Politik

DKPP Berhentikan Ketua Bawaslu Bolsel

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 05 March 2020 01:32   170 kali
JAKARTA (BK) : Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan dengan tetap Ketua Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kiswan Paputungan pada sidang perkara pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP).
 
 
Kiswan diadukan oleh Eus Daud dalam perkara nomor 327-PKE-DKPP/XII/2019. Dalam aduan itu, ia melakukan pengancaman melalui media sosial kepada salah satu Anggota Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berinisial MM.
 
 
“Menjatuhkan sanksi Pemberhentian Tetap kepada Teradu Kiswan Paputungan selaku Ketua KPU Kabupaten Bolsel sejak putusan ini dibacakan,” kata Ketua majelis, Prof. Muhammad di ruang sidang DKPP, Gedung Treasury Learning Center (TLC) Jakarta, Rabu (4/3/2020) siang.
 
 
Selain Kiswan, pemberhentian tetap juga diberikan kepada Ketua KPU Kabupaten Mamberamo Tengah, Engel Pagawak yang menjadi Teradu I dalam perkara bernomor 307-PKE-DKPP/IX/2019. Kemudian Ketua KPU Kabupaten Mamberamo Raya, Yesaya Dude, Teradu perkara 308-PKE-DKPP/IX/2019.
 
 
Juga kepada Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur, yang menjadi Teradu dalam perkara nomor 11-PKE-DKPP/II/2020. DKPP menilai keempatnya terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) kategori berat.
 
 
Dalam sidang ini, DKPP juga memberikan sanksi berupa Pemberhentian dari Jabatan Ketua kepada Mochamad Dimyati, yang menjadi Teradu I dalam perkara 05-PKE-DKPP/I/2020. Ia sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bawaslu Kota Jakarta Utara.
 
 
Dimyati juga mendapat sanksi lain dari DKPP berupa Peringatan Keras. “Menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan Ketua kepada Teradu I Mochamad Dimyati selaku Ketua Bawaslu Kota Jakarta Utara sejak putusan ini dibacakan,” ucap Muhammad.
 
 
Tak hanya itu, DKPP juga menjatuhkan sanksi berupa Pemberhentian dari Jabatan kepada tiga penyelenggara pemilu dalam sidang ini, yaitu Koordinator Sekretariat Bawaslu Kab. Wakatobi, La Ode Yusuf (Teradu II perkara 321-PKE-DKPP/XI/2019), Bendahara Pengeluaran Pembantu Bawaslu Kab. Wakatobi, Mursidin (Teradu III perkara 321-PKE-DKPP/XI/2019) dan Anggota Bawaslu Kota Jakarta Utara Beni Sabdo N (Teradu III perkara 05-PKE-DKPP/I/2020).
 
 
Beni yang menjabat sebagai Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kota Jakarta Utara, juga mendapat sanksi Peringatan Keras Terakhir dari DKPP.
 
 
Sanksi yang dikeluarkan DKPP dalam sidang ini mencapai 25 sanksi, yang terdiri dari Pemberhentian Tetap (4), Pemberhentian dari Jabatan Ketua (1), Pemberhentian dari Jabatan (3), Peringatan Keras (11) dan Peringatan (6). Sedangkan 11 penyelenggara pemilu dipulihkan nama baiknya (Rehabilitasi) karena tidak terbukti melanggar KEPP.
 
 
Jumlah Teradu dalam 10 perkara yang dibacakan putusannya dalam sidang ini adalah 36 orang, yang terdiri 29 orang dari jajaran KPU dan 7 orang dari jajaran Bawaslu.
 
 
Sidang dipimpin Plt. Ketua DKPP, Prof Muhammad selaku Ketua Majelis bersama dua Anggota DKPP yang bertindak sebagai Anggota majelis, yaitu Dr. Ida Budhiati dan Prof. Teguh Prasetyo.
 
 
(humas DKPP/acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Politik
Politik
06 Dec 2019 / dibaca 231 kali
Ketua DPRD Manado, Aaltje Dondokambey saat menjawab pertanyaan konstituennya pada reses pertamanya yang dilaksanakan di Kelurahan Tikala Baru...
Politik
02 Dec 2019 / dibaca 837 kali
MANADO (BK) : Politisi Partai Gerindra, Ade Apriano Saerang menyatakan mundur dari partainya. Pengunduran diri menyusul perombakan di tubuh...
Politik
01 Dec 2019 / dibaca 212 kali
MANADO (BK) : Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh anggota DPR/MPR RI dari Partai Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, mendapat antusias dari...
Politik
29 Nov 2019 / dibaca 260 kali
Christiany Eugene Paruntu (CEP) menyerahkan berkas bakal calon Gubernur Sulut kepada Bendahara I DPD Partai Golkar Sulut, James Arthur...
Politik
28 Nov 2019 / dibaca 242 kali
JAKARTA (BK): Politikus Partai Golkar Jerry Sambuaga ingin Munas Golkar dengan agenda pemilihan ketua umum berjalan lancar. Dia ingin ajang ini...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.