwyn, dalam hasil pemeriksaan ASN tersebut terbukti tidak netral, perkaranya akan diteruskan ke Komisi ASN untuk tindaklanjutnya.

 

“Iya, pasti itu, ada langkah Bawaslu untuk menginvestigasi kasus ini,” tandas Herwyn.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Politik
Politik
17 Apr 2019 / dibaca 138 kali
MANADO (BK) : Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut), M Roskanedi memberi dukungan penuh kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU)...
Politik
17 Apr 2019 / dibaca 157 kali
MANADO (BK) : KPU Sulut menyiapkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rumah Sakit (RS) Ratumbuysang Manado untuk melayani hak pilih...
Politik
16 Apr 2019 / dibaca 133 kali
MANADO (BK) : H-1, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menyatakan telah siap menyelenggarakan  Pemilihan Umum...
Politik
15 Apr 2019 / dibaca 1457 kali
MANADO (BK): Anggota Pengarah TKD Pemenangan Jokowi-Amin Sulawesi Utara yg juga Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar Theo L. Sambuaga...
Politik
15 Apr 2019 / dibaca 117 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 891 personil gabungan, siap mengamankan jalannya Pemilu 2019 di Kota Manado. 529 diantaranya personil khusus yang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.